Berapa Biaya yang Dibutuhkan untuk Instagram Ads?

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Menjadikan Instagram sebagai platform pemasaran bisa terbilang efektif. Apalagi di zaman sekarang sudah banyak masyarakat yang memiliki akun Instagram. Dengan begini, maka Anda akan dengan mudah meningkatkan brand awareness dan bisa meningkatkan jumlah penjualan.

Salah satu fitur yang sangat membantu untuk Anda yang berbisnis melalui Instagram adalah Intagram Ads. Instagram Ads adalah layanan iklan milik Instagram yang memungkinkan pengguna menampilkan kontennya dengan membayar biaya untuk penayangannya.

Biaya Instagram Ads

Penggunaan Instagram Ads memang efektif untuk meningkatkan brandawareness. Namun salah satu faktor penting dalam efektivitas iklan tersebut adalah besar anggaran yang Anda bayarkan. Harga Instagram Ads per bulan ditentukan dari besar efektivitas iklan yang diinginkan. Apabila Anda ingin menjangkau audiens lebih banyak, Anda perlu mengeluarkan biaya lebih dalam. Dengan begitu, Instagram akan menaikkan perkiraan jangkauan publik yang lebih luas.

Rata-rata harga iklan Instagram bisa mulai dari Rp 2.936 hingga Rp 98.081. hal ini tergantung jenis iklan yang ditayangkan.

  • Untuk iklan cost-per-click, Anda perlu membayar sekitar Rp 2.936 hingga Rp 29.362 per klik.
  • Untuk iklan yang menggunakan cost-per-impression, Anda perlu membayar sekitar Rp 98.081 untuk 1000 tayangan iklan.
  • Untuk iklan yang menggunakan cost-per-engagement, Anda perlu membayar mulai dari Rp 146 hingga Rp 731 setiap ada interaksi iklan dengan audiens.

Harga untuk iklan Instagram cukup bervariatif bukan? Agar iklan Instagram yang Anda buat berjalan dengan efektif dan tidak bikin kantong jebol, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.

  1. Menentukan target audiens dengan lokasi yang lebih spesifik dan sesuai dengan produk yang Anda tawarkan
  2. Cari tahu kebiasaan target audiens Anda. Seperti aplikasi apa yang sering mereka gunakan, kapan waktu aktif mereka di Instagram, iklan seperti apa yang menarik minat mereka, dan akun apa saja yang mereka ikuti.
  3. Anda bisa mempersempit target audiens dengan spesifikasi yang lebih jelas, seperti usia, jenis kelamin, dan bahasa.
  4. Tentukan target audiens berdasarkan aktivitas yang mereka lakukan secara berulang-ulang di Instagram

Dengan menentukan target audiens dengan spesifik, Anda bisa menaikkan jumlah penjualan secara lebih efektif dan bisa mengurangi biaya Instagram. penggunaan Instagram Ads tidak hanya efektif untuk meningkatkan penjualan saja, namun ada beberapa manfaat lainnya seperti berikut ini.

Manfaat Instagram Ads

Dengan mengeluarkan sejumlah uang untuk memasang iklan, tentu saja ada beberapa manfaat yang diharapkan dari penggunaan Instagram Ads. Ada beberapa manfaat Instagram Ads yang bisa Anda dapatkan seperti berikut ini.

Memperluas Brand Awareness

Salah satu tujuan digunakannya iklan adalah agar semakin banyak orang yang mengenal produk tersebut. Begitu juga dengan penggunaan Instagram ads. Dengan menggunakan Instagram ads, maka akan meningkatkan brand awareness produk Anda.

Meningkatkan traffic website

Apabila menggunakan model postingan yang biasa, Anda bisa menggunakan caption dengan CTA untuk mengunjungi link website di bio Anda. Namun, apabila Anda menggunakan Instagram ads, Anda bisa meletakkan link di postingan iklan Anda agar audiens bisa langsung mengunjungi link tersebut tanpa harus membuka profil akun Anda terlebih dulu. Dengan cara yang seperti ini, maka jumlah pengunjung website akan semakin mudah untuk ditingkatkan.

Informasi Audiens yang Lebih spesifik

Harga Instagram Ads yang Anda bayarkan akan sepadan dengan apa yang Anda dapatkan. Saat menggunakan iklan Instagram, Anda tidak hanya menampilkan iklan saja, namun Anda mendapatkan data statistik dari audiens yang berinteraksi dengan iklan Anda. Informasi ini sangat berguna untuk mengatur strategi beriklan selanjutnya.

Itulah penjelasan mengenai harga yang perlu dibayarkan dalam Instagram ads dan manfaat memasang iklan di Instagram. penggunaan Instagram ads akan lebih efektif apabila Anda sudah mengetahui karakteristik audiens yang ingin Anda target. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu agar mendapatkan hasil yang maksimal.