Pastinya, Anda sudah tak asing lagi dengan istilah, “dunia kini ada di dalam genggaman”. Nyatanya, saat ini sinyal internet mudah dijangkau di berbagai pelosok daerah. Transformasi digital sudah menjadi suatu tuntutan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Bukan soal teknologi saja, tetapi juga adanya unsur sosial seperti culture dan masyarakat. berbagai contoh hal sederhana yang sering kita jumpai saat ini, misalnya marketplace, aplikasi tiket online, kelas online, maupun yang lainnya. Bahkan, sekarang ini melakukan transaksi juga bisa dilakukan secara via mobile banking.
Apa itu transformasi digital?
Secara umum, transformasi digital merupakan penggunaan teknologi untuk mengubah proses analog menjadi digital. Transformasi ini lebih mengarah pada strategi teknologi dalam merevolusi berbagai hal pada bidang teknologi baru, umumnya hal ini terhubung dengan Big Data dan Internet of Everything.
Transformasi digital atau DX mempunyai berbagai macam pengertian. Hal ini tergantung pada aturan sains. Ini ada kaitannya dengan bisnis. Ini merupakan integrasi teknologi digital ke seluruh area perusahaan.
berdasarkan pendapat Bill Sch,arzo(2021) dalam judul buku ,”Apa Itu Transformasi Digital?”, transformasi digital menyiratkan adopsi mengenai teknologi digital oleh suatu perusahaan, yang umumnya dipakai dalam meningkatkan efisiensi, menambah nilai dan menciptakan inovasi baru.
Pengaruh transformasi digital bagi bisnis
Munculnya teknologi dan jaringan internet secara mendasar telah mengubah cara bisnis beroperasi untuk mengubah dinamika pemilik bisnis dan pelanggan. perubahan akibat dampak dari teknologini akan menyebabkan perubahan budaya perusahaan/bisnis/organisasi. Sehingga yang dilakukan perusahaan Anda ialah harus selalu inovatif dan “terbiasa” dengan perubahan yang sangat cepat.
Faktor utama dibalik munculnya transformasi digital adalah diawali dengan meningkatnya kebutuhan hidup manusia yang semakin beragam dan mengiringi permintaan pasar akan teknologi yang terus meningkat. Dalam dunia corporation, tuntutan konsumen akan kemudahan transaksi menjadi prioritas yang utama. Hal inilah yang akan mendorong pertumbuhannya untuk menciptakan sistem yang lebih cepat, dapat diskalakan, sistematis, dan solusi untuk hambatan dalam dekade terakhir.
4 Contoh perusahaan yang menerapkan transformasi digital
Di bawah ini merupakan 4 contoh perusahaan yang telah menerapkan transformasi digital. Antara lain,
Netflix
Pastinya, Anda telah mengetahui perusahaan yang menawarkan layanan film ini kan? Di masa lalu, netflix merupakan suatu perusahaan yang bergerak pada produksi konten. Namun, kini mereka mengambil langkah dengan menerapkan strategi ini. Netflix juga menawarkan layanan hiburan untuk menonton film atau serial berbayar melalui internet dengan pemesanan yang mudah.
Hanya dengan ponsel, laptop atau Smart TV Anda dapat menikmati berbagai film dan serial hits dari seluruh dunia. Tidak diragukan lagi, strategi bisnis ini memungkinkan Netflix meningkatkan pendapatannya hingga 30 kali lipat!
Amazon
Hasil luar biasa dari strategi ini dapat dilihat dari kebangkitan bisnis Amazon. Perusahaan yang hanya menjual buku digital (e-book) menjadi raksasa yang menjual perangkat elektronik handal. Amazon telah berhasil menciptakan ekosistem elektronik yang menghadirkan wajah ritel baru yang lebih dinamis. Hasil teknologi canggih dan digitalisasi.
Gojek
Awalnya, Gojek merupakan perusahaan yang menawarkan layanan ojek online pertama di Indonesia. Gojek mampu mengubah sistem sewa sepeda motor tradisional (ojek) agar bisa dipesan dengan mudah dan cepat melalui aplikasi. Strategi campaign gojek dalam transformasi digital tersebut menjadikan Gojek sebagai salah satu perusahaan pertama yang berstatus Decacorn di Indonesia. Bayangkan valuasi Gojek mencapai lebih dari 145 triliun rupiah pada tahun 2019.
Risum
Perusahaan menengah yang berhasil dalam menerapkannya. Ada beberapa UKM di Sleman yang sudah menerapkan hal serupa dengan dukungan pemerintah daerah, seperti Risum. Risum menggunakan digital marketing hingga penjualan meningkat hingga 300% melalui website, media sosial (Facebook dan Instagram), marketplace dan Google Ads. Selain itu, Risum bekerja sama dengan key opinion leader (KOL) dan influencer untuk meningkatkan jangkauan pasar, kesadaran merek, dan penjualan produk.
Selain Risum, ada juga beberapa perusahaan UMKM lainnya yang sedang berkembang dengan menerapkan transformasi digital di Sleman, seperti: Lopis.id (Layanan internet Pasar Ing Sleman), aplikasi Cariaku melalui cariaku.slemankab.go.id (pencarian IKM berprestasi), Larrez (toko online IKM), Larrezz.id (merchant agregator), Slemanmart.id dan Creative Talot Sleman.
Itu saja penjelasan mengenai pengertian, pengaruh bagi bisnis, beserta 4 contoh dari transformasi digital. Semoga bisa menambah wawasan Anda!