5 Tips Memilih Platform Email Blast

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Popularitas pemasaran digital tumbuh setiap tahun. Perkembangan teknologi dan perkembangan internet sangat penting untuk mengubah gaya hidup masyarakat. Orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu di dunia maya akhir-akhir ini. Maka tak heran jika digital marketing kini menjadi suatu keharusan, apalagi jika Anda memiliki bisnis.

Karena itu, Anda perlu menyelesaikan rencana Anda sebelum memulai pemasaran email. Tetapkan tujuan, buat teks yang menarik untuk menentukan desain yang sesuai. Selain itu, Anda juga perlu memilih platform email blast yang tepat untuk mengimplementasikan rencana yang dibuat. Nah, Anda bisa menyimak 6 tips untuk memilih platform email blast terbaik untuk email marketing di bawah ini .

Pengertian email blast

Email blast adalah strategi untuk mengirim satu email ke sekelompok orang sekaligus. Strategi ini biasanya digunakan ketika seseorang perlu mengirim pesan yang sama ke banyak penerima. Tentunya membutuhkan banyak waktu untuk mengirimkannya satu per satu, maka Email Blast adalah jawaban untuk mempermudah kebutuhan tersebut.

Sebelum menggunakan fitur email blast, para pemasar biasanya mengumpulkan data email pelanggan sebagai target email marketing. Biasanya email tersebut berisi penawaran produk, kupon diskon, informasi keanggotaan, daftar rutin, ajakan membaca artikel blog, dll. Apakah Anda sering menerima email ini? Jika Anda sering menerima email marketing dari sebuah institusi atau perusahaan, ini tandanya email Anda sudah terdaftar di database pelanggan mereka.

6 Tips memilih platform email blast

  1. Tentukan tujuan perusahaan

Dengan menentukan tujuan organisasi Anda sebelum meluncurkan email blast, Anda pasti akan menghemat biaya, tenaga, dan sumber daya. Pertama, Anda perlu menentukan tujuan apa yang ingin dicapai perusahaan. Buatlah rincian tujuan dan gagasan serta rencana perusahaan yang akan dilaksanakan. Semakin jelas tujuannya, semakin baik, karena dari sini Anda dapat membuat tolok ukur khusus untuk fitur yang paling dibutuhkan. Oleh karena itu, jika Anda membandingkan satu platform email blast dan lebih memilih yang lain, perbandingan Anda akan lebih terarah dan tidak terpancing untuk membeli layanan yang tidak perlu.

  1. Pilih aplikasi Email Blast yang diinginkan

Untuk mengirim email, Anda harus menentukan aplikasi mana yang Anda gunakan. Aplikasi email blast khusus menawarkan fitur lengkap dan diperlukan untuk mengirim email dalam jumlah besar sekaligus. Menggunakan aplikasi yang tepat akan membuat pekerjaan Anda lebih mudah.

  1. Pilih layanan gratis atau berbayar

Ada penyedia email gratis dan ada juga yang berbayar. Seperti halnya platform lain, akses ke layanan gratis sangat terbatas dibandingkan dengan layanan berbayar. Sebagai perbandingan, MailToGo milik Qwords.com adalah salah satu layanan pemasaran email berbayar yang bisa Anda coba.

Dengan biaya berlangganan yang relatif terjangkau, Anda mendapatkan akses ke penyimpanan kontak tanpa batas, template pemasaran email, formulir berlangganan, otomatisasi email, statistik, dan kuota untuk 2.000 hingga 50.000 email per bulan. Sangat menarik, bukan?

  1. Template Email

Ketersediaan template email juga harus dipertimbangkan saat memilih platform email blast. Dengan berbagai template email, Anda dapat membuat email lebih menarik dan tidak membosankan.

  1. Pelayanan pelanggan

Pastikan juga bahwa platform penyedia layanan tersebut memiliki dukungan pelanggan agar Anda tidak bingung harus menghubungi siapa jika Anda memiliki masalah atau pertanyaan lain di kemudian hari. Masalah diselesaikan dengan cepat berkat dukungan pelanggan ini.

Sentuh hati pelanggan dengan mengirimkan email pemasaran yang tepat. Gunakan teknik penyalinan yang sesuai dan soroti dengan ajakan bertindak yang tepat sehingga upaya pemasaran Anda beresonansi lebih baik dengan pelanggan. Dengan cara ini, pelanggan tidak akan ragu untuk mengambil tindakan yang Anda inginkan, dan persentase keuntungan bisnis akan meningkat.