Tahukah anda seberapa penting tips deskripsi produk untuk meningkatkan penjualan? Era digital memudahkan semua orang dalam memenuhi keinginannya. Contohnya belajar dari rumah lewat website atau marketplace. Budaya belanja online ini semakin digemari banyak kalangan berkat kepraktisannya. Sebagai pelaku usaha, anda bisa memasarkan produk anda dengan cepat lewat penulisan deskripsi produk tak bisa dianggap remeh. Pasalnya banyak pembeli membaca deskripsi setelah melihat gambar produk. untuk itu, penting bagi anda untuk menyematkan deskripsi produk yang menarik dan jelas agar pembeli semakin yakin.
Cara Menulis Deskripsi Produk
Dalam menulis deskripsi produk terdapat beberapa tips yang bisa anda terapkan agar bisa mendulang keuntungan. Di antaranya sebagai berikut.
1.Kenali Target Audiens
Sebelum menulis soal deskripsi produk, anda perlu mengenali target audiens yang ingin dicapai seperti apa. Anda bisa mendeteksinya lewat produk yang dijual cocoknya pada kalangan seperti apa, jenis kelaminnya apa, minatnya pada bidang apa, seperti persebaran lokasi, dan umur. Contohnya saat anda menjual produk sepatu yang banyak digemari anak muda, tentu kalimat yang dipakai lebih santai ketimbang produk peralatan dapur yang biasa digemari ibu – ibu.
2.Beberkan Kelebihan dan Manfaat Produk
Setelah mengenali audiens, hal pokok dalam deskripsi produk adalah menjelaskan soal kelebihan dan manfaat produk. sebagai pembeli tentu kualitas yang dimiliki suatu produk merupakan daya tarik utama dalam memilih barang yang akan dibeli. Ketika berjualan, seharusnya mengetahui apa kelebihan produk yang dijual. Begitu pula dengan pembeli. Ketika ingin melakukan pembelian secara online, kebanyakan dari pembeli sudah melakukan riset kecil kecilan. Mereka membandingkan produk – produk di beberapa toko online.
3.Informasi yang Jelas dan Detail
Kerap kali dalam mencantumkan deskripsi produk, penjual menulisnya dalam paragraf panjang, tidak beraturan, dan kurang detail. Sebaiknya anda menuliskan deskripsi menggunakan poin – poin dengan bullet untuk memudahkan anda untuk membuatnya menjadikan lebih ringkas. Karena berdasarkan fakta, mata manusia cenderung untuk menghindari bacaan dengan jumlah kalimat yang terlalu padat. Oleh karena itu hindari menulis deskripsi produk dalam paragraf yang bersusun – susun.
4.Gunakan Kalimat yang Menarik
Saat membaca sebuah deskripsi, seberapa sering anda menemukan kalimat yang sama pada toko yang berbeda? Kebiasaan orang menyampaikan deskripsi produk yang biasa saja bakal berpengaruh kepada pembeli. Untuk itu penting bagi anda menggunakan kalimat yang menarik dan atraktif. Anda bisa menggunakan sebuah kalimat yang tidak itu – itu saja dan menyelipkan sebuah kalimat ajakan yang tidak biasa.
5.Sematkan Sentuhan Emosional
Untuk urusan ini anda bisa melakukannya dengan kalimat story telling mengajak pembeli untuk merasakan kalimat per kalimat secara mendalam. Saat pembeli tersentuh, pembeli akan merasa ada keterkaitan emosi antara dirinya dengan produk terkait, sentuhannya emosional pun bisa anda sematkan pada produk lokal yang dihasilkan dari tangan putra – putri daerah.
6.Sertakan Keyword yang Sesuai dengan Judul Produk
Dalam menulis deskripsi produk, ada baiknya anda tentukan terlebih dahulu keyword apa yang ingin kita gunakan untuk produk tersebut. Tujuannya adalah ketika pembeli di luar sana mengetik keyword tersebut pada mesin pencari Google, laman toko online anda menempati urutan teratas pada halaman pertama Google.
7.Foto Produk dengan Background Polos dan Senada
Mungkin anda berpikir bahwa foto produk yang bagus adalah yang memiliki background beraneka warna dan difoto menggunakan kamera super canggih yang bisa menghasilkan background dengan efek blue yang sangat cantik.
8.Buat Semuanya Menjadi Simple
Perlu diketahui bahwa yang anda tulis adalah deskripsi produk bukan sebuah artikel. Jadi, jangan membuat pembeli bosan dengan jumlah tulisan yang panjang lebar. Mereka cenderung untuk tidak membaca deskripsi produk jika deskripsi yang anda buat terlalu panjang. Dalam waktu 10 detik mereka hanya akan melihat judul dan gambar produk kemudian pergi meninggalkan halaman tersebut.
Nah, di artikel ini kami sudah membagikan kepada Anda 8 tips deskripsi produk yang menarik. menjelaskan manfaat produk, menciptakan kesan yang emosional. Semoga bermanfaat.