5 Kesalahan Online Marketing

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Beberapa waktu terkini makin banyak teknologi yang berkembang. Teknologi yang semakin maju tersebut diikuti pula dengan bisnis yang bervariasi. Dari mulai meriset, memproduksi produk, dan menyediakan jasa hingga pemasaran yang dilakukan oleh teknologi. Tahap pemasaran ini atau nama lainnya online marketing merupakan hal krusial dalam proses bisnis tersebut. Online marketing secara harfiah merupakan strategi dalam pemasaran yang menggunakan internet. Namun, saat menjalankan online marketing yang namanya manusia tidak luput dari kesalahan, maka sebagai marketers dan pebisnis harus memahami online marketing bisa berjalan dengan baik dan sukses. Jadi, untuk menghindari kesalahan tersebut, simak beberapa kesalahan online marketing yang terjadi untuk mengantisipasi kalian pada situasi tersebut:

Tidak Memahami Audiens yang Dijangkau

Kesalahan yang sering ditemui berupa belum bisa mengerti target mana yang akan kalian jangkau. Hampir semua perusahaan selalu mencoba menargetkan semua target untuk dijangkau dan hal itu pastinya terlalu luas. Namun, hasilnya pasti tidak sesuai dengan yang diharapkan karena produk atau jasa tidak selalu cocok pada semua orang. Maka dari itu, hendaknya tim research dan development bisa mempelajari taget pasar dan memahami target audiens yang sesuai dengan produk atau layanan kamu. 

Menghindari Media Sosial

Kalian mungkin berpikir bisa sukses dengan tidak menggunakan media sosial. Padahal hal tersebut adalah cara penting untuk sekarang dalam menarik prospek pelanggan baru. Menyebarkan konten kalian dan menjangkau audiens serta terlibat dengan pengguna akan membantu kalian mempromosikan bisnis yang dimiliki secara online, tetapi jangan mencoba melakukan semuanya sendiri karena kalian harus mempelajari mengapa kalian membutuhkan  media sosial.

Tidak Memberi Diskon atau Promo. 

Kalin bisa memberi hadiah kepada pelanggan kalian dengan memberi diskon dan promo. Menawarkan diskon akan meningkatkan orang-orang yang datang ke toko dan halaman web Iklankan penjualan. Di samping itu, kalian bisa menyediakan kupon untuk memberi diskon atau promo sebagai alternatif lain. Selain itu, diskon adalah cara yang bagus bagi kalian untuk mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan kalian saat ini. Di sisi lain, jika kalian tidak memberi diskon atau promo bisa membuat pelanggan menarik diri alias tidak membeli produk atau memakai jasa kalian.

Melupakan Penggunaan SEO

Optimisasi mesin pencari (SEO) adalah bagaimana pelanggan kalian menemukan mengenai bisnis  di mesin pencari. Salah satu kesalahan pemasaran terbesar yang dilakukan perusahaan adalah mengabaikan penggunaan SEO. Jika kalian belum memasukkan SEO ke dalam strategi pemasaran secara online, maka orang – orang  tidak akan menemukan situs web kalian di hasil pencarian, sehingga  tidak akan menjangkau prospek baru. Akibatnya, kalian kehilangan salah satu jalan yang berharga dari pesaing. Beberapa perusahaan yang baru menggunakan SEO tidak mengembangkannya secara maksimal karena SEO membutuhkan waktu untuk berkembang, jadi kalian harus tetap bersabar.Selain itu, kesalahan dalam pemasaran online terbesar yang dilakukan bisnis dengan SEO adalah tidak memberikan cukup waktu untuk mulai menunjukkan hasil. SEO membutuhkan kesabaran. Sebagai imbalannya, promosi produk atau jasa kalian akan tumbuh dari waktu ke waktu. 

Desain Website Kurang Menarik 

Kemudian kesalahan saat menerapkan online marketing ini yaitu pada tampilan wesbite yang kurang menarik untuk pelanggan agar betah dalam menggunakan website tersebut. Selain itu, fitur-fitur yang mudah digunakan juga turut andil agar pelanggan puas dalam menggunakan tempat kalian untuk berjualan. Jika kamu tidak membenahi website kamu dengan hal yang berkembang secara terus-menerus, maka kemungkinan besar juga akan kehilangan banyak pelanggan.

 

Semoga kalian bisa memahami pentingnya mengetahui kesalahan online marketing untuk menjalankan bisnis yang kalian miliki. Jika, kalian ingin mengetahui persoalan digital marketing ini bisa mengunjungi DIGIMA