Media promosi merupakan sarana penyampaian informasi atau pesan tentang produk yang ditawarkan kepada masyarakat. Saat ini banyak sekali media iklan yang bisa digunakan untuk mengiklankan produk Anda.
Promosi yang dilakukan tidak boleh sembarangan, karena kegagalan dalam melakukan promosi dapat mengakibatkan hilangnya kepercayaan konsumen, atau bahkan hilangnya kepercayaan terhadap produk dan layanan yang ditawarkan.
Periklanan dapat dilakukan melalui berbagai media. Selain itu, saat ini sudah ada teknologi canggih yang dapat digunakan sebagai alat promosi untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat dan menjangkau pasar yang lebih luas di luar negeri.
Apa tujuan media promosi?
Dari pengertian media promosi di atas, dapat kita simpulkan antara lain bahwa tujuan promosi di media promosi adalah:
- Memberikan informasi yang akurat tentang produk atau jasa yang dijual di pasar.
- Tingkatkan penjualan sehingga ROI (Return on Investment) perusahaan Anda meningkat.
- Pikat pelanggan baru dan ubah mereka menjadi pelanggan setia produk dan layanan yang dijual perusahaan Anda.
- Meningkatkan brand awareness di mata konsumen.
- Promosikan produk Anda agar dapat bersaing dengan produk lain yang ada di pasaran.
- Menjaga stabilitas penjualan produk atau jasa Anda.
Macam-macam media promosi
Promosi tentu saja dapat dilakukan melalui berbagai media. Kini, Anda sudah dapat memanfaatkan media promosi yang canggih dan hasilnya lebih cepat dan menjangkau market secara luas.
Nah, inilah macam-macam media promosi yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan bisnis Anda.
- Media Internet
Media promosi terkini/terbaru yang tersedia adalah Internet. Untuk promosi di media tersebut, Anda bisa menggunakan website Anda, atau menggunakan media sosial seperti WA, BBM, Facebook, dan Instagram.
Untuk melakukan ini, cukup posting foto produk yang ingin Anda jual di situs web Anda atau media sosial lainnya. Cara berpromosi menggunakan media internet sangat sederhana dan tidak membutuhkan biaya yang mahal.
- Brosur
Sarana promosi yang pertama adalah brosur. Brosur dicetak dalam volume tinggi dan kualitas tinggi. Selain itu, Anda juga dapat menerbitkan brosur berkala pada acara-acara tertentu jika diperlukan.
Misalnya, jika Anda mengadakan acara tertentu, alat promosi paling praktis untuk menarik orang adalah dengan brosur. Brosur yang terdiri dari satu halaman atau lembaran bolak-balik yang dilipat biasanya disebut leaflet.
- Poster
Poster adalah salah satu alat periklanan yang paling umum digunakan dan sering terlihat di tempat-tempat umum yang strategis. Poster yang relatif besar dapat menarik perhatian pembaca dan mengarah ke pesan merek Anda. Untuk mendapatkan lebih banyak view, poster Anda harus didesain semenarik mungkin.
- Banner
Banner biasanya dicetak dalam format besar dan ditempatkan di lokasi yang menonjol. Ada berbagai macam bentuk dan teknik pemasangan banner. Untuk memudahkan pergerakan atau dipindahkan, banner biasanya dipasang dalam bingkai berbentuk X dan disebut X-banner.
- Televisi
Televisi adalah media pemasaran yang paling populer. Media promosi ini dapat menampung banyak iklan. Namun, biaya iklan TV juga sangat tinggi karena membutuhkan waktu untuk promosi di TV. Selain itu, iklan memiliki durasi maksimum hanya 1 menit, karena harus bergantian dengan iklan lain.
- Merchandise
Selain media promosi yang disebutkan di atas, masih banyak media lain untuk menjual produk. Kreativitas dan akurasi dalam segmentasi pasar adalah kuncinya. Di bawah ini adalah berbagai barang promosi yang juga biasa digunakan sebagai merchandise seperti berikut ini:
Calender, mug, topi, gantungan kunci, mousepad / tatakan mouse, buku / noter/ agenda, bolpoin, paying, goody bag, tote bag, bantal, flash disk USB, t-shirt, magnet kulkas, botol minum, gelang / kalung dll, dan stiker.
- Koran/majalah
Terakhir, ada media promosi adalah koran dan majalah. Keduanya merupakan media cetak yang sangat informatif yang ingin dibaca konsumen. Penempatan iklan di koran dapat berupa tulisan yang ditempatkan pada kolom khusus iklan. Namun, karena produk tidak terlihat oleh konsumen dan harga ditetapkan berdasarkan kata per kata, pengiriman menjadi tidak efisien dan mahal. Namun, Anda juga dapat beriklan dengan gambar dan menawarkan banyak warna. Tentu harganya akan lebih mahal.
Sementara , majalah menjadi lebih menarik dan tepat sasaran. Namun, biayanya sangat tinggi dan masih jauh dari jangkauan pengusaha dengan modal terbatas.
Jadi sudah tau media promosi mana yang ingin Anda pakai? Pastikan Anda menyukainya dan sesuai dengan budget yang Anda miliki, ya. Agar tidak terjadi pembengkakan dana dan tidak merugikan Anda sendiri. Terima kasih telah membaca dan mengunjungi artikel kami, semoga bermanfaat bagi Anda dan bisnis Anda.