Berapa Harga Instagram Ads Perbulan

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Tahukah Anda bahwa Instagram adalah salah satu platform terpenting bagi pemasaran online? Buktinya Instagram memiliki 2 miliar pengguna aktif di seluruh dunia tahun lalu pada tahun 2021, menurut data Statista.

Sekarang sudah memasuki tahun 2022, tentunya akan terus bertambah bukan?

Semua kalangan hadir di Instagram. Mulai dari anak muda hingga orang tua. Ini artinya membawa peluang besar bagi pembisnis online. Anda dapat memperkenalkan langsung produk dan layanan Anda di Instagram.

Harga Instagram Ads sendiri tergantung dari jenis iklan yang Anda pilih. Jenis iklan ini memengaruhi jumlah yang harus Anda bayarkan kepada perusahaan dari Amerika Serikat tersebut. Jenis iklan yang dapat Anda pilih di Instagram juga dapat disesuaikan dengan anggaran iklan yang Anda tetapkan. Jumlah yang dikeluarkan kemudian memengaruhi jangkauan dan waktu yang diperlukan agar iklan Anda berjalan.

Di artikel ini, kami akan membahas lebih lanjut terkait harga Instagram Ads dan panduan lengkap cara menggunakannya.

Berapakah harga Instagram Ads ?

Harga iklan Instagram yang perlu Anda keluarkan tergantung pada model penawaran yang Anda gunakan. Rata-rata, harga iklan Instagram mulai dari Rp 2.936 hingga Rp 98.081.

Untuk CPC/BPK (Cost-per-klik/biaya per klik), pengiklan harus membayar antara Rp 2.936 dan Rp 29.362 per klik.

Dalam hal CPM/BPS (Cost-per-impressions/per tayangan), pengiklan harus membayar sekitar Rp 98.081 per 1000 tayangan.

Untuk CPE (cost per engagement/biaya per keterlibatan), pengiklan membayar antara Rp 146 dan Rp 731 per keterlibatan (pengguna).

Apakah keuntungan mengiklan di Instagram Ads

Setelah mengetahui biaya iklan Instagram. Anda mungkin bertanya-tanya, apakah kampanye iklan Anda sepadan dengan biayanya?

Berikut alasan-alasannya:

Instagram Ads mempertahankan CTR yang lebih tinggi

Iklan Instagram berkinerja baik dalam hal CTR. Bersumber dari survei yang di lakukan oleh Fortune periklanan di Instagram. Mereka menemukan bahwa iklan Instagram dipertahankan 2,5 kali lebih banyak daripada media sosial lainnya.

Tentu saja, CTR ini bergantung pada audiens target Anda dan jenis iklan yang Anda gunakan.

Instagram Ads menawarkan opsi penargetan lanjutan

Iklan Instagram menawarkan opsi penargetan lanjutan yang sesuai dengan minat bisnis Anda.

Opsi penargetan berikut tersedia untuk faktor dan setelan lainnya:

  • Targetkan lokasi pengguna/audiens
  • Tahun
  • Gender
  • minat pengguna

Pastikan iklan Anda ditempatkan dengan cara yang ditargetkan. Gambarannya jika bisnis Anda menjual kebutuhan gaming. Alih-alih menampilkan iklan kepada semua orang, Anda dapat membatasi iklan untuk orang-orang yang tertarik dengan keyboard mekanis, PC, dan konten game lainnya.

Instagram Ads menawarkan nilai penjualan yang lebih tinggi

Dari survei terbaru yang dilakukan oleh Shopify. Mereka menemukan bahwa nilai pesanan rata-rata untuk pengguna Instagram adalah $65. Sekitar $10 lebih banyak dari penjualan di Facebook.

Jumlah keterlibatan di Instagram Ads lebih tinggi

Analisis Forrester menunjukkan Instagram memiliki tingkat keterlibatan yang lebih tinggi daripada platform media sosial lainnya.

Bisnis Anda memiliki peluang besar untuk mendapatkan keuntungan dari iklan yang Anda tempatkan. Jika Anda dapat membuat iklan yang menargetkan audiens yang tepat. Anda akan mendapatkan klik, suka, dan pembelian produk dari iklan Anda.

Untuk mendapatkan hasil yang sesuai di atas. Anda harus ingat bahwa Anda harus membuat kampanye iklan yang baik. Kembangkan dan optimalkan strategi untuk mencapai hasil yang baik dengan iklan Instagram.

Faktor yang menentukan harga Instagram Ads

Ada empat faktor utama yang menentukan berapa banyak iklan Instagram yang harus Anda keluarkan untuk kampanye bisnis Anda. Yaitu:

Jumlah tawaran

Jumlah tawaran Anda memengaruhi jumlah yang harus Anda belanjakan. Instagram memiliki tawaran yang lebih tinggi, jadi Anda harus siap membayar lebih untuk tayangan dan klik yang Anda dapatkan.

Jika anggaran Anda adalah Rp 7.340.500 dan tawaran per klik Anda adalah Rp 29.362. Iklan Anda hanya bisa di klik 250 kali.

Dalam skenario yang sama, jika jumlah tawaran sebesar Rp 7.319 per klik. Anda akan mendapatkan 4x jumlah klik di atas tawaran Anda.

Skor relevansi

Skor relevansi iklan Anda juga memengaruhi harga iklan Anda di Instagram. Skor relevansi menunjukkan seberapa relevan Instagram menganggap iklan Anda bagi orang-orang yang melihat iklan Anda.

Instagram ingin menampilkan konten yang relevan di beranda pengguna. Mereka akan menententukan nilai relevansi Anda. Ini diukur dengan bagaimana pengguna merespons iklan Anda.

Estimasi tingkat tindakan

Tingkat ini didasarkan pada kemungkinan (menurut Instagram) pengguna berinteraksi dengan iklan yang ditampilkan.

Dengan kata lain, Instagram ingin memahami seberapa besar kemungkinan audiens Anda akan terlibat dengan iklan Anda. Keterlibatan ini mencakup tindakan seperti klik dan konversi.

Pesaingan

Jika Anda menargetkan demografi tertentu dengan iklan Anda, akan selalu ada pesaing yang mencoba mencapai tujuan yang sama. Persaingan semacam ini dapat menyebabkan perubahan biaya.

Ketika perusahaan lain menawar untuk jangkauan audiens yang sama. Ini akan menjadi perang harga. Pengusaha harus saling mengalahkan untuk mencapai peringkat teratas.

Faktor lain yang dapat menentukan harga iklan Instagram Anda adalah:

  • Faktor hari yang signifikan (liburan atau acara)
  • Gender
  • Elemen tanggal dan waktu posting Instagram
  • Pasar (industri) Anda

Nah, itulah dia perhitungan biaya iklan Instagram. Sangat fleksibel dan natural, bisa digunakan untuk memulai bisnis freelance atau kreatif. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang  baik dengan iklan instagram Anda harus kembangkan dan optimalkan strategi Anda.