Cara yang paling jitu membangun kesadaran suatu brand dengan cepat ialah dengan melaksanakan promosi. Dengan hal ini bisa meningkatkan penjualan produk dan juga meningkatkan seluruh penghasilan Anda. Promosi dan marketing merupakan gabungan yang tidak dapat dipisahkan dalam suatu perbisnisan. Apa alasannya? Alasannya yaitu, tanpa adanya dua hal itu, suatu bisnis tidak akan bisa berjalan dengan semestinya. umumnya, media promosi yang sering Anda temui ialah brosur, promosi, banner, hingga promosi ‘door to door’. Dalam melaksanakan promosi, diperlukan kalimat menarik yang bersifat membujuk dan mengajak calon pelanggan. Selain itu, kalimat ini harus persuasif dan informatif yang bertujuan untuk membujuk calon pelanggan supaya mereka tertarik membeli produk Anda. Lalu, bagaimana cara membuat kalimat promosi? Yuk, simak!
Memahami target audiens
Cara yang pertama yaitu memahami target audiens. Memahami target audiens sangat dibutuhkan bagi Anda ketika akan membuat promosi. Kalimat promosi harus disesuaikan dengan karakter audiens dalam memilih kalimat promosi. Misalnya, apabila target Anda yaitu pelajar yang telah remaja, maka sangat disarankan untuk membuat kalimat promosi dengan gaya bahasa yang lebih santai(kasual). Tetapi, apabila target Anda ialah orang dewasa hingga orang tua, maka sangat disarankan untuk memakai gaya bahasa yang formal. Umumnya, pada kalimat promosi harus mudah diterima dan juga bisa dipahami oleh semua orang, baik yang menjadi target Anda maupun yang bukan.
Kalimat promosi harus jelas, singkat, dan kreatif
Kalimat promosi yang efektif itu biasanya tergolong singkat. Jelas, dan kreatif. Tetapi, dalam menerapkannya, Anda tidak harus menampakkan kepandaian yang berlebih. Pada kalimat promosi harus langsung kepada inti brandnya. Memberi manfaat dan penawaran pada saat membahas mengenai brand saja yang harus Anda tunjukkan. Kalimat ini juga bisa terdiri hanya dengan satu atau dua kalimat yang tersusun dengan singkat. Jangan lupa untuk menyisipkan kalimat ajakan untuk mempengaruhi audiens Anda. Tak hanya menggunakan teks saja, Anda juga bisa menambahkan media lain seperti gambar atau animasi yang sesuai dengan brand Anda.
Memberikan voucher dan potongan harga(diskon) pada waktu tertentu
Pastinya Anda telah mengetahui bahwa harga ialah salah satu faktor dalam melaksanakan transaksi pembelian. Makanya, kebanyakan audiens akan meminati suatu brand yang mempunyai harga diskon. Potongan harga/ diskon dan juga voucher harga merupakan salah satu cara jitu promosi dengan tepat. Supaya mendapatkan harga yang tergolong murah pada event-event tertentu, tak jarang para audiens menunggu adanya potongan harga dan voucher.
Salah satu promosi ini dilaksanakan dengan cara membagikan kupon yang bisa menarik minat para audiens Anda. Anda juga bisa memberikan beberapa persyaratan pada kupon tersebut, misalnya saja, ‘diskon 15% dengan pembelian minimal Rp 50.000,- ’. hal ini bisa menjadi senjata bagi Anda untuk menarik audiens sebanyak-banyaknya.
Selain itu, disarankan juga untuk memikirkan waktu yang tepat dalam memaksimalkan strategi promosi ini. Anda bisa memaksimalkan strategi promosi seperti ini pada waktu tertentu, seperti pada saat tahun baru, hari kemerdekaan, menjelang hari raya, pada saat akhir bulan, maupun pada saat HUT perusahaan Anda. Jadi, Anda bisa mempunyai timeline jenis promosi ini dengan jelas dan juga tidak berlarut-larut karena menyebabkan dapat mengurangi atensi loyalitas pelanggan Anda.
Menjelaskan manfaat/kegunaan produk bukan fitur produk
Cara untuk melakukan promosi adalah menyadari produk yang dijual. Anda perlu mengetahui spesifikasi dan manfaat produk. Hal ini karena ketika membuat promosi, perlu untuk menggambarkan spesifikasi produk sesuai dengan kondisi produk yang sebenarnya. Jika Anda mengetahui spesifikasi produk, Anda dapat membuat promosi yang tepat untuk memamerkan produk yang Anda miliki. Jika Anda tidak memahami produk Anda, promosi Anda mungkin tidak efektif.
Konten promosi yang baik harus meyakinkan audiens Anda bahwa Anda mendapatkan jawaban yang mereka cari. Dengan menjanjikan nilai judul Anda memastikan bahwa audiens Anda akan mengklik dan mendapatkannya. Ini sangat penting untuk diketahui oleh audiens/ target Anda. Jangan lupa untuk memberi tahu mereka dengan berita yang menarik. Kebanyakan orang lebih peduli tentang apa yang penting bagi mereka. Kemudian terapkan saat Anda membuat promosi. Biarkan mereka tahu bahwa ada sesuatu yang menarik dan berguna dalam hidup yang membuat mereka berbeda.
Itu saja 4 cara jitu dalam melakukan promosi dengan tepat. Semoga bisa membantu Anda dalam melaksanakan promosi pada produk Anda.