Yuk! Pahami tentang Lini Produk,Merek,Kemasan dan Label

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Lini produk adalah kumpulan produk yang berkaitan erat karena menjalankan fungsi yang sama, dijual kepada kelompok konsumen yang sama, dijual melalui jenis outlet yang sama, atau diberi harga dalam batas harga yang ditentukan. Keputusan lini produk yang kritis berkaitan dengan panjang lini produk. Sebuah lini produk dianggap terlalu pendek jika manajer dapat meningkatkan laba dengan menambahkan beberapa item. Jika manajer dapat meningkatkan laba dengan membuang beberapa item, lini dianggap terlalu panjang. Panjang lini produk Anda ditentukan oleh tujuan dan sumber daya perusahaan Anda.

Perusahaan harus hati-hati mengelola lini produk mereka. Perusahaan dapat secara sistematis meningkatkan panjang lini produk yang ada dengan dua cara. Salah satunya adalah untuk memperpanjang (meregangkan) garis dan yang lainnya adalah untuk mengisi garis. Perluasan lini produk terjadi ketika perusahaan memperluas lini produknya melampaui batas yang ada. Perusahaan dapat memperluas jangkauan produknya ke bawah, ke atas, atau keduanya.

Merek dagang adalah nama, istilah, tanda, simbol, desain, atau kombinasi dari elemen-elemen ini, yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi dan membedakan barang atau jasa penjual dari pesaingnya. Nama merek adalah bagian yang diucapkan dari merek. Misalnya, Disneyland, Hilton, Club Med, Sizzler. Merek dagang adalah bagian merek yang dapat dikenali tetapi tidak dapat diucapkan, seperti simbol, desain, warna, atau huruf yang dapat dibedakan. Merek dagang adalah merek dagang yang dilindungi secara hukum untuk melindungi hak eksklusif penjual untuk menggunakan nama merek dan merek dagang.

Lima kondisi dibawah ini mendorong pengambilan keputusan penetapan merek:

  1. produk akan mudah dikenali jika menggunakan merek atau tanda
  2. Produk dipersepsikan mempunyai nilai tertinggi untuk harganya
  3. Kualitas dan standar mudah dipertahankan
  4. Permintaan atas kelas produk umum cukup besar sehingga mendukung rantai regional, nasional. Pengembangan massa yang sangat menentukan keberhasilan merek untuk mendukung biaya overhead iklan dan administrasi itu penting
  5. Terdapat ekonomi skala

Keputusan produk tersebut mendapat banyak perhatian publik. Dalam membuat keputusan seperti itu, pemasar harus mempertimbangkan dengan cermat kebijakan publik dan masalah peraturan yang terkait dengan perolehan atau pembuatan produk, perlindungan paten, kualitas dan keamanan produk, serta jaminan atau garansi produk. Ada beberapa tahapan dalam keputusan produk. keputusan tentang atribut produk, merek, kemasan dan pelabelan.

Atribut Produk

Mengembangkan produk atau jasa memerlukan definisi manfaat yang ditawarkan. Manfaat ini dikomunikasikan dan disampaikan melalui atribut produk seperti kualitas, fungsi, gaya dan desain:

  1. Kualitas Produk: Kualitas adalah alat pemasaran yang penting. Kualitas produk memiliki dua dimensi yaitu tingkat dan konsistensi. Ketika mengembangkan suatu produk, pemasar harus terlebih dahulu memilih tingkat kualitas yang dapat mendukung posisi produk di pasar Dalam dimensi ini, kualitas produk berarti kualitas kinerja, kemampuan produk untuk menjalankan fungsinya.
  2. Fitur: Kami dapat menyediakan produk dengan karakteristik yang berbeda. Titik awalnya adalah model pertama tanpa embel-embel yang disertakan dengan produk. Perusahaan dapat membuat model lanjutan dengan menambahkan berbagai fitur. Fitur adalah alat kompetitif untuk membedakan produk Anda dari produk pesaing Anda. Menjadi produser awal, memperkenalkan fitur-fitur baru yang dipandang perlu dan berharga adalah cara yang efektif untuk menegaskan diri Anda.
  3. Gaya dan Desain Produk : Cara lain untuk menambah nilai bagi pelanggan adalah melalui gaya dan desain produk yang Desain dapat menjadi alat kompetitif yang hebat untuk armada pemasaran perusahaan. Desain yang baik dapat berkontribusi pada kegunaan dan estetika produk. Gaya dan desain yang baik menarik perhatian, meningkatkan kinerja produk, mengurangi biaya produksi, dan memberikan keunggulan kompetitif di pasar sasaran Anda.

Pemberian Merek

Keistimewaan pemasar profesional adalah kemampuan untuk menciptakan, memelihara, melindungi, dan meningkatkan merek untuk produk dan layanan. Merek dagang adalah nama, kata, simbol, desain, atau kombinasinya yang mengidentifikasi produsen atau penjual produk atau layanan tertentu. Konsumen melihat merek sebagai bagian penting dari produk mereka, dan merek menambah nilai produk mereka. Perusahaan memiliki empat opsi dalam memilih strategi branding. Perusahaan beroperasi dalam perluasan lini (merek yang ada diubah menjadi bentuk, ukuran, dan rasa baru dari kategori produk yang ada), perluasan merek (nama merek yang ada dimasukkan ke dalam kategori produk baru), beberapa merek (nama merek baru dimasukkan ke dalam kategori produk baru). (kategori produk yang sama), atau merek baru (merek baru untuk produk baru).

Pengemasan

Pengemasan adalah kegiatan merancang dan membuat wadah atau kemasan produk. Pengemasan meliputi wadah utama produk, kemasan sekunder yang dibuang saat produk digunakan, dan bentuk kemasan khusus untuk menyimpan, mengidentifikasi, dan mengirimkan produk. Labeling, informasi yang tercetak pada kemasan juga merupakan bagian dari kemasan.

Pelabelan

Label dapat berkisar dari pengidentifikasi produk sederhana hingga label kompleks yang merupakan bagian dari paket. Label menunjukkan beberapa fungsi dan pada tingkat terakhir label mengidentifikasi produk atau merek. Label menjelaskan segala sesuatu tentang produk siapa, di mana, kapan, di mana, bagaimana produk dibuat, bagaimana digunakan, bagaimana menggunakannya dengan aman, dll. Pada akhirnya label adalah Anda dapat mempromosikan produk Anda melalui gambar yang menarik.

 

Nah, itulah penjelasan tentang lini produk. Strategi Anda harus matang ketika memutuskan untuk mengembangkan lini produk. Jangan salah paham dengan target pasar Anda karena hal ini akan berdampak pada kerugian bisnis Anda. Jika penjelasan kami kurang jelas Anda bisa mengunjungi web digima, kami akan membantu Anda agar bisnis Anda lebih efektif.