Tampilan yang menarik atau unik pasti menjadi salah satu hal yang krusial. Alasan gambar produk tersebut harus bagus dan krusial karena memberi kesan pertama yang baik, mencerminkan sebuah brand yang kalian miliki, dan biasanya gambar produk menjadi keputusan seseorang untuk membeli sesuatu. Oleh karena itu, para penjual harus pintar dan jujur untuk menghasilkan suatu produk yang akan menarik minat pembeli. Gambar produk sendiri merupakan sebuah foto yang diambil untuk digunakan di e-commerce, website, instagram, dan sosial media yang lain. Jadi, foto produk ini termasuk dalam bagian iklan untuk memasarkan sebuah produk. Berikut ini tips untuk membuat foto produk kalian lebih menarik dan menjajikan untuk para konsumen.
Membuat dengan Konsep
Foto produk juga membutuhkan konsep yang konsisten dan seimbang karena akan membuat kesan sebuah toko yang profesional dan itu akan mempengaruhi branding terhadap toko pula. Kalian bisa menggunakan tipe individual foto dan in-context Photo. Individual photo ialah sebuah jenis foto yang menerapkan latar belakang yang polos dan fokus pada foto dari produk. Kemudian in-context photo untuk menonjolkan hasil gambar pada sisi fungsi yang ditonjolkan. Maka dari itu, kalian harus mengerti dan memahami jenis atau tipe untuk mengambil gambar produk sesuai dengan tujuan kalian untuk menonjolkan sesuatu dari produk yang kalian akan pasarkan.
Pencahayaan
Salah satu hal penting yaitu pencahayaan. Sebaik apapun konsep yang kalian buat dan rencanakan, tetapi pencahayaan kalian tidak maksimal mengacu pada hasil yang tidak maksimal pula. Maka dari itu, kalian harus memperhatikan penuh pencahayaan yang akan digunakan. Usahakan pencahayaan cukup yang tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap. Di anjurkan tidak menggunakan pencahyaan alami, seperti cahaya matahari karena kalian tidak bisa mengaturnya. Jadi, kalian bisa menggunakan, seperti ringlight dan softbox.
Memperhatikan Sudut dari Pengambilan Foto Produk
Tips selanjutnya merupakan sudut pengambilan gambar sebuah produk. Sudut dari gambar disesuaikan dengan produk yang akan dipasarkan. Misalkan, kalian ingin mengambil gambar produk pakaian, maka bisa memilih angle tidak dari depan, tetapi bisa dari samping. Jika kalian mengambil produk dari makanan, maka bisa mengambil angle dari atas.
Mengatur Tata Letak Produk
Setelah memperhatikan pengambilan sudut foto dan mengatur background, kalian bisa menata produk. Tata letak ini mungkin terlihat mudah, tetapi ternyata sulit karena kalian harus menentukan pencahayaan, angle, dan posisi yang tepat. Kalian bisa meletakkan produk di depan background dan memposisikan berada di atas permukaan background yang datar dan stabil. Kalian bisa menambahkan aksesoris pendukung agar lebih meyakinkan dan lebih meyakinkan. Namun, jangan sampai berlebihan menaruh aksesoris karena bisa mengalihkan fokus pembeli.
Menggunakan Tripod
Saat ini tripod memiliki berbagai macam. Hal tersebut memudahkan untuk mengambil gambar produk menjadi lebih bervariasi danmeminimalisir hasil blur yang dihasilkan ketika menggunakan tangan. Jadi, pada intinya tripod membantu menjaga kestabilan kamera.
Mengedit Foto Produk
Setelah pengambilan foto produk selesai, kalian bisa mengedit hasil gambar tersebut dengan mengoreksi warna, menghapus objek yang kurang pas, dan lebih menyesuaikan cahaya. Tujuan dari mengedit gambar tersebut ialah untuk membuat proposional hasil foto produk sesuai dengan porsi.
Nah, itu dia beberapa rips untuk photo produk agar lebih menarik dan meningkatkan minat ppembeli dalam pembelian sebuah produk. Kalian juga bisa loh menggaki informasi lainnya mengenai pemasaran di DIGIMA. Semoga membantu ya!!