7 jenis konten interaktif Instagram- Instagram bukan lagi sarana hiburan yang disesuaikan dengan kebutuhan individu. Banyak bisnis dan startup juga menghadirkan konten Instagram yang menarik dan interaktif sebagai bentuk personal branding untuk menarik perhatian calon pelanggan baru.
Ada banyak bisnis rumahan yang sedang tren saat ini. Salah satu yang bisa Anda lakukan di rumah adalah bisnis kuliner. Bisnis kuliner ini merupakan salah satu peluang bisnis yang tidak ada habisnya karena setiap orang membutuhkan makanan. Peluang untuk menjual makanan Anda dan menghasilkan keuntungan pasti sangat besar, terutama jika memasak adalah hobi Anda dan Anda sedang mencoba resep baru yang lezat. Jangan sia-siakan bakat Anda.
Jadi, untuk mendapatkan keunggulan kompetitif dan menonjol dari persaingan, tarik perhatian calon pelanggan dengan konten interaktif Instagram. Bangun interaksi pelanggan dengan membuat konten interaktif yang menarik. Anda nggak perlu khawatir kehabisan ide untuk membuat konten. Simak penjelasan berikut mengenai 7 Jenis Konten Interaktif Instagram dibawah ini!
7 Jenis Konten Interaktif Instagram Anti Membosankan
- Konten Instagram live
Konten interaktif paling efektif di Instagram adalah Instagram Live. Konten ini meningkatkan interaksi dengan calon pembeli, terutama saat disiarkan secara real time. Anda dapat memamerkan produk Anda, menjawab pertanyaan tentang produk yang Anda jual, mengundang orang atau influencer yang telah membeli atau menggunakan produk Anda, atau menyapa audiens Anda saat mempromosikan produk Anda yang ada.
- Konten giveaway
Konten interaktif kedua adalah giveaway. Konten ini juga sangat digemari banyak orang. Alasannya adalah pengikut bisa mendapatkan kembali produk atau uang yang mereka inginkan jika mereka melakukan sesuatu. Konten giveaway akan dengan mudah menarik banyak audiens. Kamu hanya perlu menetapkan syarat-syarat yang bisa membangun usahamu untuk lebih besar, misalnya dengan berkomentar, membagikan ulang postingan tersebut, atau like dan follow.
- Kuis Instagram
Jenis konten Instagram interaktif selanjutnya adalah konten kuis. Isi kuis ini juga bisa diminati banyak orang karena tidak butuh waktu lama untuk menjawabnya. Konten kuis ini dapat digunakan dalam bentuk cerita atau posting biasa. Misalnya, coba buat konten seunik mungkin, seperti menebak gambar produk yang Anda jual atau menjawab bahan-bahan produk.
Bila Anda memiliki dana lebih untuk konten ini, Anda bisa memberikan hadiah, misalnya saldo e-wallet untuk beberapa dua orang penjawab tercepat.
- Konten Q&A
Konten menarik selanjutnya adalah Q&A atau Question and Answer. Konten ini dapat dibuat menggunakan fitur yang ada di bagian Instagram Stories. Anda juga dapat mengubah Q&A ini dengan mengundang influencer untuk mengobrol dengan produk Anda.
Anda dapat mengunggah postingan terbaru dan mengirim pertanyaan dari pengikut Anda ke influencer yang Anda undang. Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan dijawab dalam sebuah video yang akan diupload keesokan harinya. Baik pertanyaan atau jawabannya pun tak harus selalu serius, lho! Justru konten yang lucu biasanya akan disukai banyak orang.
- Konten informatif seputar produk
Jenis konten interaktif yang tidak boleh dilewatkan di Instagram adalah konten tentang produk yang Anda jual. Konten ini adalah konten terpenting yang harus Anda unggah. Konten informatif ini bisa kamu balut dengan jenaka agar para audiens tidak bosan melihatnya.
Misalnya, jika Anda menjual produk penghilang jerawat, Anda dapat membuat konten yang menganggap bahwa jerawat itu seperti cinta untuk seseorang yang tidak mudah hilang tetapi meninggalkan bekas. Konten emosional ini juga sangat efektif untuk melibatkan audiens Anda dan mempersiapkan mereka untuk berinteraksi.
- Meme atau konten yang sedang tren
Media sosial adalah gudangnya tren terkini. Jangan biarkan penjualan media sosial Anda menjadi usang dan ditinggalkan oleh pelanggan Anda. Temukan tren terbaru yang bisa Anda kaitkan dengan produk yang Anda jual. Anda juga dapat menggunakan meme atau gambar dengan pesan lucu atau khusus. Konten seperti ini biasanya bisa mengundang balasan dari pengguna Instagram lain.
- Call to action (CTA)
Menggunakan Instagram untuk mendukung bisnis Anda identik dengan konten Call To Action (CTA). Anda harus mengunggah konten yang memuat informasi tentang produk dan layanan bisnis Anda, lalu mengundang pengguna Instagram untuk mengunjungi situs web Anda atau melakukan pemesanan secara langsung.
Salah satu cara termudah untuk membuat CTA adalah dengan meminta pengguna Instagram untuk mengklik link di bio Anda. Namun, jangan terlalu sering membuat konten CTA, agar pengguna Instagram tidak cepat bosan.
Pemanfaatan Instagram untuk promosi bisnis bukanlah hal rumit karena banyak sekali tips Instagram yang bisa kamu akses sesuai kebutuhan. Sebaliknya, masalah klasik yang masih terus menghalangi para pebisnis modern adalah ketersediaan modal.
Dengan demikian, itulah 7 jenis konten interaktif Instagram yang bisa Anda kembangkan untuk bisnis Anda! Buatlah konten semenarik mungkin agar lebih banyak orang yang berinteraksi di media sosial Anda.