Skill yang Dibutuhkan dalam Content Marketing

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Pernah gak sih Anda mendengar istilah Content Marketing? Di zaman teknologi yang terus berkembang ini, content marketing menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk memasarkan produk atau jasa yang Anda punya. Content marketing bisa Anda gunakan untuk menjangkau dan menjadi peluang untuk mendapatkan audience.

Apa itu Content Marketing?

Content marketing adalah sebuah strategi marketing untuk membuat dan menyebarkan konten yang relevan, berharga, dan juga konsisten untuk menarik perhatian dari audiens. Tidak hanya itu, content marketing juga bertujuan untuk membangun relasi yang kuat dalam jangka waktu yang lama dengan para audiens. Dalam mewujudkannya tentu diperlukan skill untuk mengasah kemampuan dan keterampilan yang dibutuhkan oleh seorang content marketer.

Skill apa saja yang dibutuhkan dalam content marketing?

  • Komunikasi

Pada content marketing Anda harus bisa mengasah skill komunikasi. Baik secara lisan dan tulisan (verbal dan nonverbal). Karena dalam hal ini Anda pastinya berhadapan dengan banyak orang. Konten yang akan Anda buat pun harus bisa menyentuh banyak orang. Saat bekerja dalam tim komunikasi yang baik harus tetap dibina agar tidak ada kesalahpahaman. Untuk mempelajari cara berkomunikasi, Anda bisa mulai dengan cara menulis email kepada klien atau rekan kerja.

  • Melakukan riset dan analisis data

Riset dan analisis data yang harus Anda lakukan ini bertujuan untuk mengecek apakah kebutuhan audience sudah relevan dengan content atau pesan yang Anda sampaikan. Untuk menjawab beberapa pertanyaan seperti, Siapakah Audience Anda? Informasi apakah yang dibutuhkan? Apa saja hal yang disukai? Ini semua merupakan bagian dari riset. Dengan mengetahuinya, Anda bisa lanjut untuk memuat strategi content yang dibutuhkan.

  • Menulis

Dalam content marketing, salah satu bentuk konten yang dibuat adalah tulisan. Anda tentunya harus bisa beradaptasi untuk menulis bermacam-macam gaya yang sesuai dengan target audiens. Tulisan yang Anda buat bisa berupa status di media sosial, artikel, copywriting ataupun naskah video. Perbanyak juga membaca dari berbagai sumber, karena latihan menulis tanpa membaca akan membuat skill Anda berhenti di situ saja. Serta mencari inspirasi sebanyak-banyaknya juga akan membuat Anda selalu penuh dengan ide dan karya.

  • Menyusun strategi konten

Hal pertama yang harus dilakukan seorang content marketer adalah menyusun strategi content. Hal ini bertujuan agar content yang Anda buat lebih terarah dan bisa tersampaikan kepada target audience.

  • Bercerita

Video adalah salah satu bentuk content marketing. Untuk mengajak audience agar selalu menonton video atau mendengarkan podcast Anda, dibutuhkan keterampilan bercerita yang lihai. Anda bisa menonton video, mendengarkan banyak radio, serta mendengarkan podcast lain agar mengetahui bagaimana cara menghibur audience tanpa visual.

  • Kerja sama

Content marketer tentunya tidak bekerja sendiri. Content marketer harus berkolaborasi dengan tim lain yang memiliki scope of work yang berbeda, namun sama-sama memiliki kesamaan dalam menyukseskan pekerjaan atau project. Contohnya berkolaborasi dengan graphic designer, social media specialist, brand manager, dan seo specialist.

  • Keterampilan teknis

Setelah Anda menguasai skill content marketer, Anda juga harus menguasai keterampilan teknis, seperti menggunakan content management system (CMS) untuk mendistribusikan content, Google analytics, maupun Google search console untuk mengetahui performa content yang Anda buat.

 

Dengan mengetahui skill content marketing di atas, kini Anda bisa langsung mempraktekannya dengan membuat content. Namun yang terpenting skill ini harus Anda kuasai dengan latihan membuat content secara konsisten. Tidak harus panjang, cukup sesuai dengan target, menarik, dan memiliki mutu.