Cara Memahami Kebutuhan Pelanggan

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Semua perusahaan didirikan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan mereka. Namun, pastinya setiap pelanggan memiliki persyaratan yang berbeda dan dalam memenuhi kebutuhan ini mungkin tidaklah mudah. Anda sebagai pengusaha harus mengetahui bagaimana mengetahui kebutuhan pelanggan Anda agar dapat memenuhi kebutuhan mereka secara optimal. Prioritas utama pada suatu perusahaan ialah kepuasan pelanggan. Makanya, tiap-tiap perusahaan harus berpedoman kepada semua kebutuhan pelanggan. kelangsungan hidup perusahaan Anda itu sangat bergantung kepada para pelanggan Anda. Anda perlu mengetahui dan memahami kebutuhan mereka. Apa alasannya? Alasannya, karena merekalah yang menggunakan produk Anda dan mereka juga bisa menilai kualitas produk Anda. Lalu, apa sih kebutuhan pelanggan itu? Yuk, simak!

Pengertian Kebutuhan Pelanggan

Kebutuhan pelanggan merupakan keperluan yang mungkin disebutkan atau tidak oleh pelanggan. untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan, langkah pertama yang harus mengumpulkan umpan balik dari pelanggan pada setiap tahapan proses. Kebutuhan pelanggan bisa diidentifikasi dengan berbagai macam cara, misalnya membuat grup fokus, mendengarkan pelanggan pada media sosial, atau bisa juga melakukan riset kata kunci.

Alasan Pentingnya Memahami Kebutuhan Pelanggan

Setiap perusahaan terutama perusahaan Anda akan mengambil langkah-langkah dalam memastikan bahwa kebutuhan pelanggan akan terpenuhi secara cepat dan sesering mungkin. Menurut sebuah penelitian, 76% perusahaan bisa memahami kebutuhan yang diharapkan oleh para pelanggan. makanya, sangat penting sekali bagi perusahaan untuk memahami kebutuhan pelanggan mereka dan segera mengambil langkah yang tepat untuk memenuhinya.

Anda perlu mengoordinasi upaya pemasaran dengan beberapa tim lain dalam organisasi untuk memastikan bahwa kebutuhan pelanggan terpenuhi, termasuk tim penjualan, tim dukungan pelanggan, dan tim produk. Dalam mengidentifikasi kebutuhan pelanggan menurut kebanyakan orang itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Hal ini sebenarnya merupakan salah satu pekerjaan yang memiliki kesulitan yang ekstra karena kita tidak akan pernah mengetahui apa yang telah dipikirkan oleh pelanggan kita. Tetapi, Anda jangan khawatir, terdapat beberapa cara dalam memberikan informasi yang mereka butuhkan. Cara-cara tersebut bisa Anda simak sebagai berikut.

Cara Memahami Kebutuhan Pelanggan

Memahami kebutuhan pelanggan itu sebenarnya tidaklah sulit. Yang terpenting ialah Anda harus melakukannya dengan benar dan sebanyak mungkin. Untuk memahami kebutuhan pelanggan, terdapat beberapa cara yang bisa Anda terapkan secara efektif, antara lain,

Konsisten

Pernahkah Anda berbicara dengan seorang penjual yang yakin bahwa produk tersebut dapat melakukan satu hal, tetapi malah sebaliknya? Atau menawarkan harga yang berbeda di situs web Anda dari store aslinya? Hal yang sama berlaku jika Anda menginformasikan Informasi yang terputus-putus dan membingungkan pelanggan dan membuat bisnis Anda terasa tidak terstruktur. Konsistensi adalah kunci untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Memastikan komunikasi internal yang konsisten adalah langkah yang sangat penting dalam memastikan organisasi Anda berpusat pada pelanggan. Jika Anda ingin mengomunikasikan nilai, produk, dan layanan Anda secara efektif, Anda harus terlebih dahulu memastikan bahwa setiap tim memahami tujuan dan nilai perusahaan Anda. Pertimbangkan untuk menggunakan alat komunikasi internal untuk memandu aktivitas Anda sehari-hari dengan lebih baik. Hal ini memungkinkan semua orang dari tim penjualan jarak jauh hingga tim pengembangan untuk memahami prioritas bisnis.

Tanyakan Sesuatu

Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan jika Anda ingin memahami kebutuhan pelanggan Anda. Dapatkan umpan balik pelanggan yang jujur ​​sehingga Anda dapat terus meningkatkan bisnis Anda. Jangan menunggu keluhan, bertindak proaktif. Tunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda peduli dengan kebutuhan mereka dengan mengirimkan survei dan wawancara pelanggan, mengumpulkan pendapat tentang perusahaan dan bisnis Anda di media sosial, dan membuat email layanan pelanggan khusus untuk keluhan yang Anda terima.

Buka Komunikasi

Memenuhi dan melampaui kebutuhan pelanggan membutuhkan transparansi dan komunikasi yang terbuka. Ketika pelanggan Anda berlangganan produk Anda, mereka mengharapkan Anda untuk membantu mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Jika Anda tidak mempersiapkan pelanggan Anda dengan baik, harapan itu bisa cepat hilang. Penting untuk berkomunikasi secara terbuka dengan pelanggan Anda.

Prioritaskan Kebutuhan Anda

Pelanggan harus diprioritaskan untuk memenuhi dan melampaui kebutuhannya. Kebutuhan pelanggan harus diprioritaskan berdasarkan berbagai faktor, mulai dari biaya hingga nilai pelanggan.

Pantau Tingkat Aktivitas

Pertama, dijelaskan bahwa mereka harus proaktif daripada menunggu pelanggan mengeluh kepada perusahaan/toko. Alih-alih menunggu, lacak siapa yang mengoperasikan layanan dan tanyakan apa yang Anda butuhkan. Ini adalah cara yang bagus untuk memastikan Anda memahami bagaimana pelanggan Anda berinteraksi dengan layanan Anda, dan membantu Anda membuat sumber daya untuk membantu mereka memecahkan masalah mereka.

Putuskan Dengan Baik.

Jika pelanggan belum mendaftar lagi, sebaiknya hubungi mereka dan tanyakan alasannya. Tidak salah untuk meminta umpan balik jika Anda memberikan layanan yang tepat kepada pelanggan Anda dan jika mereka menyukai solusi yang Anda tawarkan.

Dapatkan wawasan baru untuk menemukan solusi yang salah untuk meningkatkan produk/layanan Anda.