Kelebihan Dan Kekurangan Facebook Ads Untuk Bisnis

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Kelebihan dan Kekurangan Facebook Ads – seperti yang sudah kita ketahui, branding adalah salah satu langkah awal untuk berbisnis. Jika kita tidak mempromosikan barang atau jasa yang kita tawarkan. Barang atau jasa kita sulit dikenal oleh masyarakat luas. Untuk aktivitas branding ini seiring perkembangan zaman kita semakin mudah untuk menawarkan produk yang kita sediakan. Kita bisa branding dengan memilih alternatif yang cukup efisien melalui media online.

Sebelumnya ada dua lahan branding yang bisa dipilih oleh kita pelaku bisnis dunia maya, yaitu Facebook dan Google Adwords. Keduanya merupakan perusahaan besar yang menyediakan beriklan secara efisien. Beriklan lewat Facebook dapat menjadikan cara yang brilian untuk produk anda lebih dikenal di luar sana untuk orang yang berminat melihatnya.

Facebook adalah media sosial yang paling terkenal di dunia dan jumlah pengguna yang sangat banyak, maka dari itu peluang yang bisa kita dapatkan dengan mengiklankan produk kita di Facebook. Beriklan di Facebook memberikan kita opsi pembayaran, yaitu membayar per klik ( pay per click ) dan membayar sesuai dengan masa tayang.

Namun apakah beriklan di Facebook adalah pilihan yang tepat? Maka dari itu sekarang kita akan membahas kelebihan dan kekurangan beriklan di Facebook.

Kelebihan Facebook Ads Untuk Promosi Bisnis

  • Dapat membuat sendiri target pemasaran

Pastikan anda memilih demografis luas, dengan menyesuaikan iklan disetiap segmen dengan strategi memilih gambar yang berbeda & kategori untuk pengguna tua atau muda, misalnya, atau untuk laki – laki atau perempuan. Jika anda memiliki target pasar yang lebih kecil, anda juga dapat memfokuskan upaya anda dalam segmen tertentu dari pengguna Facebook.

  • Pemasaran yang berfokus dan terarah

Seperti yang kita bahas di atas kita bisa memilih target pemasaran yang kita mau. Dengan adanya hal seperti ini branding menjadikan hal yang efektif dan efisien. Karena kita bisa mempromosikan barang yang kita sesuaikan dengan keinginan kita, misalnya kita memiliki usaha di Jakarta, kita bisa menargetkan iklan dengan orang yang tinggal di daerah Jakarta atau sekitarnya.

  • Gambar dapat dicanrumkan

Jika isi iklan tersebut hanyalah tulisan tanpa gambar, iklan tersebut menjadikan terlihat membosankan. Nah di Facebook ini kita bisa mencantumkan gambar yang kreatif untuk mendukung produk anda. Asalkan gambar tersebut sesuai dengan apa yang anda tawarkan dan tidak menyalahi aturan.

  • Pesan berantai

Jika ada satu orang yang menge klik like iklan anda, iklan itu akan muncul di halaman beranda ajun orang tersebut, dan iklan tersebut bisa muncul di feed berita Facebook teman – teman anda. Jadikan iklan kita semakin banyak dilihat masyarakat luas.

  • Dapat melihat jangkauan potensial

Ketika anda sedang merancang iklan, Facebook memungkinkan anda tahu berapa banyak orang yang cenderung melihat itu. Ini bagus untuk mengetahui penargetan apa yang layak dan apa yang tidak. Maka dari itu memudahkan anda untuk mengkira – kira calon konsumen anda.

Kekurangan Facebook Ads Untuk Promosi Bisnis

1.Iklan tidak relevan

Beberapa iklan ada yang tidak di target kan sama sekali. Itu dapat membuat anda terganggu dan merugikan anda, karena tidak sesuai dengan target pasar anda.

2.Sulit untuk mendapat perhatian dari orang – orang

Ketahuilah bahwa kebanyakan orang sibuk dengan urusannya masing – masing di Facebook dan tidak memperhatikan iklan yang ada di Facebook mereka.

3.Klik dan tingkat konversi yang rendah

Jika anda telah memakai Google AdWord untuk melakukan promosi, anda harus melihat risiko klik tayangan sebesar 2% pada iklan anda tersebut.

4.Banyak gangguan

Gangguan yang dimaksudkan disini adalah masalah yang timbul dari ketidak teraturan iklan. Anda banyak sekali ynag muncul dengan kategosi yang campur aduk.

Seperti itulah kelebihan dan kekurangan beriklan di Facebook, apakah anda berminat mengiklankan produk anda di Facebook atau anda sudah memulai mengiklankan produk anda di Facebook, semoga artikel diatas yang membahas tentang 9 Kelebihan Dan Kekurangan Facebook Ads Untuk Promosi Bisnis. Semoga dapat membantu bisnis anda.