Hai teman-teman! Seiring perkembangan dunia bisnis membuat proses marketing ikut berkembang. Pastinya hal ini juga dirasakan oleh teman-teman semuanya, bukan? Seperti perang, pemasaran berada di garis depan perang. Dalam perusahaan, pemasaran merupakan salah satu bidang yang memegang peranan penting dalam menentukan kemajuan suatu perusahaan.
Namun, departemen pemasaran tidak dapat berdiri sendiri, dan hubungan dengan departemen lain dalam perusahaan, seperti penelitian, produksi, pengembangan, sumber daya manusia, dan keuangan, tetap ada.
Artikel ini kita akan merinci definisi marketing, elemen kunci dari konsep pemasaran, dan pemahaman tentang marketing mix yang diperlukan untuk karier yang sukses di bidang ini.
Apa Sebagian teman-teman mengetahui, apa sih pengertian marketing itu? Jika belum , mari kita ulas bersama yuk tentang pengertian marketing!
Menurut (Kotler & Keller, 2015), pemasaran mengenali dan memenuhi kebutuhan manusia dan masyarakat. pengertian marketing yang tepat dan singkat adalah memenuhi kebutuhan Anda dengan cara yang menguntungkan.
Apakah sebagian teman-teman pernah mendengar tentang pengertian “ marketing mix”? jika belum, mari kita ulas bersama, yuk!
Pengertian marketing mix adalah strategi yang menggabungkan kegiatan pemasaran untuk menciptakan kombinasi terbesar dan mencapai hasil yang paling memuaskan. Marketing mix adalah kombinasi dari variabel atau kegiatan yang membentuk inti dari sistem pemasaran: produk, harga, promosi, dan distribusi. Dengan kata lain, marketing mix adalah kumpulan variabel yang dapat digunakan perusahaan untuk mempengaruhi respon konsumen.
Menurut para ahli Kotler & Armstrong, “Bauran pemasaran” adalah seperangkat alat pemasaran taktis yang dapat dikendalikan, produk, harga, distribusi, dan promosi yang digabungkan oleh perusahaan untuk menghasilkan respons yang diinginkan di pasar sasaran.
Dalam melakukan kegiatan pemasaran, suatu perusahaan menggabungkan empat variabel yang sangat mendukung untuk menentukan strategi pemasaran.
Strategi pemasaran adalah rumus sederhana untuk mengidentifikasi dan bekerja dengan elemen penting , yang terdiri dari produk, harga, distribusi (lokasi) dan periklanan (promosi).
- Produk . Produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan untuk mendapatkan perhatian, permintaan, penggunaan, atau konsumsi di pasar dan dapat memenuhi keinginan atau kebutuhan. Produk tidak selalu berupa barang, tetapi dapat juga berupa jasa atau gabungan keduanya (barang dan jasa).
- Harga . Harga adalah jumlah yang diperlukan untuk memperoleh sekumpulan kombinasi barang dan jasa. Setelah produk yang diproduksi siap dipasarkan, perusahaan memutuskan harga produk.
- Tempat ini disebut saluran distribusi, yaitu saluran yang melaluinya produk sampai ke tangan konsumen. Saluran distribusi adalah saluran yang digunakan produsen untuk mendistribusikan produknya dari produsen ke konsumen atau pengguna industri.
- Iklan. Periklanan adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran yang menyebarkan informasi, mempengaruhi dan membujuk perusahaan dan pasar sasaran atas produknya, dan/atau menjual produk yang ditawarkannya untuk menerima, membeli, dan loyal. siap, sedia. Kepada mereka melalui perusahaan yang bersangkutan.
Ada pun juga, tiga unsur pokok konsep pemasaran yaitu:
- Perusahaan yang berorientasi konsumen menentukan kebutuhan dasar konsumen, menentukan kelompok sasaran pembeli, menentukan produk dan program pemasaran, melakukan survei konsumen, menentukan dan menerapkan strategi terbaik yang perlu dilakukan.
- Mengembangkan kegiatan pemasaran secara holistik Untuk mencapai tujuan perusahaan, setiap orang di perusahaan dimaksudkan untuk terlibat dalam upaya kolaboratif untuk mencapai kepuasan konsumen. Selain itu, koordinasi dan koordinasi antara produk, harga, saluran distribusi, dan promosi harus dilakukan untuk membangun hubungan pertukaran yang kuat dengan konsumen.
- Kepuasan Konsumen Jumlah konsumen yang puas dengan produknya merupakan faktor terpenting dalam menentukan apakah suatu perusahaan akan memperoleh keuntungan dalam jangka panjang. Ini tidak berarti bahwa bisnis perlu berusaha memaksimalkan kepuasan pelanggan, tetapi mereka harus menghasilkan keuntungan dengan memberikan kepuasan
Minat pembelian adalah ketika konsumen memilih dari beberapa merek untuk disertakan dalam serangkaian pilihan dan akhirnya membeli dari pilihan yang paling disukai, atau ketika konsumen memilih barang atau layanan untuk dibeli berdasarkan berbagai pertimbangan. Ini adalah proses.
Menurut para ahli Kalakota dan Winston (Suyanto, 2003), definisi e-commerce dapat dilihat dari beberapa perspektif yaitu:
- Dari sudut pandang komunikasi. Electronic commerce adalah pengiriman barang, jasa, informasi, atau pembayaran melalui jaringan komputer atau perangkat elektronik lainnya.
- Dari perspektif proses bisnis. E-commerce adalah aplikasi teknologi yang mengotomatisasi transaksi bisnis dan alur kerja.
- Dari perspektif layanan. E-commerce adalah alat yang memenuhi tuntutan bisnis, konsumen, dan pemilik bisnis yang ingin meningkatkan kualitas produk, mempercepat pengiriman, dan mengurangi biaya layanan.
- Dari sudut pandang online. E-commerce menyediakan kemampuan untuk membeli dan menjual barang dan informasi melalui internet dan sarana online lainnya.
Demikianlah pembahasan mengenai apa yang dimaksud dengan marketing, definisi,strategi pemasaran 4P, dan pengertian marketing mix dalam perusahaan yang jarang anda ketahui. Nah, jika anda perhatikan, jenis-jenis pemasaran yang populer itu sebagian besar berbau online. Bahkan, pemasaran online kini dinilai lebih efektif dan menguntungkan.