Dengan lebih dari dua miliar pengguna aktif bulanan, WhatsApp kini dijadikan aplikasi chatting terbesar di dunia. Ada banyak alasan yang mendasari hal ini. Mulai dari penggunanya yang mudah dan cepat, sistem pesan yang terenkripsi, hingga ukurannya yang relatif lebih kecil daripada aplikasi chatting lainnya.
Tidak hanya digunakan secara pribadi, WhatsApp juga memfasilitasi para pelaku bisnis dengan meluncurkan WhatsApp Business pada 2017 lalu. Walau tak banyak di sorot, sebenarnya aplikasi yang terpisah ini memiliki banyak kelengkapan menarik, khususnya untuk para profesional dan pemilik online shop.
Membangun interaksi dengan konsumen adalah hal yang sangat krusial. Apabila interaksinya baik maka dapat dipastikan telah berkembang, kita tidak harus bertemu dengan konsumen kita satu per satu saat ini karena perkembangan teknologi informasi telah berkembang dan mempermudah kita dalam berinteraksi dengan konsumen.
Selain media sosial, anda juga dapat menggunakan aplikasi pesan instan (Instant Messaging Apps) sebagai saluran dalam melakukan interaksi yang lebih personal dengan konsumen anda. Salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer di Indonesia adalah WhatsApp. Berdasarkan data Statis, jumlah pengguna WhatsApp di Tanah Air mencapai 84,8 juta pengguna pada Juni 2021.
Tingginya angka pengguna WhatsApp menjadikannya saluran interaksi yang cukup efektif bagi bisnis kecil. Karena itu, Sahabat Wirausaha harus memahami berbagai kelengkapan yang tersedia dalam WhatsApp Business untuk memaksimalkan perannya dalam meningkatkan penjualan produk. simak penjelasan lengkap mengenai hal tersebut melalui ulasan berikut ini.
Penasaran seperti apa kelengkapannya dan keuntungan apa saja yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan WhatsApp Business? Simak penjelasan di bawah ini!
1. Jika anda menggunakan WhatsApp Business, anda bisa memiliki dua akun dalam satu handphone sekaligus. Anda pun bisa antara chat Pribadi dan yang bersifat profesional.
2. Nomor yang didaftarkan ke WhatsApp Business langsung memiliki unsername. Jadikan orang lain akan tahu mereka sedang berbicara kepada siapa tanpa harus “Add to content”.
3. Anda juga bisa mengatur mode balas cepat atau “Quick Replay’ agar orang lain atau dalam hal ini konsumen, agar mereka tidak menunggu terlalu lama.
4.Tak hanya itu, anda juga bisa menambah “pesan selamat datang’ ketika ada nomor baru yang mengirimkan pesan. Hal ini akan membuat konsumen lebih percaya akan kredibilitas bisnis anda.
5.Ketika menggunakan WhatsApp Business, pemilik akun dapat menambah profil bisnis. Mulai dari produk – produk, layanan, harga, deskripsi, dan lain sebagainya.
6.Ada pula slot informasi mengenai background bisnis anda. Contohnya kategori produk atau layanan, email, alamat toko, hingga waktu beroperasi.
7.WhatsApp Business menyediakan statistik perkembangan bisnis setiap minggunya. Anda bisa melihat berapa banyak orang yang mengirim pesan, yang hanya read saja, dan lain sebagainya.
8. Ada pula kelengkapan “Chat labels” yang memungkinkan anda untuk menandai kontak yang berkirim pesan dengan anda. Misalnya, “langganan”, “customer baru”, dan lain – lain.
9.Tak perlu khawatir, meskipun bersifat profesional, semua chat room di WhatsApp Business juga menggunakan end – to – end encryption. Artinya, hanya orang yang bersangkutan saja yang bisa mengakses chat tersebut.
Pertimbangan terbesar untuk menggunakan WhatsApp Business adalah aplikasi ini akan membuat bisnis anda tampak lebih profesional dan terpercaya. Walaupun begitu, anda harus test drive terlebih dahulu sebelum menggunakannya.
Demikian itu lah artikel kita kali ini yang membahas tentang 9 fitur unggulan WhatsApp Business. Semoga bermanfaat!