7 Cara Meningkatkan SEO Bagi E-Commerce

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Salah satu kesulitan terbesar dalam berjualan online adalah berhadapan dengan perusahaan besar(kompetitor). Namun, toko online yang Anda buat dengan strategi e-commerse seo tetap bisa bersaing dengan baik. Apabila Anda memiliki bisnis online, dapat dikatakan bahwa lalu lintas situs web(traffic organik website) merupakan salah satu faktor yang terpenting. Ini merupakan bagian dari potensi besar dalam meningkatkan SEO penjualan secara online.

Masalahnya, apabila situs web e-commerse Anda tidak memperoleh peringkat pada search engine, peluang Anda dalam mendapatkan pelanggan sangat kecil dan Anda juga tidak akan memperoleh penjualan sebanyak yang Anda harapkan.

Solusi yang tepat dalam masalah ini ialah dengan menerapkan beberapa metode optimasi seo terbaik pada bisnis online Anda. Dalam hal strategi peningkatan seo untuk e-commerse, penjelasan ini akan memastikan bahwa situs web e-commerse Anda mempunyai kesempatan dalam menentukan peringkat dan meningkatkan traffic website yang berasal dari search engine. Simak penjelasan di bawah ini!

Pengertian seo e-commerse

Hampir identik dengan pengoptimalan mesin pencari umumnya, e-commerse seo mengacu pada proses pengoptimalan situs web dalam memenuhi pedoman mesin pencari utama(google, yahoo, dan bing). Akibatnya, situs web tersebut muncul lebih sering dan mempunyai peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian. Walaupun terdengar cukup menyulitkan, sebenarnya seo tidak serumit itu. Selama Anda mengetahui apa yang harus Anda perbuat. Faktanya, banyak webmaster dan pemilik toko online yang telah menerapkan strategi terbaik untuk seo. Juga untuk situs e-commerse selama jangka waktu yang cukup lama. Disadari atau tidak, itu memperoleh hasil yang benar-benar luar biasa.

7 cara meningkatkan seo bagi e-commerse

Di bawah ini merupakan penjelasan dari 7 cara meningkatkan seo bagi e-commerse yang bisa Anda jadikan panduan dalam meningkatkan seo pada bisnis online Anda, antara lain,

Cara meningkatkan SEO yang pertama yaitu Selalu memperbarui konten

Anda mungkin mengetahui bahwa algoritma mesin pencari terus menerus mengalami perubahan dengan menempatkan informasi yang penting di bagian atas hasil pencarian. Sehingga konten Anda muncul di bagian atas hasil pencarian dengan kata kunci yang telah Anda targetkan. Percuma saja apabila Anda mengunggah konten yang bagus tetapi audiens target Anda tidak dapat menemukan dan mengonsumsinya, bukan?

Konten Anda tidak akan dikonversi apabila prospek Anda tidak dapat menemukannya. Hal inilah yang menyebabkan alasan Anda membutuhkan seo dalam menampilkan situs web Anda dalam pencarian organik. Konten blog yang SEO friendly lebih mudah ditemukan oleh target audiens karena mesin pencari menyukai konten yang SEO friendly. Konten SEO  ini bisa mendapat peringkat lebih tinggi dalam hasil mesin pencari. Oleh karena itu, selalu mengupdate konten blog Anda sangatlah penting, apalagi jika itu SEO friendly.

Cara kedua yaitu melakukan Riset Kompetitif

Selanjutnya, untuk meningkatkan adalah dengan melakukan penelitian kompetitif. Cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa situs seperti Ahrefs. Dengan bantuan situs web ini, Anda dapat mengetahui kata kunci mana yang berasal dari toko online tertentu. Masukkan setidaknya 10 situs jual beli yang mempunyai peringkat teratas dalam pencarian Anda. Jika Anda pergi ke situs tersebut, Anda dapat mengetahui kata kunci apa yang telah ditingkatkan untuk situs tersebut. Dari situ Anda bisa mengetahui strategi apa yang digunakan untuk bersaing.

Cara ketiga yaitu menambahkan kata kunci yang tepat

Dalam e-commerce, Anda benar-benar membutuhkan kata kunci yang tepat untuk menjangkau audiens target Anda. Bukan asal kata kunci, tapi kata kunci yang berhubungan dengan pencarian audiens target Anda. Karena itu, Anda perlu melakukan riset kata kunci untuk menemukan kata kunci yang ditargetkan.

Berbagai alat gratis dan berbayar yang dapat Anda pakai untuk penelitian kata kunci. Alat yang biasa digunakan untuk menemukan kata kunci atau keyword yang relevan adalah Google Keyword Planner, Keywordtool.id, Google Trend dan banyak lainnya. Alat ini memungkinkan Anda menemukan kata kunci dengan volume pencarian, jadi Anda tidak perlu menebak kata kunci mana yang mengarahkan lalu lintas.

Cara keempat dalam meningkatkan SEO yaitu menggunakan backlink

Jika Anda memiliki saluran yang cukup bagus, Anda dapat menggunakan backlink. Namun, cara ini harus dilakukan dengan hati-hati agar situs tidak terkena sanksi dari Google.

Cara kelima, Prioritaskan navigasi

Jika pengalaman pengguna penting bagi Anda, Anda harus membuat situs web yang mudah dinavigasi, terutama di perangkat seluler. Kemudahan navigasi memudahkan pengunjung untuk mengenal situs Anda, yang mengurangi rasio pentalan. Anda dapat membuat navigasi dengan membuka jalur yang paling tidak tahan dari rumah ke pembayaran/pemesanan. Memprioritaskan navigasi tidak hanya membantu konversi, tetapi juga meningkatkan visibilitas pencarian organik. Navigasi memainkan peran penting dalam mendapatkan hasil. Ketika navigasi menjadi rumit, pengunjung menjadi sulit untuk berkonversi di situs web Anda.

Cara keenam yaitu Tingkatkan kecepatan situs Anda

Algoritme mesin pencari terus berubah, dan salah satu perubahan yang perlu diperhatikan adalah meningkatkan kecepatan situs Anda. Situs web yang cepat dapat meningkatkan peringkat dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Pengalaman pengguna adalah prioritas utama Anda, dan kecepatan memuat juga harus menjadi prioritas. Jika situs web yang Anda gunakan memuat dengan lambat, pastikan untuk segera memperbaikinya. Meningkatan kecepatan situs agar tetap terdepan dalam persaingan.

Cara yang terakhir dalam meningkatkan SEO ialah Menggunakan Google Maps

Hal terakhir yang tak kalah penting adalah membuat Google Bisnisku. Ini biasanya diikuti dengan alamat yang muncul langsung di Google Maps dengan ulasan dan peringkat. Jika Anda tahu cara menggunakan ini dengan sangat baik, peringkat dapat meningkat sehingga lebih mudah muncul saat mencari kata kunci tertentu. Oleh karena itu, meningkatan juga halaman ini di Google Maps.

Nah itulah tujuh cara meningkatkan konten SEO bagi e-commerse. Menerapkan SEO toko online sangat penting untuk meningkatkan konversi atau penjualan toko online. Tanpa cara ini, toko online hanyalah situs web biasa yang tidak memproses transaksi. Oleh karena itu, optimasi SEO toko online seperti e-commerce sangat perlu dilakukan dengan cara yang terbaik. Ini memungkinkan untuk memanfaatkan lalu lintas atau prospek yang datang ke kesepakatan sehingga kesepakatan dapat dilanjutkan. Semoga bermanfaat!