7 Ide Konten Live Streaming Menarik

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Live streaming kini menjadi fitur yang diincar banyak pengguna di media sosial. Keunikan berinteraksi langsung dengan audiens Anda membuat streaming langsung menjadi fitur yang layak untuk meningkatkan keterlibatan di media sosial.

Tetapi memulai live streaming bukanlah tugas yang mudah. Anda harus memikirkan terlebih dahulu kira-kira apa saja bahasan yang akan disampaikan saat live streaming berlangsung. Membuat penonton menjadi bosan dan bingung tentu menjadi hal yang sangat Anda hindari bukan?

Jangan khawatir, diartikel kali ini kami sudah merangkum sejumlah ide konten live streaming menarik yang dapat dijadikan inspirasi untuk memulai live streaming. Yuk, simak!

7 Ide Konten Live Streaming Menarik

  • Tutorial

Konten tutorial biasanya dibuat oleh beauty influencer. Tapi ingat, konten tutorial juga efektif untuk pebisnis profesional yang ingin mempromosikan produknya di media sosial.

Dengan terlibat langsung saat menjual produk, Socialty mampu meningkatkan engagement sekaligus meningkatkan kredibilitas merek dan produk yang dijual. Mengapa Anda tidak mencobanya sekarang?

  • Unboxing

Tidak jauh berbeda dengan konten unboxing yang dilakukan YouTuber, namun live streaming memungkinkan Anda untuk mengunboxing berbagai item menarik seperti kosmetik, buku, bahkan rumah Anda. Plus, dengan streaming langsung, Anda dapat melakukan unboxing saat berinteraksi langsung dengan pengguna Anda. Seru bukan!

  • Interview

Interview adalah konten live streaming yang paling banyak diminta oleh pengguna. Secara alami, streaming langsung memungkinkan pengguna untuk merasa menyatu dengan obrolan mengingat ia menawarkan kemampuan berkomentar dan bereaksi.

  • Question and answer (Q&A)

Menurut situs Color Whistle, salah satu bentuk konten live streaming yang paling populer adalah Q&A, terutama pekerjaan. Kemampuan mengundang pakar untuk sesi tanya jawab membuat informasi lebih bermanfaat.

Grup otomotif Citroen, misalnya, menggunakan Q&A streaming dengan para ahli. Strategi ini menghasilkan 1.100 prospek berkualitas dan meningkatkan kepuasan pelanggan hingga 97%. Ini cukup menarik.

  • Giveaway

Siapa yang tidak suka hadiah gratis? Giveaway telah menjadi andalan konten bagi pengguna untuk meningkatkan engagement dalam waktu singkat. Sebagai tips tambahan, sesuaikan hadiah yang Anda berikan di akun personal branding Anda ya!

  • Live event

Apakah Anda sering pergi ke pameran dan konser? Silakan coba konten live streaming yang satu ini.

Membuat konten live event memungkinkan Anda untuk menunjukkan keseruan acara yang sedang berlangsung dan berinteraksi langsung dengan audiens Anda. Tentu saja, jika sikap live streaming Anda menarik, Anda dapat dengan mudah mendapatkan pengikut baru.

  • Cerita pengalaman

Anehnya, ternyata salah satu konten siaran langsung terpopuler di kalangan netizen adalah dengan menceritakan pengalaman. Dengan membagikan pengalaman Anda, audiens Anda akan merasa terhubung dan didorong untuk berpartisipasi dalam mengomentari cerita yang Anda ceritakan.

  • Behind the scenes

Video BTS dan di balik layar juga bisa menjadi konten siaran langsung yang menarik untuk audiens Anda. Menurut kutipan dari halaman Restream, jenis video ini memberi pemirsa rasa keakraban dan keaslian.

Anda dapat memulai dengan melihat pengaturan streaming dan alat yang Anda gunakan selama siaran langsung. Kemudian Anda bisa mulai dengan hal-hal yang lebih menarik seperti kegiatan Sehari-hari Anda. 

Bagaimana, apakah Anda berpikir untuk memulai siaran langsung dengan salah satu konten di atas? Kalau iya, ada sedikit hal yang Anda perlu perhatikan nih, sebelum menentukan konten Anda perlu menyesuaikan juga konten yang akan dilakukan dengan keperluan dan personal branding dari akun Ansa untuk hasilkan engagement yang maksimal. Good luck!