Facebook Ads (iklan Facebook) adalah media iklan yang telah disediakan oleh Facebook serta ditujukan kepada pengguna Facebook sebagai audiens. Berbagai jenis bisnis telah menggunakan aplikasi ini. Hal ini dikarenakan Facebook Ads menyediakan berbagai tujuan iklan sehingga dapat menarik para pebisnis, contohnya saja seperti meningkatkan brand awareness, dapat menjangkau lebih banyak konsumen, mampu meningkatkan trafik website, serta penjualan katalog produk, dan masih banyak lagi. Anda tinggal menyesuaikan dengan tujuan bisnis yang akan Anda capai. Iklan Facebook bisanya ditandai dengan tag “Sponsored/Bersponsor”.
Manfaat Facebook Ads
Berikut ini berbagai manfaat yang diberikan oleh Facebook Ads :
- Penargetan Audience yang Efektif
Pada Facebook Ads Anda bisa menargetkan audiens berdasarkan banyaknya aspek. Misalnya saja berdasarkan hobi, demografi, lokasi, ataupun perilaku yang dimiliki oleh para audiens. Tak hanya itu, Anda dapat memasukkan pixel tracking yang telah disediakan oleh Facebook ke dalam page website agar Anda bisa menganalisis seberapa efektifnya iklan yang telah Anda buat.
- Jangkauan Target Audience yang Lebih Luas
Dengan banyaknya pengguna Facebook yang terus meningkat setiap tahunnya, tentu hal ini memungkinkan Anda untuk dapat menjangkau target audiens yang lebih luas. Tidak hanya di dalam negeri, Anda juga dapat menjangkau audiens sampai ke luar negeri dengan Facebook Ads ini.
- Untuk Meningkatkan Brand Awareness
Saat menggunakan Facebook, tentu para pengguna Facebook akan sesering mungkin untuk memeriksa news feed atau halaman beranda mereka untuk setiap harinya. Hal ini tentunya akan menjadi kesempatan untuk Anda agar audiens bisa berulang kali menerima exposure iklan pada feed Facebook mereka, dengan hal seperti inilah yang dapat menumbuhkan kepercayaan para audience. Lalu jika kepercayaan audiens telah terbangun, maka brand awareness produk Anda juga dapat meningkat. Serta akan ada banyak orang yang mengenal dan mengingat bisnis Anda.
- Efektif Untuk Berbagai Tujuan Bisnis
Pada Facebook Ads ini telah menyediakan beragam pilihan untuk tujuan marketing, seperti mendapatkan trafik, mengumpulkan leads, download aplikasi, hingga dapat melakukan pembelian. Anda dapat memilihnya sesuai dengan bisnis yang Anda kelola. Facebook Ads akan membantu Anda dalam mencapai tujuan bisnis yang Anda inginkan.
- Remarketing
Remarketing adalah sebuah cara yang efisien untuk menampilkan sebuah iklan yang spesifik kepada visitor (pengunjung website) yang sudah pernah mengunjungi website Anda sebelumnya. Dengan adanya fitur ini target audience Anda tidak hanya melihat iklan Anda di facebook, Namun juga pada website serta aplikasi yang bekerja sama dengan Facebook.
- Analisis Lanjutan Untuk Penargetan Berikutnya.
Setelah Anda beriklan di Facebook, Anda akan mendapatkan report atau laporan hasil dari iklan yang telah Anda lakukan. Facebook telah menyusun report atau lampiran ini sedemikian rupa agar Anda dapat melihat laporan dari berbagai aspek, seperti berapa orang yang telah melihat iklan Anda, berapa jumlah orang yang telah mengklik serta memperbandingkan harga iklan dengan jumlah kliknya atau Anda dapat melihatnya dari segi demografinya seperti laki-laki atau perempuan yang lebih banyak melihat iklan Anda.
Hal yang Perlu Dipersiapkan sebelum membuat Facebook Ads
- Anda harus menentukan tujuan dari bisnis Anda.
- Menentukan target audience yang ingin Anda jangkau.
- Menentukan Budget promosi sesuai dengan tipe iklan yang cocok untuk bisnis Anda.
- Mempersiapkan media foto atau video untuk konten iklan Anda.
- Telah memiliki Facebook Pages.
Tips Agar Sukses Melakukan Facebook Ads
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari Facebook, ada beberapa tips yang perlu Anda terapkan seperti :
- Menentukan tujuan dari iklan.
- Menentukan target audiens yang tepat.
- Membuat konten iklan yang menarik .
- Memilih format iklan yang tepat.
- Memanfaatkan fitur-fitur yang telah disediakan Facebook Ads.
- Serta mengkonversikan iklan dengan baik.
Itulah penjelasan singkat mengenai Facebook Ads yang perlu Anda ketahui. Jadi dapat disimpulkan jika Facebook Ads adalah sebuah jasa iklan yang disediakan oleh Facebook untuk penggunanya, agar dapat membantu bisnis Anda untuk menjangkau target audiens yang lebih banyak, meningkatkan brand yang awareness, bersifat efektif untuk berbagai tujuan bisnis, hingga menentukan target klien yang ingin Anda targetkan.