Persaingan untuk mendapatkan perhatian pelanggan semakin ketat dari sebelumnya. 92% pelanggan mengatakan bahwa peningkatan akses ke informasi (seperti ulasan produk online) telah mengubah harapan mereka terhadap perusahaan mereka. Kabar baiknya adalah bahwa pemasar dapat menonjol dengan penawaran yang baik, terutama jika penawaran tersebut dipersonalisasi.
Laporan lain menemukan bahwa 65% pelanggan setuju untuk menerima penawaran yang dipersonalisasi , menunjukkan bahwa diskon eksklusif memiliki dampak besar atau sedang pada loyalitas.
Periklanan atau branding adalah salah satu cara terpenting untuk menjalankan bisnis, besar atau kecil. Strategi branding yang efektif adalah tentang memberikan nilai kepada pelanggan potensial di pasar yang semakin kompetitif. Jadi apa dampaknya bagi bisnis Anda?Pada dasarnya, sebuah merek adalah janji bagi calon pelanggan. Merek memberi tahu konsumen apa yang bisa mereka dapatkan dari produk dan layanan yang mereka tawarkan. Jangan lupakan pesaing Anda.
Merek biasanya ditampilkan melalui logo, situs web, kemasan, dan materi promosi yang terintegrasi dengan merek. Konsumen tidak hanya melihat penampilan, tetapi juga keaslian pemiliknya. Misalnya pengalaman, harga yang ditawarkan, kualitas, kualitas produk, siapa target konsumennya.
Mari selami promosi penjualan dan kiat periklanan yang sukses untuk membuat bisnis Anda menguntungkan.
Definisi Merek
Menggambarkan sebuah merek ibarat perjalanan sebuah perusahaan untuk menemukan arah bisnisnya. Langkah ini sulit, memakan waktu dan mahal. Setidaknya bisa menjawab pertanyaan tentang merek.
- Apa misi perusahaan?
- Apa manfaatdan fitur produk?
- Siapa pelanggan dan prospek perusahaan?
- Kualitas apa yang mereka inginkan?
Kami mempelajari kebutuhan, kebiasaan, dan keinginan pelanggan untuk memahami apa yang dipikirkan pelanggan kami. Karena mendefinisikan merek dan mengembangkan strategi merek sangat kompleks. Pertimbangan untuk organisasi selain konsultan yang telah memulai bisnis serupa.
Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk Branding:
- Buat logo besar. Tempatkan dimana-mana.
- Tuliskan pesan merek. Apa pesan kunci tentang merek? Setiap karyawan harus menyadari atribut merek mereka.
- Mengintegrasikan brand. Branding meluas ke setiap pengembangan bisnis Anda. Bagaimana standar pesan menjawab telepon dari pelanggan, signature dalam email, dan sebagainya.
- Ciptakan “suara” yang mencerminkan merek Anda. Suara ini harus diterapkan untuk semua komunikasi tertulis dan dimasukkan dalam citra visual semua bahan, online dan offline. Apakah merek Anda ramah? Jadikan percakapan. Apakah itu mewah? Jadilah lebih formal.
- Buat tagline. Menulis pernyataan yang mengesankan bermakna dan ringkas yang menangkap esensi merek Anda.
- Ciptakan desain dan standar merek yang unik. Gunakan kombinasi warna yang sama, penempatan logo, tampilan standar menyeluruh.
- Jujur pada merek. Pelanggan tidak akan kembali jika Anda tidak memenuhi janji merek.
- Konsistensi. Jika Anda tidak dapat melakukan hal ini, upaya pengembangan merek akan gagal.
Pengiklan menjalankan promosi untuk menginformasikan konsumen tentang produk mereka dan untuk membujuk konsumen untuk melakukan pembelian. Ada banyak jenis promosi, seperti periklanan, penjualan pribadi, promosi, publisitas, dan pemasaran langsung. Beberapa jenis promosi ini merupakan bagian integral dari pemasaran itu sendiri, jadi tanpa pemasaran tidak akan berhasil sama sekali. Beberapa jenis promosi ini disebut campuran iklan. Bauran promosi merupakan bagian dari bauran pemasaran dalam ilmu manajemen pemasaran.
Sejauh mana penawaran promosi memengaruhi penjualan? Seperti semua strategi pemasaran lainnya, periklanan, selain perilaku konsumen yang sebenarnya, memengaruhi reaksi emosional dan persepsi konsumen terhadap lingkungan. Hal ini dilihat oleh konsumen sebagai aspek sosial dan fisik. Sistaningrum (2002) menjelaskan bahwa tujuan periklanan ada empat hal. Memperkenalkan, membujuk, mengubah dan membentuk perilaku, serta mengingat produk atau perusahaan yang bersangkutan..
Idealnya, manajer pemasaran dapat mngembangkan suatu strategi pemasaran yang koheren yang mengintegrasikan beberapa jenis promosi menjadi satu bauran pemasaran (Promotion Mix) yang efektif yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.
Strategi Terbaik untuk Melakukan Promosi Penjualan
Untuk secara efektif menangkap minat (dan bisnis) pelanggan Anda, strategi promosi penjualan Anda harus menyertakan lima elemen penting berikut:
-
Pilih Pemirsa yang Tepat
Kesulitan dari setiap kampanye pemasaran adalah menemukan orang yang pada akhirnya akan menjadi pelanggan setia.
Banyak pemasar percaya bahwa jika Anda membangun jaringan yang cukup besar, Anda hanya dapat menemukan persentase dari orang-orang ini. Jika mereka menjangkau cukup banyak prospek, beberapa dari mereka pada akhirnya akan berhasil melewati saluran penjualan dan menjadi pelanggan yang membayar. Sebagian kecil dari pelanggan ini menjadi pelanggan setia.
-
Tetapkan tujuan yang terukur
Tidak dapat disangkal pentingnya menetapkan tujuan, tetapi ada kekuatan untuk menuliskannya. Satu studi menunjukkan bahwa orang yang menuliskan tujuan mereka 33% lebih mungkin untuk mencapainya. Namun, saat merancang kampanye penjualan, Anda harus lebih spesifik daripada “meningkatkan penjualan”.
-
Membatasi ketersediaan
Psikolog perilaku telah menemukan bahwa orang cenderung memberi nilai lebih pada apa yang mereka anggap langka. Dalam sebuah studi klasik tahun 1975, para peneliti meminta peserta untuk menetapkan nilai yang dirasakan untuk kue-kue identik dalam dua toples yang identik. Studi ini tidak menemukan perbedaan yang jelas antara cookie dan stoples, tetapi peserta mendapat skor lebih tinggi untuk stoples yang berisi dua cookie.Pemicu psikologis tersedia. Promosi seperti Hadiah Pembeli mungkin tampak seperti insentif yang menarik untuk mendorong penjualan, tetapi banyak pelanggan tidak akan tertarik kecuali waktu atau kuantitasnya terbatas.
-
Beriklan secara luas dan bijaksana
Iklan Anda merupakan upaya untuk menarik perhatian pelanggan terhadap produk atau layanan perusahaan Anda. Papan nama di dalam toko, informasi situs web perusahaan, posting blog, posting media sosial, kampanye pemasaran email, artikel buletin elektronik, rilis media, brosur, iklan cetak dan online semuanya efektif dalam menghasilkan arahan melalui metode promosi. Memberitahukan . Jika tidak, Anda mungkin menghabiskan lebih banyak uang untuk iklan daripada yang Anda dapatkan dari penjualan. Untuk alasan ini, paling menguntungkan untuk fokus pada strategi promosi yang telah terbukti menguntungkan.
-
Memberikan nilai tambah yang nyata
Pada akhirnya, pelanggan hanya peduli pada satu hal tentang perusahaan Anda: nilai tambah. Tanyakan pada diri Anda sendiri jenis penawaran apa yang menurut calon pelanggan paling menarik dan tentukan apakah mereka mampu membelinya. Jika itu tidak memungkinkan, kurangi sampai Anda menemukan kompromi yang sesuai dengan audiens Anda sambil menjaga bisnis Anda tetap hemat biaya..
Rencana promosi adalah salah satu hal yang perlu dilakukan bisnis untuk menghasilkan keuntungan yang diinginkan. Penjualan adalah urat nadi bisnis apa pun, tanpa penjualan bisnis tidak akan menguntungkan dan pada akhirnya akan gagal.
Juga, pastikan untuk mencatat semua penjualan dan pengeluaran yang terjadi dalam bisnis Anda melalui sistem akuntansi yang baik dan mudah digunakan. Hindari akuntansi manual karena memakan waktu, rawan kesalahan dan dapat mencegah perusahaan Anda menerima data yang valid..