Kepercayaan merek (Brand Trust) adalah ukuran kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda. Seberapa baik Anda menepati janji mereka dan seberapa benar merek Anda dengan nilai-nilai yang sudah Anda pegang. Semua ini menunjukkan kepercayaan pelanggan Anda terhadap merek Anda. Disini kita akan membahas apa itu brand trust, yuk mari kita simak.
Pengertian
Brand trust adalah merek yang berhasil menciptakan pengalaman merek berkelanjutan yang abadi dan berkesan bagi konsumen berdasarkan integritas merek, kejujuran, dan kesopanan. Banyak faktor yang memengaruhi kepercayaan merek, mulai dari reputasi online Anda, hingga kualitas produk yang Anda jual, hingga kemampuan perusahaan untuk memenuhi janji yang Anda buat.
Strategi efektif meningkatkan brand trust
Sebenarnya, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk membangun kepercayaan merek. Kali ini kita akan membahas beberapa cara tersebut. Mari kita simak apa saja strateginya.
1. Ketahui tujuan brand trust Anda
Apa tujuan utama Anda untuk membangun kepercayaan merek? Apakah untuk mengontrol situs ulasan? Bisa untuk memperkenalkan produk Anda dari mulut ke mulut. Ada juga merek yang bertujuan untuk membangun kepercayaan terhadap merek agar memiliki pelanggan yang loyal. Pelanggan ini kemudian diminta untuk siap melindungi merek. Itu semua tergantung pada keputusan Anda sendiri. Jadi tentukan dulu tujuanmu, ya! Karena jika misi Anda berbeda, jalan menuju ke sana akan berbeda.
2. jika perlu, miliki brand trust lead
Aspek penting bisnis harus ditangani oleh tim khusus. Kepercayaan merek adalah salah satu aspek tersebut. Jika perlu, Anda dapat mencari pemimpin merek. Dia bertanggung jawab untuk mewujudkan visi Anda tentang kepercayaan merek.
3. Lakukan Brand Storytelling
Tujuan storytelling di sini adalah untuk menciptakan brand story. Anda dapat membuat cerita yang terkait dengan merek Anda. Misalnya, video yang berisi cerita tentang pelanggan dan merek Anda. Melalui cerita, Anda dapat berbagi hal-hal penting tentang bisnis Anda. Faktor-faktor ini termasuk nilai-nilai, tujuan selain keuntungan, budaya, dll. Semua ini dapat meningkatkan kepercayaan merek. Karena merek Anda terasa lebih hidup dan otentik.
4. Memberikan pengalaman pelanggan yang konsisten
Layanan pelanggan sangat penting untuk bisnis. Sayangnya, ini hanya transaksional. Anda akan ditanyai pertanyaan, kemudian langsung dijawab. Anda diminta untuk memberikan rekomendasi produk dan kemudian segera memberikannya. Ini berbeda dengan customer experience. Ia melihat perjalanan pelanggan di dalam brand Anda. Jika dilakukan dengan benar, layananmu akan sesuai dengan kebutuhan mereka. Semua ini bisa membuat merekmu semakin dipercaya.
5. Fokus pada hubungan, bukan konversi
Bisnis sukses tentu punya penjualan tinggi. Anda pasti mengejar angka tinggi itu. Namun, Anda juga harus memikirkan hubungan pelanggan. Jangan hanya fokus pada penjualan. Berfokus pada kepercayaan merek adalah taktik dengan hasil yang lebih tahan lama. Keberhasilannya tidak instan, tetapi ia punya sifat yang lebih tahan lama.
6. Sangat jelas
Kepercayaan pelanggan juga terkait erat dengan kejujuran merek. Anda harus mengatakan yang sebenarnya tentang merek, produk, dan layanan Anda. Bentuk lubang ini juga bisa berbeda. Beberapa contoh mempublikasikan penelitian tentang merek Anda, mengungkapkan bahan produk Anda secara publik, dll.
7. Jangan lupakan word of mouth
Ulasan positif dan dari mulut ke mulut dapat membangun kepercayaan pada suatu merek.
Manfaat Brand Trust
Dengan era digital yang semakin berkembang saat ini, konsumen memiliki lebih banyak pilihan dalam memilih produk dan layanan. Dengan persaingan yang begitu ketat saat ini, kepercayaan merek merupakan faktor pembeda yang sangat penting bagi bisnis Anda untuk dapat bersaing dengan pesaing Anda. Padahal, bisnis Anda bisa menuai banyak manfaat dari kepercayaan merek, beberapa di antaranya adalah:
1. mendapatkan pelanggan loyal
Ketika orang lain mempercayai merek Anda, tentu Anda akan mendapatkan banyak pelanggan setia yang akan setia pada produk dan bisnis Anda. Untuk itu, setiap kali merek Anda meluncurkan produk baru, banyak orang yang buru-buru menjadi orang pertama yang membeli produk tersebut.
2. Dapatkan advokat merek.
Tahukah Anda bahwa konsumen lebih mempercayai toko atau rekomendasi produk dari teman dan keluarga. Sekarang, bayangkan jika pelanggan Anda memiliki pengalaman positif membeli dan menggunakan produk Anda. Tentunya brand trust atau kepercayaan terhadap merek perusahaan Anda akan meningkat di antara para pelanggan tersebut.
3. Mendapatkan repeat sales
Penjualan berulang terjadi ketika pelanggan sebelumnya kembali membeli produk dan layanan yang Anda tawarkan. Ini hanya akan terjadi jika pelanggan memiliki kepercayaan mutlak pada suatu merek, mereka akan merasa nyaman dengan apa yang Anda tawarkan.
Dalam artikel ini, kami membahas apa itu kepercayaan merek dan perannya dalam bisnis Anda. Tidak hanya itu, kami juga membahas cara-cara sederhana dan efektif untuk membangun kepercayaan merek. Kepercayaan selalu didahulukan saat berbisnis. Jika konsumen belum mempercayai merek Anda, buat mereka mempercayai Anda. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang copywriting, manajemen konten, dan SEO Anda bisa mengunjungi blog pada laman DIGIMA.