Pernahkah Anda bertanya pada diri sendiri apakah konten Anda benar-benar menarik bagi pelanggan Anda? Setelah semua perencanaan dan implementasi itu, apakah mereka membaca dan menonton konten yang Anda buat? hal ini berkaitan dengan content marketing yang telah berevolusi. Content marketing adalah cara untuk menarik bagi audien Anda dengan konten untuk terlibat atau menjadi pelanggan Anda serta hal tersebut memiliki beberapa tipe. Kemudian apa Anda ingin mengetahui tipe-tipe dan tujuan content marketing tersebut?
Tipe-Tipe Content Marketing
Blog posting
Posting blog paling efektif bila digunakan secara ketat untuk kebaikan, seperti kebanyakan jenis pemasaran konten. Daripada membuat blog tentang bagaimana produk terbaru Anda akan mengubah hidup, Anda harus menulis tentang topik yang terkait dengan produk atau layanan Anda.
Infografis
Infografis adalah salah satu yang benar-benar dapat memberikan pengaruh besar bagi pemasar digital. Sayang sekali karena infografis yang bagus bisa mendapatkan banyak perhatian dalam bentuk share dan inbound link. Infografis yang sukses sederhana, berdampak, dan bermakna. Inti dari infografis adalah mengambil banyak informasi rumit dari sebuah studi atau survei dan memecahnya menjadi poin-poin terpenting.
Konten Video
Konten video bisa mahal untuk diproduksi, serta memakan waktu. Namun, hal ini trendi dan banyak diminati banyak konsumen. Meskipun banyak yang lebih menyukai konten tertulis, mereka yang menginginkan video masih ingin melihat lebih dari yang bisa mereka dapatkan saat ini. Tempat video yang diproduksi dengan baik menunjukkan sisi bisnis Anda yang berbeda dan dapat memberi Anda cara yang lebih baik untuk membuat konten yang menunjukkan cara melakukan sesuatu atau cara kerja sesuatu.
Tujuan Content Marketing
Menghibur
Content marketing dapat memungkinkan Anda untuk terlibat dengan audiens Anda melalui konten ini. Tujuan ini sangat bergantung pada pemicu respons emosional dan sangat cocok untuk berhubungan dengan orang-orang yang belum pernah mendengar tentang brand Anda atau belum mengidentifikasi produk atau layanan Anda sebagai solusi untuk masalah yang mungkin mereka miliki.Format yang bagus untuk menghibur audiens Anda adalah video bermerek, kuis, dan game.
Menginspirasi
Konten yang menginspirasi menjangkau audiens Anda pada tingkat emosional yang sama, tetapi biasanya ditujukan kepada orang-orang yang berada lebih jauh di saluran pembelian.
Baik itu forum komunitas yang disediakan oleh merek Anda, dukungan selebriti atau ulasan dan peringkat – jenis konten ini bertujuan untuk mendorong audiens Anda ke arah keputusan pembelian sambil menginspirasi mereka pada tingkat emosional.
Mengedukasi
Bergantung pada jenis produk yang Anda tawarkan dan kebutuhan serta minat persona pembeli Anda, konten pendidikan dapat menjadi sangat penting untuk strategi pemasaran konten yang sukses. Ini kurang emosional daripada konten menghibur dan bertujuan membantu audiens Anda memecahkan tantangan yang mungkin mereka hadapi. Jenis konten yang termasuk dalam kategori ini adalah infografis, eBook, PR, whitepaper, panduan, dan laporan tren. Karena mereka biasanya diposisikan di awal corong Anda, mereka harus memungkinkan audiens Anda untuk berhasil mengidentifikasi masalah mereka dan menyarankan solusi yang membantu menyelesaikannya, salah satunya adalah produk atau layanan yang Anda tawarkan.
Meyakinkan
Konten yang meyakinkan bertujuan untuk memberikan persona pembeli Anda sebagai dorongan terakhir yang mereka butuhkan untuk menjadi pelanggan. Video demo, acara, dan webinar adalah jenis konten yang masih berada di tengah perjalanan pembeli prospek Anda, sementara studi kasus dan panduan harga biasanya merupakan penawaran konten tingkat keputusan. Berbeda dengan konten yang menginspirasi, kategori ini meyakinkan melalui fakta dan angka dan membahas minat rasional persona pembeli Anda.
Itulah tujuan dari content marketing yang begitu penting. Selain itu, content marketing ini memiliki banyak tipe-tipe dan tujuan. Semoga informasi dari DIGIMA ini bermanfaat untuk Anda!