5 Tips Mengoptimalkan Konten Pilar

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Content pilar atau konten pilar merupakan hal utama yang harus Anda kuasai dan tidak boleh dianggap remeh dalam bidang content management. Mengelola akun media sosial atau website pada bisnis pastinya membutuhkan perencanaan konten yang matang. Saat ini, konten uni merupakan pedoman yang dapat Anda gunakan untuk memastikan bahwa konten yang telah Anda buat sesuai dengan branding perusahaan Anda dan tentu saja kepada para audiens Anda. Simak pengertian dari konten pilar dan cara mengoptimalkan !

Pengertian konten pilar

Di saat Anda mengunjungi brand di salah satu media sosial dan akun influencer, Anda akan menemukan berbagai jenis konten yang saling mendukung. Konten yang dirancang dengan baik akan membantu konsumen dalam memahami isi kandungan promosi atau kampanye tertentu. Namun, konten pada media sosial yang tertata dengan baik juga akan terbentuk dari konten pilar yang kuat.

Konten pilar itu sendiri adalah tema yang ditetapkan berdasarkan strategi yang telah ditetapkan. Contoh sederhananya yaitu apabila Anda membuat kampanye kesadaran merek(brand awareness) selama periode tertentu, maka Anda bisa mengambil beberapa tema utama yang bisa meningkatkan kesadaran konsumen akan merek Anda. sehingga, Anda dapat menemukan jenis konten yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan loyalitas konsumen.

5 Manfaat konten pilar

Setelah Anda mengetahui dan memahami pengertian dari konten pilar, selanjutnya kita akan membahas mengenai manfaat dari mengoptimalkan konten pilar. Di bawah ini merupakan lima manfaat dalam mengoptimalkan konten pilar. Antara lain,

  • Konten akan Lebih Terstruktur

Alasan bahwa Konten Inti dianggap penting Ketika Anda kehilangan atau kehabisan ide untuk membuat konten baru, yaitu karena pada bagian konten inilah yang dapat membantu. Perencanaan konten juga diperkaya dengan materi konten yang akan menjadi topik selanjutnya.

  • Tergantung kebutuhan audiens

Tentu saja, isi kolom tidak hanya didasarkan pada merek apa yang ingin dibuat. Jangan sampai konten yang Anda buat tidak sesuai dengan apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh target pasar Anda. Karena fleksibilitasnya, Anda juga dapat menyesuaikan kolom konten jika kebutuhan dan tren minat konsumen mulai berubah.

  • Mengoptimasi SEO

Jika konten yang Anda buat adalah untuk situs web Anda, Anda perlu mengoptimalkan SEO Anda. SEO atau optimasi mesin pencari adalah upaya mengoptimalkan sebuah situs web untuk mendapatkan peringkat teratas atau pencarian teratas di mesin pencari agar merek Anda mendapat perhatian lebih dari audiens Anda

  • Merek Anda akan semakin kuat

 Seperti yang diketahui bahwa merek secara tidak langsung terkait dengan perilaku konsumen, diperlukan strategi yang tepat seperti halnya melakukan pendekatan dengan audiens sehingga bisa menjadikan mereka konsumen yang loyal.

  • Meningkatkan Konversi

Jenis konten yang dibangun di atas konten pilar tertentu dapat meningkatkan konversi. Apalagi jika didukung dengan CTA yang relevan dan menarik. Ketika konten pilar dilakukan dengan baik, strategi pemasaran konten Anda juga dapat direncanakan dan dijalankan dengan lebih efektif.

Itu saja 5 manfaat dari mengoptimalkan konten pilar. Nah, selanjutnya mari kita membahas mengenai 5 cara mengoptimalkan konten pilar.

5 cara mengoptimalkan konten pilar

  • Riset konsumen dan pangsa pasar

Langkah pertama adalah melakukan riset untuk menganalisis kebutuhan konsumen dan pangsa pasar (market research). Anda dapat membantu hal ini dengan kegiatan penelitian seperti menyebarkan survei dan melakukan wawancara untuk menjangkau prospek.

  • Gunakan Kata Kunci(keyword)

Saat membuat konten, pastikan untuk menyertakan kata kunci yang ingin Anda targetkan juga. Misalnya, jika Anda membuat konten tentang tempat wisata, Anda dapat menggunakan frasa kunci seperti “resor tersembunyi di Majalengka”. Dengan berfokus pada frase kunci, Anda benar-benar dapat menentukan peringkat kata kunci Anda di mesin pencari. Ini karena frase kunci mengandung kata kunci yang ingin Anda targetkan.

  • Audit Media Sosial

Audit media sosial merupakan kegiatan penting untuk mengevaluasi akun media sosial. Analisis jenis konten apa yang berfungsi dengan baik dan apa yang tidak. Mengetahui dengan tepat apa yang disukai audiens Anda sangat penting. Anda kemudian dapat langsung memasukkan hasilnya ke dalam kolom konten yang Anda buat.

  • Gunakan bahasa yang sederhana

Kualitas konten tidak hanya dipengaruhi oleh jenis konten, tetapi juga oleh metode penyampaian yang digunakan oleh konten. Tidak peduli seberapa bagus konten Anda, jika audiens Anda tidak dapat memahaminya, upaya Anda akan sia-sia. Hindari ini dengan menggunakan bahasa khusus kelompok sasaran.

  • Mengikuti Tren yang Berubah

Tidak hanya itu, mengikuti tren yang berubah tidak akan membuat Anda kalah bersaing dengan kompetitor yang ada. Konten pilar dapat menjadi fondasi yang kuat untuk membedakan merek Anda dari merek pesaing lainnya. Selain riset pasar dan riset tren industri, Anda juga harus melakukan riset pesaing. Karena melalui riset pesaing, Anda secara otomatis dapat mempelajari kelemahan dan kekuatan pesaing Anda, yang dapat Anda gunakan sebagai masukan untuk merek Anda.

Konten pilar dan strategi pemasaran konten adalah bagian penting dalam membangun kesadaran merek(brand awareness). Ini adalah suatu pernyataan yang dapat Anda gunakan sebagai referensi untuk strategi pemasaran digital branding Anda. Harapan kami, artikel ini memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang pengertian konten pilar dan 5 cara mengoptimalkannya melalui konten Anda di berbagai media sosial. Anda juga bisa mengunjungi akun media sosial agar untuk mengetahui informasi lebih lanjut.