Apakah kalian pernah melihat sekeliling sewaktu terkena macet di jalan ? pastinya kalian pernah. Kalian mungkin melihat baliho dengan ukuran yang besar di sepanjang jalan raya yang menawarkan suatu produk atau layanan. Selain itu, ada orang yang sedang berjualan, seperti koran dan majalah. Pada media digital cetak dan baliho biasanya memiliki headline. Headline digunakan untuk menarik perhatian bagi para pembaca agar memiliki rasa penasaran dengan apa yang ada di dalam iklan tersebut. Oleh karena itu, headline ini tidak mudah untuk dibuat karena mewakili isi dari iklan tersebut. Maka dari itu, berikut ini tips untuk membuat headlines.
Permainan kata-kata
Dalam pembuatan headlines menggunakan permainan kata-kata untuk, tetapi harus memahami target kalian. Kalian bisa menggunakan kata-kata yang kuat yang menujukkan suatu yang hebat dan spektakuler saat orang membaca merasa “wow” “ini yang ku cari”, seperti 5 trik jitu yang membuat orang tertarik membaca. Fokus pada “who” dan “why” untuk siapa iklan tersebut dibuat dan manfaat yang akan di dapat.
Menonjolkan Keunggulan Dalam Headlines
Dihimbau tidak menggunakan kata-kata yang terlalu panjang. Selain itu, kalian bisa memasukkan keunggulan yang dapat menarik minat audiens. Kalian bisa menggunakan kata yang menujukkan keunggulan tersebut dan yang akan kalian tampilkan. Kemudian kalian bisa menambahkan visual yang sesuai, misal iklan kecantikan
“Bisa Memutihkan kulit Anda Dalam 7 Hari”
Tidak Terlalu Panjang
Menulis headlines baiknya jangan terlalu panjang karena orang akan malas membaca. Kalian bisa membuat headlines 8-12 kata. Namun, konten headlines yang terdiri dari 12-14 kata biasanya akan mendapat banyak likes. Jadi, kalian harus memperhatikan tujuan kalian dalam membuat headlines antara lebih banyak orang yang menyukai konten kalian atau banyaknya social sharing di social media mengenai konten kalian.
Menyematkan Angka
Angka termasuk hal yang menarik dalam headlines. Secara tidak sadar, mata para orang-orang akan mengarah pada sesuatu yang memiliki perbedaan atau keunikan dengan yang lain. Dalam hal ini angka dapat menarik perhatian khalayak umum.
Membuat pertanyaan
Pertanyaan yang memicu rasa ingin tahu para khlayak umum untuk mencari tahu. Padahal, jika kita sudah tahu dari judul apa yang akan kita dapatkan selanjutnya, rasa ingin tahu kita mungkin sudah berakhir sebelum dimulai. Pertanyaan terbaik adalah tentang sesuatu yang dapat dihubungkan atau ingin diketahui oleh pembaca.
Menimbulkan Keingintahuan
Ada fenomena psikologis yang dapat kalian gunakan secara efektif yang disebut kesenjangan rasa ingin tahu, yaitu kesenjangan antara sesuatu yang diketahui seseorang dan sesuatu yang ingin dia ketahui. Orang-orang mulai merasakan semacam kekurangan ketika mereka melihat adanya kesenjangan dalam pengetahuan mereka.Perasaan itu bisa diprovokasi dengan memberikan sedikit informasi. Begitu seseorang tahu sedikit, mereka akan ingin mencari tahu lebih banyak dan mengisi informasi yang hilang sehingga mereka bisa merasa lebih baik. Dengan mengingat hal ini, cobalah untuk membuat yang berhubungan dengan “memacu” dengan memberi pembaca beberapa informasi yang menarik (meskipun tidak lengkap) di judul kalian, memberi tahu mereka cukup untuk memicu rasa ingin tahu mereka, tetapi tidak terlalu banyak sehingga kalian bisa memberikan cerita kalian.
Nah, itulah tips untuk membuat headlines yang dapat menarik orang-orang untuk membaca sesuatu yang ingin kamu sampaikan. Selain itu, untuk menggali informasi lainnya mengenai headlines dan marketing bisa menghubungi DIGIMA. Semoga artikel ini membantu kalian ya!