4 Prinsip Dasar Dalam Mendesain Tombol

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Tombol merupakan bagian yang esensial dari suatu aplikasi. Tanpa tombol kita tidak bisa berinteraksi dengan aplikasi yang kita gunakan, makanya bisa dikatakan bahwa tombol merupakan sarana atau media jika kita menggunakan aplikasi. Sering kali kita menganggap sepele tentang cara kita mendesain tombol dan penempatannya tapi hal ini merupakan hal yang sangat penting karena ini akan berhubungan dengan bagaimana pengalaman pengguna saat menggunakan aplikasi kita. Artikel ini merangkum beberapa tips untuk mendesain tombol agar terlihat efektif dalam penggunaannya.

1.Buat tombol terlihat seperti tombol (buat tombol layaknya sebuah tombol)

Ketika kita mendesain suatu tombol (tombol), maka ini bertujuan agar pada saat pengguna menggunakan aplikasi kita bisa mengetahui di mana bagian yang bisa mereka klik dan di mana bagaian yang tidak bisa. Untuk memfasilitasi hal tersebut kita harus memadukan bentuk, warna, bayangan, dan lainnya dalam mendesain tombol. Ada beberapa yang umum digunakan dalam mendesain tombol bentuk yaitu:

  • Tombol terisi dengan batas persegi
  • Tombol terisi dengan sudut membulat
  • Tombol penuh dengan bayangan
  • Tombol hantu

2.Letakkan tombol di tempat yang diharapkan pengguna untuk menentukannya (tempatkan tombol ditempat yang biasa)

Saat mendesain sebuah tombol kita harus menempatkan diri kita sebagai pengguna terlebih dahulu agar kita bisa melihat dari kacamata pengguna mengenai penempatan tombol apakah sudah di tempat yang tepat. Contohnya di website codepolitasn ketika menggunakan suatu aplikasi biasanya tombol logout akan berada di samping kanan atas meskipun kita belum pernah menggunakan aplikasi tersebut sebelumnya. Pengalaman ini merupakan satu faktor kenyamanan bagi  pengguna karena aplikasi yang mereka gunakan akrab dengan orang lain sehingga tidak perlu membuang waktu untuk mencarinya.

3.Beri label tombol dengan apa yang mereka lakukan (beri nama tombol sesuai dengan apa yang ia lakukan)

Label merupakan salah satu petunjuk bagi pengguna bagaimana menggunakan aplikasi sehingga saat kita mendesain sebuah label tombol yang kita berikan label yang jelas agar pengguna memahami tujuan dari tombol tersebut seperti contoh pada halaman web codepolitan kelas program akhir pekan disitu terdapat 2 tombol label yaitu pada tombol PELAJARI DAHULU memberikan instruksi pada kita saat kita meng – kliknya akan membawa ke bagian informasi detail dari apa yang ditawarkan oleh kelas programing akhir pekan di codepolitan dan pada button DAFTAR SEKARANG akan membawa kita ke beberapa program yang di tawarkan oleh di codepolitan di mana kita dapat memilih program sesuai dengan minat kita.

4.Sesuaikan ukuran kancing Anda (berikan ukuran tombol yang sesuai)

Ukuran tombol merupakan hal pertama yang dilihat oleh mata kita ketika menggunakan suatu aplikasi. Biasanya para desainer ingin menunjukkan suatu hal yang penting dan ingin terlihat mencolok agar bisa mendapatkan perhatian dari pengguna mengenai tombol tersebut seperti tombol DAFTAR PREMIUM di halaman utama di situs web codepolitan di desain dan diberi bentuk yang mencolok tombol PELAJARI DAHULU agar perhatian kita fokus pada tombol tersebut sehingga membuat kita penasaran. Membuat tombol yang diberi bentuk mencolok merupakan cara yang efektif untuk mendapatkan perhatian pengguna tapi tidak semua tombol harus memiliki warna yang mencolok agar mendapatkan dari pengguna cukup yang penting – penting saja agar tidak mengganggu para pengguna dalam menggunakan aplikasi kita.

Demikian artikel yang telah kita bahas diatas tentang 4 Prinsip Dasar dalam Mendesain Tombol. Semoga membantu anda.