Ayo! Mengetahui tentang Brand Ambassador

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Brand ambassador adalah istilah pemasaran yang mengacu pada individu atau kelompok yang dipekerjakan oleh organisasi atau bisnis di bawah kontrak untuk mempromosikan mereknya secara nasional dan internasional dalam bentuk produk dan layanan.

Mungkin Anda bertanya-tanya apa sebenarnya brand ambassador itu? Brand ambassador adalah seorang yang memainkan peran utama dalam brand dan pemasaran sebuah perusahaan. Semua perusahaan bersaing untuk mendapatkan duta merek terbaik, bahkan jika mereka tidak dianggap sebagai karyawan. Hal ini kebutuhan akan  terus bertambah seiring dengan jumlah pengguna media sosial.

Apa itu Brand ambassador?

Dalam kehidupan manusia, beberapa keputusan dipengaruhi oleh idola atau trendsetter. Dalam dunia pemasaran trendsetter ini sering digunakan untuk sebagai BA. Brand ambassador adalah seseorang yang memiliki passion terhadap brand dan dapat mempengaruhi atau mengajak konsumen untuk membeli atau menggunakan suatu produk. Menurut Doucett (2008) dalam bukunya mengatakan bahwa Brand Ambassador adalah seseorang yang bersemangat tentang suatu merek, ingin memamerkannya, dan secara sukarela memberikan informasi tentang merek tersebut. BA digunakan oleh bisnis untuk mempengaruhi konsumen atau mengajak mereka untuk menggunakan produknya, BA biasanya digunakan oleh selebriti terkenal (Royan,2004).

Bagi sebuah perusahaan, penggunaan brand ambassador dimaksudkan untuk mempengaruhi konsumen agar membeli produknya. Pelaku usaha perlu mengetahui permintaan konsumen, sehingga pelaku usaha dapat memilih empat BA yang sesuai dengan produknya. Brand Ambassador yang baik dapat membantu mempengaruhi produk yang dijual perusahaan dan menjadi trendsetter.

Biasanya, selebriti, influencer, atau individu dengan keterampilan yang diakui sebagai ahli di bidangnya dicari untuk menjadi duta merek. Tetapi kenyataannya adalah bahwa duta merek tidak dapat dipilih secara acak. Idealnya, orang tersebut harus cocok dengan identitas perusahaan yang mereka promosikan. Karena siapapun yang terpilih harus mewakili brand atau perusahaan di event tertentu.

Manfaat menggunakan Brand ambassador

Perkembangan teknologi seperti meningkatnya penggunaan media sosial memungkinkan BA untuk membuat dampak yang besar. Dampak bukan hanya tentang mempromosikan produk atau merek Anda, tetapi juga dapat membujuk pelanggan Anda untuk membeli produk Anda. Misalnya, saat membuat konten ulasan atau review tentang produk suatu merek. Selain itu, menggunakan BA juga memiliki berbagai manfaat diantaranya seperti:

  1. Menjaga reputasi brand

Reputasi merek bisa naik turun tergantung situasi. Misalnya, jika media melaporkan hal-hal buruk tentang merek Anda, reputasi perusahaan Anda dapat menurun. Namun, seorang duta merek bisa menjadi seseorang yang memperkuat reputasi itu. BA memiliki banyak pengikut yang mempercayai mereka.

  1. Mendekatkan brand kepada costumer

Brand Ambassador yang baik membantu brand lebih dekat dengan pelanggannya dan menarik calon pembeli. Salah satunya adalah berinteraksi dengan audiens Anda di media sosial, seperti Buat konten tanya jawab atau balas komentar. BA juga dapat memperluas target pasarnya, misalnya dengan memasukkan area baru. Misalnya, jika merek asing besar ingin masuk ke pasar Indonesia. Dengan menggunakan selebriti dan figur publik sebagai BA, Anda bisa mendapatkan kepercayaan dari masyarakat Indonesia.

  1. Meningkatkan citra brand

Ketika ditanya apa itu BA, jawabannya sederhana. Dia adalah citra merek. BA harus mampu membangun citra merek yang kuat. Seperti yang dikatakan Grint, BA adalah wajah dari sebuah brand.

Tugas dan tanggung jawab brand ambassador

  1. Memahami visi dan misi perusahaan
  2. Mewakili merek dalam berbagai bentuk
  3. Membantu membuat konten seperti review dan membuat caption yang menarik.
  4. Mengikuti event
  5. Bangun opini positif tentang merek dalam jaringan
  6. Mempromosikan brand melalui akun media sosial

 

 

Indikator Brand Ambassador

Royan (2004). ada tiga karakteristik yang dibutuhkan oleh Brand ambassador yang dapat dijadikan indkator adalah daya tarik (attractiveness), dapat dipercaya (trustworthiness), dan keahlian (expertise).

  • Attractiveness (daya tarik), Itu tidak hanya berarti daya tarik luar, itu mencakup berbagai sifat yang dapat dilihat pemirsa dalam pengikut mereka, seperti kecerdasan, ciri kepribadian, gaya hidup, dan kebugaran fisik.
  • Trustworthiness (kepercayaan), tingkat kepercayaan, ketergantungan, seperti seseorang yang dapat di percaya.
  • Expertise (keahlian), Keahlian mengacu pada pengetahuan, pengalaman, atau keterampilan yang dimiliki seorang advokat tentang masalah yang mereka wakili. Dalam memilih BA, pemasar produk harus memperhatikan karakteristik yang dapat mempengaruhi keberhasilan endorsement perusahaan mereka.

Lea-Greenwood (2012) menyatakan karakteristik Brand ambassador antara lain adalah:

  • Transference, Saat itulah selebritas mendukung merek yang terkait dengan profesi mereka.
  • Congruence (Kesesuaian), adalah konsep kunci pada BA yakni memastikan bahwa ada `kecocokan’ (kesesuaian)antara merek dan selebriti.
  • Kredibilitas, Sejauh mana konsumen menganggap sumber (duta besar) memiliki pengetahuan, keahlian, atau pengalaman yang relevan dan dapat mempercayai sumber (duta besar) untuk memberikan informasi yang objektif dan tidak
  • Daya tarik, Tampilan non fisik yang menarik yang dapat mendukung produk atau iklan Anda.
  • Power, adalah karisma yang dipancarkan oleh personel sumber daya sehingga mereka dapat mempengaruhi konsumen dengan cara yang membujuk mereka untuk membeli atau menggunakan produk

Fungsi dan Manfaat Penggunaan Selebriti (Brand Ambassador)

Menurut Royan (2004) Brand ambassador mempunyai fungsi dan maanfaat tersendiri bagi perusahaan. BA disini yang merupakan orang–orang terkenal yang digunakan untuk mempromosikan produk mereka dapat berfungsi untuk:

  1. Memberikan kesaksian (testimonial)
  2. Memberikan dorongan dan penguatan (endorsement)
  3. Bertindak sebagai aktor dalam topik (iklan) yang diwakilinya.
  4. Bertindak sebagai juru bicara perusahaan.

Keberhasilan seorang brand ambassador dalam menjalankan fungsinya menurut Shaz Smilansky (2009) dapat diukur dengan empat indikator yaitu:

  • Daya Tarik
  • Keahlian
  • Kepercayaan
  • Kekuatan

 

Nah itu lah penjelasan tentang brand ambassador,Pekerjaan seorang BA tidak semudah yang Anda bayangkan, bukan? Singkatnya, BA adalah seseorang yang mempromosikan merek atau produk untuk meningkatkan kesadaran merek dan meningkatkan penjualan. Anda juga bisa mengunjungi web DIGIMA karena kami dapat membantu sitem bisnis yang efektif.