Fotografi produk penting untuk bisnis Anda

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Fotografi produk atau bisa di sebut dengan Foto produk merupakan salah satu faktor yang dapat membuat nilai jual produk Anda menjadi lebih tinggi. 75% pembeli pada e-commerce beranggapan bahwa foto produk sangat mempengaruhi keputusan pembeli. Oleh karena itu Anda perlu menganggap serius perihal foto produk untuk bisnis Anda. 

 

Pengertian Foto Produk

Product photography atau fotografi produk merupakan suatu cara bagaimana kita mengambil gambar dari suatu produk. Karena hal ini bertujuan untuk menjelaskan bentuk serta fungsi dari produk tersebut. Selain itu juga dapat membuat produk terlihat menarik agar bisa laris terjual.

 

Pentingnya Foto Produk

Tidak hanya penting untuk bisnis yang besar saja. Namun foto produk juga perlu untuk menjadi perhatian bagi pembuat UMKM. Berikut pentingnya product photography yang perlu untuk Anda ketahui.

  • Dapat meningkatkan kepercayaan dari calon pembeli

Saat bisnis Anda memiliki foto produk yang baik, tentu ini dapat meningkatkan kepercayaan dari para calon pembeli. Karena dengan melihat bahwa Anda terkesan serius dalam menggarap hal ini, maka pembeli semakin yakin bahwa Anda adalah penjual yang dapat dipercaya dan memiliki kualitas produk yang baik.

  • Dapat meningkatkan nilai jual

Memiliki foto produk yang bernilai professional dapat membuat suatu produk terlihat elegan serta memiliki nilai jual yang tinggi. Seseorang bisa mengetahui apa yang ditawarkan dari foto produk tersebut.

  • Menjadikan identitas

Foto produk merupakan hal yang penting karena dapat menjadi identitas dari penjual tersebut. Calon pembeli akan lebih mudah untuk memahami suatu iklan berdasarkan potret suatu produk saja.

  • Sosial media marketing

Foto produk dapat menjadi ajang social media marketing untuk Anda. Terutama untuk aplikasi Instagram, karena foto yang menarik dan profesional sangatlah penting. Gambar dari suatu foto produk yang menarik serta elegan dapat meningkatkan engagement bahkan pembelian untuk produk Anda.

 

Jenis-Jenis Foto Produk

  • Ghost mannequin

Jenis ini umum digunakan dalam suatu produk pakaian. Sesuai dengan namanya, jenis pada foto ini maksudnya adalah memfoto pakaian yang sedang digunakan, namun foto pada bagian tubuh pemakai dihapus melalui aplikasi edit foto. Hal ini bertujuan untuk menyajikan secara jelas bagaimana sebuah pakaian tersebut bila dipakai, namun tanpa melihatkan model yang memakai pakaian tersebut.

  • Menggunakan background yang polos

Background yang digunakan bermacam-macam, tergantung pada keinginan dan produk yang ditampilkan. Latar yang umum digunakan adalah warna putih atau warna-warna terang lainnya. Anda dapat menggunakan sweep atau kertas yang melengkung untuk mendapatkan hasil yang lebih rapi daripada mengandalkan tembok saja.

  • Lifestyle photography

Lifestyle photography merupakan jenis foto suatu produk yang ditata dalam keadaan sebenarnya namun dapat menghasilkan foto yang tetap menarik. Contohnya seperti menempatkan suatu produk pada meja, dengan berbagai properti pelengkap agar dapat memperindah tampilan produk tersebut. Pada jenis ini biasanya digunakan untuk produk kuliner, namun bisa juga pada produk lainnya. Dengan ini calon konsumen dapat melihat seperti apa produk jika diletakkan pada kondisi sebenarnya, seperti ukuran dan juga bentuknya.

  • Foto fashion

Berbeda dengan ghost mannequin, pada jenis ini pakaian ataupun produk lainnya di foto bersama dengan modelnya. Hal ini biasanya dilakukan fotografer di dalam studio ataupun di suatu lokasi tersendiri, sesuai dengan produk tersebut.

 

Tips Melakukannya

  1. Jangan ragu saat menggunakan smartphone.
  2. Anda dapat menggunakan tripod.
  3. Memperhatikan pencahayaan.
  4. Memperhatikan komposisi.
  5. Mengambil foto sebanyak-banyaknya.

 

Jadi itulah penjelasan mengenai pengertian dan jenis- jenis foto produk  yang dapat Anda terapkan. Sehingga dapat disimpulkan jika Foto produk itu penting untuk perkembangan usaha yang sedang Anda kembangkan.