7 faktor yang mempengaruhi bauran promosi. Bauran promosi adalah kombinasi dari beberapa kegiatan promosi (periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, hubungan masyarakat, pemasaran langsung) yang digunakan perusahaan untuk menghasilkan, mempertahankan, dan meningkatkan permintaan untuk produknya.
Apa itu promosi?
Promosi merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan suatu program pemasaran. Bisnis dapat mengembangkan produk yang berkualitas tinggi dan memuaskan konsumen. Tetapi jika calon pelanggan belum pernah mendengarnya dan tidak mengetahui keberadaan produk Anda, apakah mereka akan membelinya?
Melalui promosi, perusahaan berusaha menarik perhatian, membangkitkan minat dan meyakinkan pelanggan, misalnya melalui periklanan. Perusahaan mengemas dan mendesain iklan semenarik mungkin dengan menghadirkan informasi dan manfaat produk. Perusahaan berharap pelanggan senang dengan produk mereka.
Oleh karena itu, berikut ini adalah 7 faktor yang mempengaruhi bauran promosi:
- Sifat Produk: Jenis produk yang berbeda memerlukan media iklan yang berbeda. Misalnya, penjualan mesin, peralatan, atau properti pribadi lebih tepat karena penjualan dan pemasangan produk semacam itu membutuhkan banyak pra-penjualan dan layanan purna jual. Iklan dan promosi, di sisi lain, lebih cocok untuk barang-barang konsumsi, terutama kebutuhan.
- Sifat pasar: Jumlah dan lokasi pelanggan memiliki dampak yang signifikan terhadap bauran promosi. Jika grup prospek Anda kecil dan terkonsentrasi di lokasi tertentu, menjual secara langsung mungkin lebih efektif. Di sisi lain, jika basis pelanggan Anda besar dan luas, menjual produk Anda memerlukan kombinasi iklan, penjualan pribadi, dan promosi. Jenis pelanggan juga mempengaruhi keputusan administratif tentang bauran promosi. Gaya periklanan untuk klien institusional berpendidikan perkotaan berbeda dengan klien buta huruf, klien pedesaan dan klien rumahan.
- Tahap kehidupan produk: Seiring kemajuan produk Anda melalui siklus hidupnya. Pada tahap pengenalan, tujuan utama dari promosi adalah untuk menarik permintaan utama dengan menonjolkan fitur, manfaat, dan lain-lain dari produk tersebut. Oleh karena itu, diperlukan perpaduan antara periklanan dan hubungan masyarakat. Setelah produk mencapai kedewasaan, promosi dan penjualan pribadi diperlukan untuk mempertahankan permintaan pelanggan. Terakhir, pada fase penurunan, pengeluaran untuk kegiatan promosi lainnya dipotong, dan lebih menekankan pada promosi penjualan dengan maksud untuk mendongkrak penjualan yang menurun.
- Ketersediaan dana: Anggaran pemasaran Anda juga menentukan bauran promosi Anda. Kombinasi alat promosi dapat digunakan jika dana yang tersedia untuk promosi besar, tetapi jika dana terbatas, sebaiknya manajemen memilih alat promosi dengan cermat.
- Karakteristik teknis: Setiap elemen bauran promosi memiliki karakteristik unik yang sangat mempengaruhi tujuan promosi. Misalnya, iklan adalah sarana komunikasi impersonal yang menjangkau sejumlah besar pelanggan. Ekspresi itu dapat ditingkatkan dengan menggunakan warna dan nada, membantu mengembangkan citra merek yang bertahan lama di benak pelanggan. Termasuk interaksi tatap muka yang membantu Demikian pula, promosi adalah insentif jangka pendek kepada pelanggan yang dimaksudkan untuk meningkatkan penjualan dalam jangka pendek.
- Strategi Promosi: Bauran promosi sangat tergantung pada strategi promosi perusahaan, apakah strategi push atau pull dapat diterima. Dalam strategi push, produsen memaksa pengecer untuk mengambil produk dan mempromosikannya kepada pelanggan. Artinya, meyakinkan calon pembeli untuk membelinya. Di sinilah penjualan pribadi dan fasilitasi perdagangan cenderung lebih efektif. Dalam strategi tarik, konsumen meminta pengecer untuk membawa produk kepada mereka. Dengan kata lain, pelanggan membeli produk untuk diri mereka sendiri. Iklan dan promosi konsumen lebih tepat di sini.
- Kesiapan Pembeli: Tahapan kesiapan pembeli yang berbeda memerlukan media iklan yang berbeda. Kombinasi periklanan dan penjualan pribadi memainkan peran penting dalam tahap pemahaman. Namun, selama fase kepercayaan, personal selling lebih efektif. Pada waktu penutupan, kombinasi promosi dan penjualan tatap muka lebih efektif.
Dengan demikian, Periklanan dan hubungan masyarakat lebih efektif pada tahap awal proses pengambilan keputusan pembelian, sedangkan promosi dan penjualan pribadi lebih efektif pada tahap selanjutnya. Terima kasih telah membaca atau mengunjungi artikel kami, semoga dapat bermanfaat bagi Anda.