Di era perubahan sekarang ini, menjadi seorang digital marketer merupakan impian banyak kalangan milenial. Tentunya sebelum Anda menjadi digital marketer yang handal, selain hard skill yang mumpuni, Anda juga harus memiliki soft skill yang akan menunjang kiprah Anda selanjutnya di dunia digital marketing. Soft skill Apa saja yang Anda Butuhkan untuk Menjadi digital marketer yang handal dan terpercaya? Baca artikel ini sampai selesai.
1. Soft skill menjadi digital marketer yang handal yaitu mempunyai keterampilan Komunikasi Visual
Soft skill yang pertama yaitu keterampilan komunikasi visual atau Visual Communication Skill pada media digital, teks, gambar, dan video digunakan untuk berkomunikasi dengan audiens target dengan benar. Kualitas komunikasi yang tidak terlalu salesy dan dapat menyampaikan pesan dengan baik sangat menentukan hasil dari proses digital marketing. Dalam hal ini, kontribusi seseorang terhadap kampanye membutuhkan rasa komunikasi visual yang dapat dicerna secara luas.
2. Soft skill menjadi digital marketer yang handal yaitu Pakar Media Sosial (Social Media Specialist)
Strategi marketing yang sering digunakan oleh para pengusaha adalah dengan menggunakan jejaring sosial seperti Facebook, Instagram atau platform sejenis. Pasalnya, peran media sosial dalam pemasaran produk cukup menjanjikan. Facebook, Instagram, dan platform serupa biasanya menawarkan layanan periklanan. Oleh karena itu, untuk menjangkau konsumen, bisnis harus memiliki pengetahuan tentang pengoptimalan media sosial dan memahami algoritme platform. Selain itu, perusahaan juga bisa bekerja sama dengan influencer yang memiliki banyak pengikut di Instagram atau YouTube.
3. Soft Skill ketiga, Memiliki Kemampuan Untuk Menganalisis dan Memproses Data
Oke, Soft skill berikutnya yang akan membantu Anda dalam hal ini adalah analisis yang baik. Analisis adalah salah satu soft skill yang sangat penting bagi Anda. Karena nantinya pekerjaan Anda akan sangat mempengaruhi analisa berbagai tugas. Contoh sederhana adalah analisis kelompok sasaran, kepribadian pelanggan untuk tahapan strategi pemasaran digital.
Selain itu, Anda harus bisa mengolah data dengan baik. Anda membutuhkan data sebagai bahan untuk mempersiapkan strategi ke depan. Oleh karena itu, setiap keputusan atau strategi yang akan diterapkan harus didasarkan pada informasi yang valid. Jika Anda sudah memiliki soft skill tersebut, Anda sudah selangkah lebih dekat untuk menjadi digital marketer yang handal.
4. Soft Skill keempat yaitu, Kecerdasan Emosi
Kecerdasan emosional tidak sepenting keterampilan lainnya. Mengontrol emosi memang tidak mudah. Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk menghadapi emosi. Jadi apa soft skill yang penting bagi seorang digital marketer? Misalnya saja pada keadaan mendesak ketika keadaan membutuhkan komunikasi dengan banyak orang. Lingkungan kerja dan lingkungan rumah berada pada level yang berbeda. Pekerjaannya lebih variatif karena melibatkan latar belakang yang berbeda-beda.
5. Soft Skill terakhir, Up-to-date Itu Penting!
Last but not least, kami percaya bahwa Anda harus up to date dengan perkembangan teknologi. Secara hukum, Anda harus selalu memperbarui informasi apa yang tersedia di internet. Tujuannya adalah untuk menyediakan konten yang kekinian, terkini dan yang terpenting mampu merencanakan rencana dan strategi yang tepat untuk masa depan.
Jika Anda sudah berhasil mengembangkan 5 soft skill digital marketer ini, kini saatnya meyakinkan HRD dengan sertifikat digital marketing. Karena Anda tidak terlalu mengandalkan deskripsi keterampilan dalam resume atau wawancara kerja, diperlukan tolok ukur untuk menguji keterampilan digital Anda berdasarkan penilaian digital Yscore. Yscore adalah penilaian online yang mengesahkan keterampilan pemasaran digital seseorang berdasarkan keahliannya, baik itu konten, media sosial, periklanan, dan lainnya. Dengan dukungan mitra terpercaya, Yscore telah memiliki kurikulum terbaru yang divalidasi oleh pelaku industri. Semoga bisa menginspirasi Anda.