Tahukah anda apa fungsi kata kunci dalam konten yang dibuat diinternet? Jika anda sedang bergerak dalam bisnis digital, atau hendak menyebarkan brand atau bisnis anda secara digital, anda harus mengetahui fungsi kata kunci atau keyword dalam SEO ini. Dalam pembuatan konten, baik artikel, image, video, maupun sebuah caption di media sosial sangat penting untuk memperhatikan penerapan dan kaidah SEO. Hal ini merupakan pengetahuan mendasar bagi pembuat konten.
Terutama pengetahuan mengenai keyword, apa maksudnya, gunannya, serta bagaimana penerapannya. Nah, bagi anda belum tahu dan mau belajar, bisa cek uraian di bawah ini.
Apa itu kata kunci dalam SEO?
Sebelum bisa menerapkan SEO dalam konten – konten digital yang anda unggah di situs maupun akun sosial media, sebaiknya ketahui dahulu fungsi kata kunci dalam SEO. Dengan demikian, anda dapat menggunakannya dengan maksimal.
Ketika anda mencari tahu mengenai SEO, maka keyword akan sangat sering muncul. Para content creator atau para blogger pasti sudah tidak asing dengan istilah satu ini. Namun, bagi yang belum tahu, kata kunci adalah satu atau lebih yang sering digunakan para peselancar dunia maya untuk mencari data dan informasi diinternet. Kata – kata ini akan disimpan dan digunakan oleh mesin pencari sehingga dapat menampilkan informasi relevan.
Jika disimpulkan fungsi, kata kunci ini sangatlah besar dalam SEO dan menjadikan penentu kesuksesan sebuah konten. Dengan adanya keyword dalam sebuah konten bisa membuat situs atau blog tempatnya berada masuk dalam jajaran rekomendasi situs teratas oleh mesin pencari.
Jadi, ketika anda menciptakan sebuah konten sesuai kaidah SEO, maka keyword merupakan hal yang tidak boleh ditinggalkan. Pilih kata kunci dengan bijak untuk dapat membuat konten terbaik.
Jenis Kata Kunci
Dalam penerapan di SEO, keyword terbagi atas beberapa jenis untuk menyesuaikan dengan opsi konten yang dipilih serta strategi masing – masing pengguna. Berikut beberapa jenis keyword berdasarkan jumlah kata:
1.Keyword Pendek
Umumnya keyword ini hanya terdiri dari 1 – 2 kata saja. Jumlah keyword ini tetap tidak berkurang ataupun bertambah, misalnya rumah sehat, kesehatan keluarga, dan lainnya. Keyword ini cukup populer karena penggunaannya yang umum dan praktis.
2.Keyword Panjang
Keyword ini memiliki lebih dari 2 kata dan cukup spesifik. Karena sifatnya yang spesifik, anda juga dapat menargetkan audiens dengan lebih spesifik juga. Namun, sering kali keyword ini tidak memiliki jumlah pencarian sebanyak keyword pendek, dan lebih canggung dari keyword pendek. Misalnya, apa itu bulgogi, cara memasang kabel pada panel TV, dan lain sebagainya.
3.Keyword Abadi
Merupakan jenis keyword yang tidak akan habis dimakan waktu. Keyword ini bersifat umum dan dapat bertahan tidak hanya selama beberapa bulan, namun juga mampu bertahan hingga puluhan tahun.
4.Keyword Musiman
Fungsi kata kunci satu ini hanya bisa bertahan selama kurun waktu tertentu, misalnya mengangkat sesuatu yang tengah viral di masyarakat atau warganet. Temannya bisa apa saja, mulai dari makanan hingga olahraga. Sama seperti keyword panjang, keyword musiman juga memiliki target audiens yang spesifik. Namun karena hanya mengikuti relevansi yang bersifat sementara, keyword ini jarang dapat bertahan jika tidak dikaitkan dengan topik yang lebih umum.
5.Keyword Umum
Yaitu pilihan keyword yang dapat menjangkau semua orang. Jadikan konten yang anda tulis merupakan sebuah konten dengan tema umum dan dapat dimengerti serta disukai oleh banyak orang.
6.Keyword Khusus
Sama seperti namanya, penggunaan kata kunci ini memiliki target khusus, misalnya menargetkan para ibu rumah tangga, karyawan kantor, dan target lainnya. Demografis targetnya bisa berdasarkan gebungan jenis kelamin, usia, profesi, maupun hob tertentu.
Sekian artikel hari ini yang membahas tentang Apa saja Jenis kata kunci dalam SEO. Semoga bermanfaat.