5 Cara Meningkatkan Engagement Rate Instagram

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Salah satu faktor melejitnya sebuah konten pada Instagram adalah tingginya engagement yang diterima. Engagement rate sangat berpengaruh terhadap kesuksesan sebuah konten.

Apa itu engagement rate? Engagement rate adalah matriks dasar yang diterapkan dalam media sosial untuk mengukur kinerja sebuah konten yang dibagikan. Dalam Instagram, engagement bisa dilihat dan diukur dari interaksi yang didapatkan, seperti likes, komen, share, views, dan repost.

Enagement rate dalam Instagram penting untuk diperhatikan, terutama untuk akun pebisinis, influencer, dan perusahaan. Ada banyak cara untuk meningkatkan engagement rate, salah satunya dengan membuat konten yang sesuai dengan citra brand. Lalu, adakah cara lainnya untuk meningkatkan engagement rate Instagram? Tentu saja ada! Berikut 5 cara mendorong engagement audiens di Instagram.

1. Membuat Konten yang Original dan Menarik Audiens

Konten merupakan kunci utama yang mempengaruhi engagement rate, konten yang Anda bagikan harus menarik perhatian audiens. Tidak hanya itu, konten juga harus fresh, original, dan bermanfaat bagi audiens.

Konten yang fresh, original, dan bermanfaat untuk audiens akan membuat audiens memberikan likes, comment, dan share. Semakin banyak audiens yang berinteraksi, maka engagement rate juga akan semakin meningkat.

2. Memanfaatkan Fitur Secara Maksimal

Instagram memiliki fitur-fitur yang mendukung untuk meningkatkan engagement rate. Tidak hanya untuk mengunggah konten di feed, nmaun juga pada story.

Fitur story terlihat sangat menarik bagi audiens karena Anda bisa mengunggah informasi atau konten-konten secara cepat dan banyak. Kekurangannya adalah konten yang diunggah pada story akan menghilang setelah 24 jam. Pada story Instagram, terdapat fitur seperti box Q&A quiz, dan polling.

3. Membuat Caption yang Menarik

Engagement rate tidak hanya dipengaruhi oleh konten yang dibagikan, namun juga caption yang menarik. Caption memiliki kemampuan yang luar biasa, Anda bisa menggiring dan mengajak followers untuk berinteraksi satu sama lain atau dengan postingan Anda.

Caption tidak perlu panjang dan bertele-tele. Anda bisa menyesuaikannya dengan karakteristik audiens. Selain itu, caption yang menarik adalah caption yang mengandung Call To Action (CTA). Dengan adanya Call to Action di Intagram, Anda bisa mengarahkan audiens melakukan hal yang Anda inginkan, seperti like, comment, share, dan repost.

4. Menggunakan Hashtag yang Relevan

Setelah membuat caption yang menarik, Anda bisa memaksimalkan fitur hashtag agar jangkauan semakin luas. Hashtag dugunakan agar audiens yang bukan followers bisa menemukan konten yang Anda buat dan mengunjungi akun Instagram Anda.

Anda bisa menggunakan hashtag yang populer. Namun, dengan menggunakan hashtag populer, besar kemungkinan konten Anda akan tenggelam karena banyaknya konten yang menggunakan hashtag tersebut.

Tips menggunakan hashtag lainnya adalah gunakan hashtag yang relevan dengan topik konten Anda. Anda juga bisa menggunakan hashtag yang menggambarkan usaha Anda dan menambahkan wilayah bisnis Anda. Misalnya, Anda memiliki bisnis baju bayi dan Anda berdomisili di Malang. maka hashtag yang bisa Anda tambahkan adalah #bajubayimalang. Dengan menambahkan wilayah dalam hashtag Anda, maka orang-orang bisa mencari produk Anda secara spesifik.

5. Unggah Konten di Waktu yang Tepat

Setiap media sosial memiliki prime timenya masing-masing. Prime time media sosial sangat berguna untuk mengetahui kapan waktu terbaik untuk mengunggah konten. Dengan mengetahui waktu terbaik tersebut, konten yang Anda unggah akan dilihat oleh banyak followers. Begitu juga dengan Instagram.

Bagaimana cara menentukan prime time di Instagram? Caranya, bisa dilihat dari insight pada akun Instagram bisnis Anda. Dari insight tersebut, Anda bisa mempelajari jam aktif followers untuk melihat feed dan story Instagram Anda.

Setelah mengetahui hal tersebut, Anda bisa rutin memposting konten tersebut sesuai dengan prime time. Lebih baik lagi bila Anda membuat kalender konten agar rutin mengunggah konten di waktu yang tepat.

Nah, itulah 5 cara yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan engagement rate Instagram Anda. Engagement yang semakin meningkat akan berdampak pada kesuksesan dan peningkatan jumlah penjualan Anda. Jadi, jangan ragu untuk mencoba cara di atas untuk meningkatkan engagement rate Anda.