Apakah kamu mengetahui Customer Relationship Management ? CRM merupakan suatu pendekatan yang dapat membantu bisnis dalam meningkatan hubungan pelanggan yang sudah ada atau calon pelanggan. Dalam hal ini memang pelanggan menjadi aspek yang penting. CRM ini bisa diterapkan pada bisnis yang berskala besar dan kecil. Penerapan CRM menguntungkan pembisnis dengan menyimpan data pelanggan dalam suatu sistem. Lalu, Apakah Anda ingin mengenal lebih dalam perihal manfaat CRM untuk bisnis ini?
Manfaat Penerapan CRM
- Pengetahuan yang Lebih Baik Tentang Pelanggan
CRM ini bisa mengetahui nama lengkap kontak, alamat email, nomor telepon, alamat pos, situs web dan akun media sosial, tetapi juga fakta bisnis penting seperti posisi kontak di perusahaan, hubungannya dengan kontak lain di database Anda, bahasa yang mereka gunakan, dan bahkan hari ulang tahun mereka. Dengan semua informasi ini di ujung jari Anda bisa personalisasi komunikasi Anda dengan kontak menjadi mudah. Setelah itu, dengan bantuan CRM Anda dapat menyimpan semua aktivitas, proyek, penjualan, pesan obrolan langsung, pertukaran email, faktur, pesanan, kontrak, atau permintaan layanan pelanggan yang pernah melibatkan kontak. Dengan kata lain, sistem CRM memungkinkan Anda untuk mengetahui lebih baik siapa kontak Anda dan apa yang mereka inginkan.
- Hasilkan Lebih Banyak Uang
CRM dapat memiliki dampak yang cukup besar pada beberapa aspek penting. Orang-orang di Zoho mengklaim bahwa CRM dapat membantu pelanggan meningkatkan tingkat konversi prospek sebesar 300%, meningkatkan retensi pelanggan sebesar 27 persen, dan mempersingkat siklus penjualan sebesar 24%. Mereka juga menemukan bahwa pendapatan per penjualan meningkat sebesar 41% sambil menghemat 23% pada biaya penjualan dan pemasaran. Dengan kata lain, CRM dapat membantu Anda menghasilkan lebih banyak penjualan dengan nilai lebih tinggi, lebih cepat, dan dengan biaya lebih murah.
- Layanan Proaktif
Dengan cara yang sama seperti data di platform CRM dapat membantu Anda dalam mengotomatiskan penjangkauan yang lebih dipersonalisasi di seluruh saluran pemasaran, data tersebut dapat meningkatkan upaya penjangkauan tim penjualan atau kemampuan layanan pelanggan untuk membantu pelanggan. Jika tim penjualan memiliki pengetahuan tentang apa yang paling menarik minat pelanggan tertentu, mereka atau perwakilan dukungan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan memecahkan masalah secara lebih proaktif. Ini adalah keuntungan besar bagi tim layanan pelanggan. Dengan data yang relevan tersedia di dasbor mereka dan dalam beberapa kasus, tidak perlu menggali informasi, sehingga perwakilan dapat langsung membahas hal yang penting. Ini menghemat waktu semua orang dan membuat pelanggan potensial dan pelanggan Anda saat ini merasa penting ketika penjualan dan layanan pelanggan proaktif dan berpengetahuan — plus, ini dapat meningkatkan laba Anda melalui kepuasan pelanggan yang lebih tinggi dan mengurangi waktu untuk resolusi.
- Berbisnis Dimana Saja
Melalui aplikasi seluler, antarmuka web, dan akses offline, teknologi CRM memberdayakan orang untuk menyelesaikan pekerjaan di mana saja. Baik Anda bekerja di kantor, atau dalam perjalanan, Anda memiliki seperangkat alat produktivitas untuk membuat, mengedit, atau berkolaborasi dalam proses dan hubungan bisnis yang penting bagi Anda. Dengan staf yang dapat terhubung ke CRM sesuai permintaan, mereka dapat segera menanggapi permintaan klien, bereaksi terhadap prospek, dan mengelola akun yang ada. Jika tim tidak dapat mengakses data pelanggan, bisnis secara efektif ditangguhkan saat mereka meninggalkan kantor, atau jauh dari desktop atau laptop mereka.
Ternyata CRM ini sangat penting dalam dunia bisnis ya. CRM yang berkaitan dengan pelanggan ini berfungsi bisa memajukan bisnis yang masih berhubungan dengan pelanggan. Jika Anda ingin menggali informasi Digital Marketing bisa mengunjungi sosial media @DIGIMA.
Post Views: 72