Pengertian Facebook

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Siapa sih di sini yang belum mengenal Facebook? Pasti hampir seluruh dunia sudah mengenalnya. Pengertian Facebook tentu diperlukan untuk menjawab semua pertanyaan Anda yang selama ini mungkin masih bertanya-tanya tentang bagaimana berdirinya facebook. Facebook merupakan raja dari sosial media. Facebook merupakan perusahaan teknologi yang telah menjadi pionir dalam mengontrol kehidupan sosial dalam dunia maya. Facebook tidak hanya berfungsi sebagai social network, Facebook telah berubah menjadi media hiburan hingga ke bisnis. 

Facebook berkembang pesat dalam waktu ke waktu. Pada akhir tahun 2019 menunjukkan bahwa Facebook memiliki 2,4 milyar pengguna dengan rata-rata pengguna yang telah login dan menggunakan  Facebook hingga 1,62 juta perharinya. Sekitar 94% pengguna Facebook didominasi oleh pengguna mobile. Pengguna Facebook terbanyak adalah India dengan jumlah angka 260 juta, sedangkan di Indonesia sendiri sekitar 120 juta pengguna.

Pengertian Facebook

Facebook adalah layanan jejaring sosial media yang memungkinkan pengguna untuk saling terhubung hingga keseluruh dunia. Awalnya nama dari Facebook sendiri adalah Facemash, kemudian berubah menjadi TheFacebook.com. Pada tahun 2005, TheFacebook.com berubah menjadi Facebook saja dan menghilangkan kata “The”.

Sejarah Berdirinya Facebook

Dari pengertian facebook diatas tentu berhubungan langsung dengan sejarah di masa lalu. Facebook diciptakan untuk pertama kali oleh Mark Zuckerberg bersama dengan teman-temannya di Universita Harvard. Mereka adalah Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz, Andrew McCollum dan Chris Hughes. Facebook sendiri sebenarnya diciptakan hanya untuk mahasiswa Harvard kemudian diperluas hingga ke universitas lain seperti Boston, Universitas Stanford, dan juga Ivy League. Akhirnya situs yang telah dibangun oleh Mark serta teman-temannya banyak menarik perhatian mahasiswa hingga siswa sekolah menengah.

Manfaat Penggunaan Facebook

Tentunya Facebook memiliki berbagai manfaat karena begitu luasnya jangkauan serta besarnya pengguna Facebook yang ada. Berikut ini beberapa manfaatnya dari sisi personal, sosial, serta ekonomi.

1. Manfaat Facebook Secara Personal

Secara personal pengguna tentu mendapatkan banyak sekali manfaat. Contohnya saja seperti menemukan teman baru tanpa ada batasan wilayah maupun daerah. Sesama pengguna dapat melakukan komunikasi, berkomentar, hingga saling berbagi info ataupun pengetahuan dengan mudah dan cepat. Selain itu ada beberapa hal yang didapatkan ketika menggunakan Facebook, seperti :

  • Bisa mendapatkan relasi dan teman baru.
  • Sebagai media hiburan serta penghilang stress.
  • Untuk tempat curhat dan juga berbagi pengalaman.
  • Dapat saling mengirimkan pesan secara private melalui messenger.
  • Untuk mengisi waktu luang.
  • Dll.

2. Manfaat Facebook secara Sosial

Secara sosial dengan adanya Facebook sangatlah membantu untuk penggunanya, contohnya saja ada sebuah kasus seseorang yang menemukan keluarganya yang telah hilang melalui Facebook. Selain itu para pengguna juga dapat belajar serta bergabung dalam komunitas / grup dengan hobi yang sama. Berikut ini aspek-aspek sosial untuk para pengguna Facebook :

  • Dapat terhubung dengan siapapun.
  • Dapat mempertemukan keluarga dan saudara.
  • Membuka peluang untuk mendapatkan pasangan / jodoh.
  • Dapat bergabung dalam sebuah grup / komunitas.
  • Saling mempertemukan pengguna Facebook dengan hobi yang sama.
  • Dapat mengikuti halaman pada tokoh, aktor, artis, ataupun pengusaha.
  • Bisa untuk berbagi foto produk dan video.
  • Dll.

3. Manfaat Facebook secara Ekonomi

Facebook tidak hanya berfungsi sebagai media sosial saja, namun Facebook dapat dimanfaatkan sebagai media promosi dan menjual berbagai macam produk secara tepat dan tertarget. Berikut ini aspek-aspek bisnis dan ekonomi untuk para pengguna Facebook :

  • Berguna untuk menambah lapangan pekerjaan.
  • Sebagai alat untuk mencari lowongan pekerjaan.
  • Dapat digunakan untuk bisnis online.
  • Periklanan yang tertarget dengan Facebook Ads.
  • Sebagai media promosi e-commerce / Marketplace.
  • Sebagai media untuk konten kreator.
  • Dll.

Kelebihan serta Kekurangan Facebook

Dalam menggunakan Facebook, tentu Anda harus mengetahui sisi positif serta negatif yang tentunya penting untuk diperhatikan. Tanpa memiliki dasar pengetahuan yang baik, Facebook dapat menjadi tempat yang menakutkan dan justru mengurangi produktivitas pengguna. Berikut ini kelebihan serta kekurangan ketika Anda menggunakan Facebook :

Kelebihan Facebook

  • Memiliki fitur yang super lengkap.
  • Dapat terhubung dengan WhatsApp dan Instagram.
  • Menjadi media sharing yang mudah.
  • Menjadi tempat media periklanan Facebook Ads tertarget.
  • Tempat diskusi yang unggul.
  • Dll.

Kekurangan Facebook

  • Dapat mengurangi produktivitas seseorang.
  • Bersifat sangat adiktif.
  • Membuat pelajar lalai dalam tugas sekolah.
  • Membuat lalai dalam pekerjaan.
  • Membuat seseorang merasa tidak percaya diri.
  • Menjadi media penyebaran hoax yang terlalu mudah.
  • Facebook dapat memanfaatkan data pengguna.
  • Dll.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian Facebook. Jadi dapat disimpulkan jika facebook merupakan salah satu media sosial pada masa kini yang paling digemari oleh para anak-anak muda. Pada generasi millennial dan generasi z adalah yang paling banyak menggunakan Facebook. Dengan adanya Facebook sangatlah membantu masyarakat dalam menyelesaikan problem sosial dan bisnis yang sebelumnya belum pernah terpikirkan.