Pemasaran online merupakan salah satu kebutuhan dasar para pelaku bisnis saat ini. Untuk usaha kecil, setiap sedikit uang sangat berharga. Oleh karena itu, dalam hal periklanan, Anda harus memilih strategi periklanan yang tepat untuk mendapatkan pengembalian investasi yang maksimal.
Pemasaran online telah muncul sebagai salah satu media paling inovatif bagi usaha kecil untuk memamerkan produk dan layanan mereka kepada khalayak luas. Pemasaran online telah membantu banyak pengusaha terkemuka serta usaha kecil untuk meningkatkan penjualan mereka dengan mempromosikan bisnis mereka di Internet. Fakta ini jelas menunjukkan bahwa tidak ada yang harus melepaskan kenyamanan marketing media online. Setuju?
Internet telah menjadikan pemasaran sebagai cara paling efisien untuk menjual produk dan layanan. Pekerjaan yang berhubungan dengan internet marketer sudah mulai menjamur untuk memenuhi kebutuhan saat ini. Namun, sebelum memutuskan untuk terjun ke periklanan online, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dari strategi pemasaran online berikut ini.
kelebihan dan kekurangan dari pemasaran online
Kelebihan pemasaran online
- Jangkauan yang luas
Pemasaran online dapat menjangkau pasar tanpa akhir. Ini membuatnya jauh lebih mungkin untuk menarik pelanggan potensial. Ruang lingkup pasar pemasaran online praktis tidak terbatas karena hampir semua orang di dunia menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari mereka.
- Hemat biaya
Kelebihan lainnya adalah harganya yang murah. Jika iklan offline menghabiskan banyak uang, metode online justru sebaliknya. Biaya iklan online hanya mengacu pada penggunaan Internet. Jika Anda benar-benar menginginkan sesuatu yang lebih dapat ditindaklanjuti, layanan periklanan online tersedia. Bahkan jika Anda harus membayar biaya layanan, memilih paket yang terjangkau dapat menghemat uang Anda dan mendapatkan lebih banyak hasil dari marketing online Anda.
- Target pasar yang sesuai
Dengan menggunakan internet untuk mengiklankan produk Anda, Anda dapat dengan mudah menentukan target pasar yang tepat. Internet memastikan bahwa semua sarana periklanan menjangkau semua orang. Produk menjadi lebih dikenal dan dapat diakses oleh semua orang di berbagai negara.
- Hemat tenaga dan waktu
Pemasaran online juga sangat efisien dari segi waktu dan tenaga. Tidak ada distribusi pamflet, tidak ada jalan memutar. Calon pembeli akan datang secara spontan nantinya. Saat ini perkembangan era digital membuat banyak orang lebih memilih berbelanja online atau mencari produk baru secara online.
- Terhubung dengan pelanggan secara Real Time
Pemasaran online memungkinkan Anda terhubung dengan prospek 24/7. Hal ini tentunya membuat transaksi selanjutnya menjadi lebih mudah bagi penjual dan pembeli. Misalnya, jika calon pembeli ingin menanyakan tentang promosi produk, penjual dapat langsung merespon.
Kekurangan pemasaran online
- Tergantung pada kecanggihan teknologi
Upaya pemasaran online Anda sangat bergantung pada kematangan teknologi yang ada. Risiko kesalahan teknis sangat tinggi di sini. Misalnya, jika server gagal, pasar tidak dapat dibuka. Tentu saja, ini hanya membutuhkan waktu beberapa menit.
- Peraturan yang sering berubah
Dalam praktiknya, online marketing biasanya terkendala dengan perubahan aturan pasar. Tentunya hal ini juga harus diperhatikan oleh para pebisnis dan pembeli.
- Masih banyak masyarakat yang belum terbiasa
Hanya karena sudah memasuki era digital bukan berarti semua orang sudah menguasai penggunaan smartphone dan internet. Masih banyak orang yang belum familiar dengan internet, dan iklan internet tidak menjangkau mereka. Beberapa orang hanya ingin mengetahui informasi produk, tetapi takut penipuan dan tidak tahu caranya.
Sekarang setelah Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan marketing online, strategi marketing mana yang paling menguntungkan? Apa pun strategi pemasaran yang Anda pilih, lakukan riset pasar secara teratur untuk mengetahui apa yang benar-benar dibutuhkan pelanggan Anda. Memahami kebutuhan target pasar Anda akan membantu Anda menjangkau pelanggan potensial. Jadi Anda bisa mendapatkan lebih banyak penjualan. Selain itu, kedua strategi dapat digunakan secara bergantian.