Tahukah jika masyarakat Indonesia membutuhkan waktu hampir 8 jam 56 menit untuk mengakses internet dalam sehari? Hal ini tentu akan berdampak pada pengaruh dan keputusan pembelian dari masyarakat. Oleh karenanya, banyak kampanye digital marketing yang menggunakan jasa Key Opinion Leader (KOL) untuk mendukung perkembangan bisnis. Artikel ini akan membahas tentang apa itu KOL dan mengapa KOL bisa sangat berguna bagi usaha Anda serta perbedaan KOL dengan influencer.
Apa itu KOL?
Key Opinion Leader adalah seseorang yang dapat menggiring opini seseorang untuk melakukan pembelian atau transaksi. Seorang KOL memiliki keahlian spesifik yang membuat opini mereka valid. Sebab, opini yang dilakukan oleh seorang KOL berdasarkan fakta dan bukti yang kuat dari spesialisasi masing – masing.
Menurut hasil survei dari Nielsen, 92 % masyarakat lebih mempercayai rekomendasi yang diberikan dari keluarga atau kerabat dibandingkan dengan iklan. Hal ini pula yang memperkuat keberadaan KOL sebagai bagian dari pemasaran media sosial.
Pemimpin Opini Utama vs Influencer
Anda pasti tak asing dengan istilah influencer. Memang, perbandingan antara KOL dan influencer tipis – tipis. Namun, pada dasarnya pengertian yang baik dari KOL dan influencer memiliki yang berbeda. Apa saja perbedaannya?
Kredibilitas
KOL memiliki pekerjaan yang ditekuni secara profesional dikehidupannya, inilah yang menjadikan opini dari KOL dipercaya oleh para audiens. Hal tersebut membuat seseorang dijadikan seorang KOL yang ditentukan dari suatu pekerjaan disuatu tempat. Berbeda dengan influencer, ditentukan oleh pengikut yang menyukai si influencer di media online.
Ruang Lingkup Pekerjaan
Seorang KOL biasanya berprofesi sebagai seorang profesional di bidang tertentu, di mana profesionalnya memang digeluti sebagai pekerjaan sehari – hari. Sedangkan influencer memang membangun citra diri dari internet sebagai orang terkenal, namun belum tentu menggeluti diinternet pun lebih banyak dibandingkan dengan KOL.
Aktivitas di Media Sosial
Selain ruang lingkup pekerjaan, aktivitas seorang KOL juga agak berbeda dengan influencer. Seorang influencer biasanya membahas berbagai macam konten ke media sosial dengan intensitas yang sangat sering, mengingat tujuan mereka memang membangun gambar yang ditentukan. Seorang KOL sebenarnya juga sering mengunggah konten di media sosial, hanya saja tidak sebanyak influencer pada umumnya.
Mengapa Key Opinion Leader Dibutuhkan?
Sudah banyak merek menggunakan jasa KOL dengan berbagai alasan. Inilah beberapa alasan mengapa merek anda membutuhkan KOL:
Peningkatan Kredibilitas Merek
KOL yang andal melakukan review atau mereview suatu produk berdasarkan kemampuan dan pengalaman selama dijadikan profesional di bidangnya. Kemudian, hal ini akan meningkatkan kesadaran serta membentuk kesan yang baik dari para audiens. Sehingga mengakibatkan brand pun juga akan meningkat.
Menaikan Keterlibatan
Selain meningkatkan merek, menggunakan jasa KOL secara tidak langsung juga dapat meningkatkan keterlibatan akun media sosial merek. mengunggah konten dari KOL terkait merek anda memiliki potensi lebih besar untuk dilihat oleh banyak orang, kemudian mereka akan memutuskan untuk mengikuti akun media sosial anda untuk mendapatkan informasi terkini dari merek tersebut.
Bahkan, kehadiran KOL juga dapat meningkatkan interaksi antara brand dengan audiens. Karena audiens lebih mudah menemukan dan akhirnya mengomentari atau membagikan unggahan dari merek.
Mendongkrak Penjualan
Jika tercapai dan engagement suatu brand sudah meningkat, maka pada akhirnya penjualan. Percayakan pengelolaan kampanye pemasaran kepada Meson Digital Agency yang akan membantu anda untuk menentukan KOL mana yang paling tepat untuk perkembangan bisnis anda.
Demikian penjelasan singkat mengenai apa itu KOL. Semoga ulasan di atas dapat membantu anda!