Sebagai influencer atau pebisnis yang menggunakan media sosial sebagai platform branding, tentu saja Anda perlu merencanakan konten yang akan diunggah nantinya. Salah satu cara agar perencanaan dapat berjalan dengan baik adalah dengan membuat kalender konten.
Penggunaan kalender konten untuk media sosial akan membantu Anda membuat konten yang menarik untuk beberapa minggu ke depan. Anda bisa mengemat waktu perencanaan dan tidak perlu bingung untuk ide postingan selanjutnya.
Namun, sudahkah Anda tahu cara membuat kalender konten untuk membangun brand? Berikut ini persiapan dan cara membuat kalender konten secara praktis untuk Anda.
Persiapan Membuat Kalender Konten
Saat Anda akan menyusun sebuah kalender konten, Anda harus menyiapkan lima informasi kunci dalam kalender konten. Berikut lima informasi penting yang harus ada di dalam kalender konten.
- Tanggal: kapan postingan akan diterbitkan
- Tema: isi potingan
- Keterangan visual: berikan keterangan gambar atau video apa yang ingin terlihat dalam postingan Anda
- Format: Menentukan format unggahan berupa gambar, video, atau kombinasi keduanya.
- Platform: di mana Anda ingin mengunggah konten tersebut
Langkah-langkah Membuat Kalender Konten
1. Melakukan Audit Media Sosial
Langkah pertama adalah mulailah mengidentifikasi kebutuhan promosi yang perlu ditingkatkan. Anda bisa mulai mengidentifikasi dari platform bisnis yang harus ditingkatkan atau jenis konten yang berpeluang untuk dikembangkan.
Anda harus mencari tahu beberapa informasi seperti berasal dari mana audiens Anda, platform apa yang paling banyak tumbuh, hingga mencari asal traffic dan engagement. Dengan mencari tahu informasi tersebut, Anda bisa mengetahui demografi audiens, sasaran produk, jenis konten yang diminati, dan strategi yang tepat.
2. Membuat Template Kalender Konten
Agar semakin mudah merencanakan konten untuk media sosial, Anda membutuhkan platform untuk membuat kalender konten, salah satunya adalah Google Sheets. Platform tersebut mudah untuk digunakan dan gratis. Anda cukup membuat akun Google untuk bisa menggunakannya.
Anda bisa membuat kalender dengan template yang sudah disediakan oleh Google Sheet. Namun, Apabila kurang sesuai, Anda bisa membuatnya secara manual. Buatlah kalender konten yang dapat memuat lima informasi utama seperti kalender konten di bawah ini.
3. Merencanakan Konten
Saat membuat konten, Anda harus membuat konten yang bisa membuat audiens menyukainya. Namun, bagaimana cara membuat konten yang menarik?
Anda sebagai pengelola media sosial harus mengetahui bagaimana karakteristik audiens Anda. Mulailah dengan mencari tahu demografi audiens yang sering berinteraksi dengan konten Anda. Dengan mengetahui hal ini akan lebih mudah untuk merencanakan konten untuk diunggah nantinya.
4. Rutin Memperbarui Kalender
Apabila Anda sudah mengetahui platform untuk membuat kalender konten dan konten yang beresonansi dengan audiens, saatnya Anda rutin mengisi kalender konten. Kalender konten harus rutin diperbarui dan ditambahkan agar Anda tetap memiliki cadangan konten di minggu-minggu selanjutnya.
5. Membuat Jadwal Unggah untuk Media Sosial
Setelah selesai membuat kalender konten, Anda harus membuat jadwal unggahnya. Hal ini merupakan bagian tersulit karena harus konsisten dan jangan sampai melewati jadwal yang sudah ditentukan.
Agar jadwal unggah tidak terlewat, Anda bisa menggunakan bantuan tools. Anda bisa menggunakan Hootsuit atau Buffer untuk mengunggah konten secara otomatis. Kedua aplikasi ini fleksibel dan bisa ditautkan ke seluruh media sosial yang Anda miliki.
Itulah informasi mengenai persiapan dan 5 langkah mudah membuat kalender konten. Pembuatan kalender konten ini sangat mempermudah Anda untuk mengelola, menyusun, dan merencanakan konten.