Content marketing adalah strategi marketing yang fokus dalam merencanakan, membuat, serta mendistribusikan konten untuk membuat audiens tertarik menggunakan produk atau jasa Anda. Dengan berjalannya waktu, maka semakin banyak perusahaan dan marketer yang memanfaatkan strategi ini. Tanpa tools yang tepat upaya pemasaran Anda bisa terhambat dan nantinya akan kalah dengan para pesaing. Agar hal tersebut tidak sampai terjadi, Berikut ini beberapa tools content marketing yang dapat Anda pelajari dan telah diprediksi akan booming pada tahun depan.
- BuzzSumo
Content marketing tools yang pertama wajib Anda kuasai sebagai marketer di tahun 2022 adalah BuzzSumo. BuzzSumo adalah platform yang serba bisa dan memungkinkan penggunanya untuk secara komprehensif, intuitif, dan mudah untuk membuat strategi dalam pemasaran konten. Berfokus pada media sosial ternama seperti Facebook, Twitter, Instagram dan Pinterest. Marketer dapat melihat artikel paling populer yang dibagikan dalam situs dan media sosial resmi perusahaan dengan tools ini.
- Ahrefs
Perangkat ini sudah populer sejak tahun 2020 silam. Namun popularitasnya tidak menurun, dan justru akan booming lagi di tahun 2022. Hal ini berlaku karena mampu menganalisis Kinerja pesaing dengan fitur site explorer. Tidak hanya itu saja, marketer juga bisa mendapatkan inspirasi ide kata kunci, atau pelajari konten dengan Kinerja terbaik dari tools – tools yang telah disediakan.
- SEMrush
SEMrush merupakan salah satu alat yang paling populer yang dapat membantu marketer untuk meningkatkan kualitas SEO dengan melakukan riset kompetitif, keyword milik pesaing dan aktivitas lainnya. Fitur analisis backlink, dapat melacak peringkat situs, dan menganalisis keseluruhan Kinerja SEO milik SEMrush juga dianggap sebagai salah satu yang terbaik.
- Google Trends
Kesederhanaan UI serta fitur yang dimiliki Google trends tidak bisa ditiru oleh perangkat lain. Google trends merupakan alat yang paling berharga untuk membandingkan keyword dan melihat volume pencarian yang lebih tinggi., dan juga efektif untuk dapat menangkap topik di niche perusahaan yang sedang naik daun. Fitur ini juga dapat dimanfaatkan secara gratis. Agar bisa digunakan secara maksimal , Anda perlu mempelajari terlebih dahulu serba-serbi Google Trends ini.
- Notion
Notion adalah tools project management yang bersifat fleksibel. Notion dapat dimanfaatkan para marketer untuk mencatat strategi pemasaran, diskusi meeting, dan garis besar kompas konten untuk artikel blog. Notion sangatlah unik karena mampu menyediakan fitur yang mampu mendorong produktivitas dan kolaborasi dalam sebuah tim. Oleh karena itu, tools ini dianggap sebagai salah satu perangkat terbaik, karena dapat digunakan oleh para marketer yang bekerja secara remote.
- Feedly
Dengan menggunakan teknologi AI canggih, Feedly dengan cerdas dapat memfilter konten dan topik yang relevan dengan niche perusahaan. Feedly juga mampu menyaring wawancara yang berharga dari sumber, termasuk situs berita, Twitter, Blog, dan platform lainnya. Feedly dapat mengatur, mengurusi, dan memberikan wawasan dari industri utama yang terkadang sulit untuk diraih oleh marketer. Serta dapat mengatur, mengurusi, dan memberikan wawasan dari industri utama yang terkadang sulit diraih oleh para marketer. Penggunaannya secara gratis oleh semua marketer professional.
- Statista
Statista adalah salah satu pilihan terbaik untuk marketer yang mempunyai keinginan untuk menemukan topik dan data dari sumber terpercaya. Dianggap sangat berguna khususnya untuk marketer B2B. Karena dapat mendorong marketer untuk memanfaatkan titik data guna membentuk opini serta menyampaikan pesan pada prospek. Statista sendiri mampu untuk mengekstrak data dari berbagai sumber yang kredibel termasuk riset untuk pasar, publikasi industri, jurnal ilmiah, dan database lainnya.
- Google Analytics
Sesuai dengan namanya, Google Analytics merupakan perangkat yang mampu untuk melacak, mengukur, dan menganalisis Kinerja situs web yang tidak bisa dikalahkan kompetitornya, serta dapat berfungsi sebagai pusat semua data yang relevan dengan situs web. Ada banyak metrik serta titik data juga yang dapat berguna di dalam tool ini.
Itu dia beberapa tools content marketing yang harus dikuasai marketer pada tahun-tahun mendatang. Intinya, dari semua kumpulan perangkat di atas telah diperkirakan dapat mempermudah dalam upaya pemasaran badan usaha di tahun depan. Dan sebagai seorang marketer Anda akan didorong untuk memahami cara menggunakan tools-tools tersebut dengan sangat baik. Bila Anda merasa terlalu sulit, Anda dapat meminta bantuan kepada rekan kerja ataupun atasan di kantor.