TikTok adalah platform sharing video singkat yang sebelumnya memiliki nama Musical.Iy. Platform media sosial ini banyak digunakan untuk mengunggah konten kreatif yang menghibur seperti mengikuti tantangan yang sedang viral, menari, bernyanyi, lagu lpsync, akting, tutorial makeup, dan banyak kreasi lainnya. Rata-rata pengguna TikTok menggunakan aplikasi ini selama 52 menit per hari. Kini, aplikasi dengan 800 juta pengguna aktif ini salah satu sumber video dan meme viral terbesar di internet. Ya sosial ini akan meningkatkan minat dan cepatnya persen konten dari TikTok ke seluruh platform media daya tarik tersendiri dalam dunia marketing online. Apakah bisnis online anda termasuk yang cocok untuk melakukan strategi penjualan di aplikasi TikTok? Yuk, simak strateginya berikut ini!
Perlukah Bisnis Anda Punya Akun TikTok?
Sebelum memutuskan untuk membuat akun bisnis TikTok, cari tahu terlebih dahulu tentang media aplikasi TikTok itu sendiri. Meski pengguna aktif TikTok sudah ratusan juta di seluruh dunia dan punya jaminan meningkatkan kesadaran merek, anda perlu tahu karakteristik dan perilaku penggunanya.
Informasi seperti apa karakter dan rentang usia pengguna akan membantu anda menentukan apakah produk atau jasa anda cocok untuk dipasarkan di aplikasi TikTok. Hingga saat ini, TikTok didominasi oleh pengguna berusia 16-24 tahun.
6 Strategi Peningkatan Penjualan Bisnis Online di TikTok
1.Gunakan hashtag yang sesuai
Ini dia cara pertama untuk meningkatkan penjualan di aplikasi TikTok. Konten video TikTok pada hastag dan sesuai judul. Melalui menu Discover, video akan diurutkan sesuai dengan hashtag yang sedang trending. Penggunaan hashtag ini akan membantu anda memperluas penyebaran konten pemasaran bisnis.
2.Ikuti tren di TikTok dan buat konten seru
Selalu pantau tren apa yang sedang ramai dicoba oleh pengguna, tetapi, seperti tren internet lainnya, tren hastag TikTok juga berubah dengan cepat.
Maka dari itu, Anda harus tetap update dengan semua perubahannya. Jadikan relevan dengan tren. Adaptasi ciri khas bisnis online Anda dalam setiap kontennya, jangan hanya meniru.
3.Kolaborasi dengan influencer TikTok
Bangun hubungan baik dengan influencer yang punya audiens sesuai target pasar anda akan mendapatkan banyak cara lain untuk meningkatkan bisnis penjualan online di aplikasi TikTok. Tetapi jangan lupa untuk terus membangun reputasi dengan konten berkualitas. Ajak influencer untuk share dan buat reveiw produk atau jasa usaha anda.
4.Buat tantangan hashtag
Hastag merupakan kelengkapan primadona dari TikTok. Penggunaan hashtag sangat populer digunakan untuk menebar sesuai dengan topik, tema, dan ketertarikan pengguna. Membuat hashtag challenge merupakan cara efektif untuk menambah engagement dan brand awareness bisnis online anda. buatlah hashtag yang catchy, mudah diingat, dan relevan dengan brand anda.
5.Post komentar dan ajak penonton untuk komentar di post Anda
Kehadiran dan aktivitas akun TikTok Anda akan membuat akun tetap hidup dan mudah dicari oleh target pemasaran anda. Media TikTok mendukung yang namanya frequent user engament.
Bangun percakapan di kolom komentar dengan calon konsumen Anda. TikTok mengurutkan komentar berdasarkan jumlah suka. Maka dari itu, tertarik dengan matang komentar anda berbicara tetap menarik dan bermakna.
6.Sering posting vido
Selain sering berinteraksi dengan pengikut, Anda juga bisa meningkatkan penjualan bisnis online di aplikasi TikTok anda dengan sering membuat unggahan. TikTok memberi penghargaan bagi akun yang sering buat konten di akun. Semakin banyak mengunggah dengan beragam topik dan hashtag, semakin luas juga persebaran konten anda.
Itulah 6 Strategi Peningkatan Penjualan Bisnis Online Di Tiktok semoga dapat membantu bisnis anda, selamat mencoba!