Pengertian dan Jenis-Jenis Perilaku Keputusan Pembelian

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dari perdagangan. Sebelum melakukan pembelian, orang biasanya membuat keputusan pembelian sebelum produk. Keputusan pembelian adalah aktivitas seseorang yang terlibat langsung dalam keputusan untuk membeli produk yang ditawarkan oleh Penjual.

Apa sih pengertian keputusan pembelian? Keputusan pembelian adalah proses pengambilan keputusan seorang konsumen yang menggabungkan pengetahuan untuk memilih dua atau lebih produk alternatif yang dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kualitas, harga, lokasi, iklan, kenyamanan, dan layanan.

Konsep keputusan pembeli harus dipisahkan dari konsep kepuasan pelanggan, karena konsumen dapat terjadi ketika konsumen menerima layanan dari penyediaan layanan dan selanjutnya menjadi puas dan tidak puas.

Pengertian menurut ahli:

Menurut Peter dan Olson (2013:163), adalah proses terintegrasi yang digunakan untuk menggabungkan pengetahuan untuk mengevaluasi dua atau lebih tindakan alternatif dan memilih salah satunya.

Schiffman dan Kanuk (2008:485) mendefinisikan keputusan pembelian konsumen sebagai pilihan antara dua atau lebih alternatif. Sebaliknya, suatu situasi bukanlah pilihan jika konsumen tidak memiliki pilihan lain dan benar-benar dipaksa untuk melakukan pembelian tertentu atau bertindak dengan cara tertentu.

Kotler dan Armstrong (2012:166) mengemukakan bahwa proses pengambilan keputusan pembelian konsumen terdiri dari lima tahap yang dilalui konsumen sebelum melakukan keputusan pembelian dan setelah melakukan pembeli. Hal ini menunjukkan bahwa proses pembelian konsumen dimulai jauh sebelum pembelian yang sebenarnya dan memiliki konsekuensi setelah pembelian.

Menurut Howard dalam Swastha dan Handoko (2014:104), pembelian konsumen dapat dipandang sebagai aktivitas pemecahan masalah, dan ada tiga jenis situasi. perilaku respons rutin, pemecahan masalah terbatas, dan pemecahan masalah komprehensif.

Ketiga macam situasi tersebuut dijelaskan sebagai berikut:

Perilaku responsi rutin perilaku membeli yang mudah bagi kedua belah pihak dibandingkan dengan pembelian yang murah dan sering. Dalam hal ini, pembeli sudah memahami merek dan karakteristiknya. Kami tidak selalu membeli merek yang sama, terpengaruh oleh kehabisan stok, dll. Namun pada umumnya, aktivitas pembeli bersifat teratur dan tidak memerlukan banyak pemikiran, tenaga, dan waktu.

Penyelesaian masalah terbatas Jika pembeli tidak terbiasa dengan merek untuk jenis produk pilihan mereka, pembelian menjadi lebih rumit dan membutuhkan lebih banyak informasi sebelum membuat keputusan pembelian.

Penyelesaian masalah ekstensif Pembeli menjadi sangat rumit ketika mereka menemukan jenis produk yang tidak dipahami dengan baik dan kriteria penggunaannya tidak diketahui. Dalam hal ini, perusahaan perlu mengetahui kegiatan yang mengumpulkan informasi untuk menilai pembeli dan mendukung proses pembelajaran pembeli tentang karakteristik kelompok produk tersebut.

Jenis jenis perilaku keputusan pembelian

Menurut Kotler (2003), keputusan pembelian yang dilakukan oleh seseorang terbagi menjadi beberapa jenis perilaku pembelian, yaitu: 

perilaku pembelian yang kompleks. Tindakan ini terdiri dari proses tiga langkah. Pertama, konsumen membangun kepercayaan tentang produk tertentu, konsumen kedua membangun sikap terhadap produk, dan konsumen ketiga membuat keputusan pembelian yang bijaksana.

Perilaku pembelian yang mengurangi ketidaknyamanan. Konsumen dapat sangat terlibat dalam pembelian mereka, tetapi ada sedikit perbedaan antara merek. Dalam situasi ini, konsumen mungkin mengalami ketidaknyamanan pasca pembelian, menemukan fitur yang tidak mereka sukai, mendengar berita positif tentang merek lain, dan lebih memperhatikan informasi untuk mendukung keputusan mereka.

Perilaku membeli karena kebiasaan. Dalam keadaan ini, partisipasi konsumen rendah dan tidak ada perbedaan yang signifikan antar merek. Konsumen memilih merek berdasarkan kebiasaan mereka daripada loyalitas merek yang kuat.

Perilaku pembelian yang mencari keragaman. Sementara beberapa lanskap pembelian dicirikan oleh partisipasi konsumen yang rendah, ada perbedaan yang signifikan antara merek. Dalam situasi seperti itu, konsumen sering berganti merek, tetapi ini terjadi bukan karena mereka tidak puas, tetapi karena mereka menginginkan perubahan.

Nah, itulah pengertian tentang keputusan pembeli menurut para ahli, ketiga macam situasi dan jenis-jenis perilaku keputusan konsumen .