Konsistensi dan kreativitas sangat penting saat menggunakan pemasaran digital sebagai strategi pemasaran untuk bisnis Anda, dan itulah gunanya konten kalender buat Anda. Baca secara tuntas jika Anda tidak mengetahui atau memahami cara membuat konten kalender.
Pengertian kalender konten
Pada tingkat yang paling dasar, kalender konten media sosial adalah kalender dari semua unggahan media sosial. Dengan membuat dan menyusun kalender konten media sosial, Anda juga membuat sumber informasi utama di mana Anda dapat merencanakan unggahan secara mendatang, melacak apa yang Anda unggah, dan mengoordinasikan usaha dengan tim traffik web Anda.
Jenis kalender ini sangat berguna jika Anda mengelola beberapa akun media sosial seperti Instagram, Facebook, LinkedIn, Twitter, dll. Kalender konten media sosial membantu Anda mengunggah konten Anda sendiri, mengelola beberapa versi setiap unggahan, dan memutuskan apa yang akan Anda unggah di setiap akun media sosial.
Pentingnya membuat kalender konten
Mungkin saat ini Anda sedang merencanakan semua unggahan secara langsung Anda di aplikasi media sosial. Anda mungkin bertanya-tanya: Apakah Anda memerlukan kalender? Kalender konten merupakan suatu keharusan bagi setiap tim pemasaran media sosial. Dengan Kalender Konten, secara langsung, Anda dapat:
- Jadwalkan unggahan konten Anda dari awal. Rencanakan ke depan dengan memvisualisasikan berbagai jenis unggahan dalam rencana konten Anda.
- Bertukar ide untuk mengunggah konten di media sosial. Bekerja dengan kolaborator traffik web untuk berbagi ide tentang pos media sosial baru yang potensial dan memberikan kehadiran media sosial Anda mengenai konten terbaru.
- Selalu menyeimbangkan konten dalam permintaan dengan konten yang sedang tren. Jadwalkan unggahan sesuai permintaan dan konten yang sedang tren agar pengunjung Anda tetap terhibur saat menjadwalkan unggahan yang selalu relevan.
- Waspadai hari penting yang akan datang. Lacak data perusahaan yang relevan seperti: Peluncuran produk baru yang memungkinkan Anda berbagi konten matang.
- Tetap up to date dengan hashtag terbaru. Pertahankan daftar aktif hashtag yang relevan dan baru yang bisa dipakai pada konten unggahan.
- Merencanakan dan mengoordinasikan pos-pos influencer. Apakah Anda bekerja dengan influencer di bidang bisnis Anda? Lacak kontribusi dan keterlibatan di satu tempat.
- Kumpulkan aset visual yang relevan. Rencanakan konten visual Anda dari awal untuk membuat unggahan Anda terlihat menarik.
- Memantau Indikator Media Sosial. Lacak pasca-kinerja dan tetapkan metrik keterlibatan untuk membantu Anda menetapkan dan mencapai sasaran.
Untuk membuat kalender konten media sosial yang efektif dan berguna, Anda memerlukan alat untuk mengatur dan memvisualisasikan unggahan Anda. Jika Anda baru memulai, cobalah alat manajemen kerja yang menawarkan template kalender gratis untuk konten media sosial Anda, contohnya: Google Speadsheet. Template ini memungkinkan Anda memulai dengan contoh tugas dan bagian, melihat kalender Anda dalam tampilan kalender, dan menghasilkan laporan tentang kinerja konten Anda sebelumnya.
Manfaat kalender konten
Kalender dengan Konten Media Sosial merupakan suatu media tambahan yang bagus untuk pekerjaan spesialis di bidang media sosial. Berikut adalah manfaat utama dari membuat dan mengelola kalender konten media sosial:
1. Membantu Anda supaya tetap teratur. Kalender konten media sosial memungkinkan Anda menjadwalkan konten media sosial Anda seminggu atau sebulan sebelumnya. Berhentilah membuang waktu mencari ide konten setiap hari.
2. Membantu membentuk pesan Anda di platform media sosial apa pun. Kalender media sosial juga membantu Anda mengoordinasikan konten dan pesan yang tepat untuk setiap platform media sosial merek Anda.
3. Bantuan untuk perencanaan masa depan. Alasannya adalah kalender konten media sosial memungkinkan Anda untuk melihat konten apa yang bekerja dengan baik dan menyesuaikannya dengan strategi pemasaran media sosial di masa depan.
Cara membuat kalender konten
Untuk membuat kalender konten media sosial dengan mudah, Anda memerlukan platform gratis atau tidak berbayar. Anda dapat menggunakan Google Spreadsheet atau Trello. Google Sheets tidak hanya gratis, tetapi juga mudah digunakan. Yang Anda butuhkan hanyalah akun Google, dan dalam waktu kurang dari satu jam, Anda dapat memiliki konten kalender yang efektif untuk Anda dan tim Anda. Ada beberapa item untuk disertakan dalam kalender konten. Secara khusus yaitu:
1. Ringkasan Konten(Content Brief)
Konten pada media sosial yang berisi tentang pengarahan konten dan umumnya mencakup tentang apa saja isinya dan bagaimana gaya desainnya.
2. Waktu Release
Konten kalender mencakup keterangan konten serta informasi tentang kapan konten harus diunggah. Tentu saja, agar konten Anda berfungsi secara efektif, konten harus diunggah pada saat audiens Anda mungkin berada di media sosial. Tentunya hal ini berdampak besar pada jangkauan konten yang Anda buat. Tidak hanya membantu mengidentifikasi waktu potensial, tetapi juga membantu tim Anda dalam menyiapkan konten tepat waktu.
Itulah tadi informasi tentang cara membuat kalender konten media sosial yang dapat Anda terapkan. Anda juga dapat menggunakan templat kalender konten untuk mengelola, mengatur, dan menjadwalkan konten Anda. Semoga membantu.