7 Cara Menulis Deskripsi Produk Yang Menarik

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Deskripsi produk adalah informasi yang menjelaskan produk anda, baik berupa spesifikasi produk, kelebihan, cara penggunaan dan lain sebagainya. Bagi penjual, deskripsi produk bermanfaat untuk dapat memperkenalkan produk anda secara spesifik. Lalu dari pihak calon pembeli, deskripsi produk akan memudahkan anda dalam mempertimbangkan apakah produk anda benar – anda sesuai dengan kebutuhannya atau tidak.

Nah, inilah 7 cara menulis produk deskripsi yang tepat:

1.Kenali Sasaran Konsumen Anda

Hal utama yang perlu anda lakukan sebelum menulis deskripsi produk adalah mengenali siapa target konsumen anda. cara ini bisa diawali dengan memahami persona pembeli, alias mencari tahu bagaimana karakter calon konsumen anda. mulai dari minat mereka, apa yang mereka butuhkan, seberapa sering konsumen anda mengunjungi website atau media sosial anda, dan lainnya.

2.Fokus pada Manfaat Produk

Setelah mengenal siapa target konsumen anda, selanjutnya anda bisa fokus pada manfaat produk. Sayangnya, banyak penjual yang tertekan pada penjelasan kelengkapan ketimbang manfaat. Padahal, manfaat dan kelengkapan produk adalah dua hal yang berbeda. Konsumen sendiri sering tidak memperhatikan soal kelengkapan. Mereka hanya peduli pada manfaat yang bisa mereka dapatkan dari produk tersebut.

3.Berikan Sentuhan Emosional

Deskripsi produk yang menarik biasanya tidak hanya sekedar berisi tentang spesifikasi, kelengkapan dan manfaat saja. Namun anda juga bisa memberikan sedikit sentuhan emosional untuk menjadikannya lebih berkesan. Ada banyak cara untuk anda bisa memberikan pesan yang menyentuh pada saat menulis deskripsi. Salah satunya adalah dengan bercerita.

4.Gunakan Bahasa yang Natural

Ketika teks deskripsi produk anda dibaca, apakah intonasinya sudah terdengar friendly? Atau malah terkesan kaku seperti robot? Jika masing demikian, coba ubah kembali tone dan penggunaan kosa kata tulisan anda. sama halnya dengan sentuhan emosional tadi, tata bahasa dan tone tulisan yang percakapan akan memudahkan brand anda terhubung dengan konsumen.

5.Gunakan Kosakata yang Lebih Variatif

Saat menulis deskripsi produk, memang anda disarankan untuk menggunakan kosa kata yang paling mudah dipahami. Tetapi, jangan sampai hal ini justru membuat anda menjadikan monoton untuk memilih kosakata yang itu – itu saja. Dibanding menggunakan kalimat umum seperti “dapat mencerahkan area bawah mata”, mereka pun menggantinya dengan kalimat berupa “bikin mata dan area kulit di sekitarnya terlebih maksimal dan glowing”. Dengan begitu, produk anda akan terlihat lebih atraktif di mata konsumen.

6.Pastikan Teks Mudah di Skimming

Tahukah anda kalau pengunjung hanya membaca sekitar 16 persen apa yang ada di halaman website? Setelah masuk, mereka biasanya hanya membaca sekilas tulisan dan membaca informasi yang dibutuhkan saja. Itu sebabnya, anda perlu membuat teks deskripsi seefektif mungkin.

Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan agar teks deskripsi anda mudah di skimming, yaitu:

  1. Gunakan ukuran font yang berbeda antara judul dan deskripsi.

Pilih ukuran font lebih besar untuk judul dan font lebih kecil untuk isi paragraf.

  1. Buat sering kali paragraf mungkin.

Tulis paragraf yang singkat dan berikan ruang atau spasi antara paragraf satu dengan yang lainnya.

  1. Gunakan poin – poin atau penomoran.

Sebutkan spesifikasi/fitur dalam bentuk bullet point untuk menperjelas deskripsi antar poinnya.

Kurang lebih, seperti inilah salah satu contoh deskripsi produk yang sesuai dengan poin – poin di atas. Demikian artikel diatas membahas tentang 7 cara menulis deskripsi produk yang menarik. Semoga bermanfaat.