3 Cara Memilih Brand Ambassador

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Maraknya penggunaan media sosial, menjadikan peluang usaha bagi para pengusaha bisnis dengan memanfaatkan berbagai platform di media sosial untuk memasarkan produknya. Hal ini akan menyebabkan bermacam-macam persaingan dalam mengambil perhatian pengguna supaya mengambil tindakan selanjutnya. Makanya, pada bisnis perlu menerapkan suatu strategi marketing dalam mengungguli para pesaingnya. Salah satu strategi pemasaran tersebut yaitu mengundang brand ambassador dalam rangka meningkatkan penjualan. Apa sih sebenarnya brand ambassador itu? Dan bagaimana cara memilih brand ambassador yang tepat? Yuk, simak penjelasannya!

Pengertian brand ambassador

Brand ambassador adalah bagian utama dalam strategi pemasaran yang umumnya dipakai untuk membangun identitas merek(brand image) dan menjangkau pelanggan dengan konsisten. Strategi ini membentuk ikatan dengan pelanggan yang berbeda dengan strategi yang lainnya. biasanya, referensi dari orang lain yang diidolakan oleh semua orang dapat mempengaruhi keputusan mereka ke depannya. Karena, referensi tersebut akan terlihat lebih logis dan natural. Strategi ini sebenarnya sudah sangat mendunia.

Dalam era modern ini, brand ambassador dan influencer dianggap lebih terpercaya dibanding dengan strategi yang lainnya. karena, seorang brand ambassador dan influencer pastinya mempunyai kemampuan dalam mempengaruhi orang lain. Hal inilah yang harus dimanfaatkan oleh setiap pebisnis dalam meningkatkan penjualan mereka.

Manfaat brand ambassador

Dalam memutuskan brand ambassador yang tepat, sebaiknya tidak secara sembarangan. Karena, apabila suatu perusahaan mempunyai brand ambassador, perusahaan tersebut akan memperoleh berbagai manfaat yang bisa memberikan keuntungan bagi berjalannya suatu bisnis. Di antaranya yaitu,

Mempertahankan dan memelihara nama baik perusahaan

Nama baik atau reputasi perusahaan bisa naik turun. Hal ini tergantung dalam situasinya. Contoh sederhananya, Apabila suatu media melaporkan suatu kejadian buruk yang berkaitan dengan perusahaan Anda, kemungkinan besar nama baik perusahaan Anda akan menurun drastis. Nah, brand ambassador inilah yang akan mengembalikan nama baik perusahaan Anda yang telah menurun karena banyaknya audiens atau pengikut yang telah mempercayai mereka.

Meningkatkan brand image(citra merek)

Seorang brand ambassador harus terlihat profesional dalam meningkatkan citra merek yang baik. Sama halnya seperti sebelumnya, brand ambassador merupakan rupa dari suatu brand. Makanya, mereka harus memeliharanya dengan baik.

Membantu mengembangkan perusahaan

Penilaian yang baik akan menolong suatu perusahaan dalam meningkatkan bisnisnya. Maka, sangat penting bagi suatu brand ambassador dalam memberikan penilaian yang baik dan jujur dalam mempromosikan produk perusahaan.

Cara memilih brand ambassador yang tepat

Bagaimana cara memilih brand ambassador yang tepat?

Tentu saja brand ambassador tidak boleh dipilih sembarangan demi citra dan reputasi positif sebuah perusahaan Anda. Bagaimana memilih brand ambassador yang tepat agar produk Anda lebih banyak diekspos dan pesanan membanjiri. Di bawah ini terdapat 3 cara dalam memilih brand ambassador yang tepat. Antara lain,

1. Pilih figur atau karakter yang sesuai dengan Karakter Merek.

Jika bisnis Anda di bidang produk fashion, pilihlah karakter yang umumnya dikenal dengan selera fashionnya atau yang pernah bekerja sebagai model. Citra karakter memiliki dampak yang besar terhadap citra merek pada produk Anda.

2. Pilihlah yang Cerdas dan Profesional.

Brand Ambassador adalah rupa perusahaan dalam pemasaran. Dengan demikian, Anda harus dapat memilih brand ambassador yang cerdas untuk masyarakat Anda yang lebih luas. Alasannya sederhana. Karena di mata orang banyak, orang pintar tidak gegabah dalam memilih merek untuk kebutuhannya. Pola pikir ini pasti akan melekat di benak orang dan memengaruhi persepsi mereka tentang merek Anda. Orang melihat merek itu berkualitas tinggi karena orang pintar merekomendasikannya.

3. Pilih yang mempunyai sifat rendah hati.

Orang yang dihormati secara luas kebanyakan seseorang yang mempunyai sifat baik dan rendah hati. Begitu pula saat memilih brand ambassador dalam strategi pemasaran produk Anda. Oleh karena itu, kerendahan hati seorang Brand Ambassador sangat penting untuk menciptakan hubungan yang baik antara perusahaan dengan masyarakat.

Sekian penjelasan tentang pengertian dan cara memilih brand ambassador yang tepat bagi brand Anda. semoga penjelasan ini bisa membantu Anda.