Salah satu pemasaran yang penting untuk diterapkan secara maksimal ialah pengertian dan strategi pemasaran ulang atau remarketing. Sudah tahukah kamu mengenai tersebut?
Jika kamu ingin meningkatkan penjualan melalui pemasaran online, pemasaran ulang bentuk salah solusi untuk Anda.
Sebagai pengguna, mungkin Anda pernah merasakan strategi ini saat menelusuri internet, e-commerce, dan dari satu situs web ke situs web lainnya.
Hanya saja, belum menadari bahwa itu merupakan bagian dari strategi pemasar dalam melakukan pemasaran ulang.
Lantas, apa itu pemasaran ulang? Apa manfaat bagi pemasar dalam penerapannya?
Apa Itu Pemasaran Ulang?
Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita simak bersama-sama pengertian dari strategi marketing yang satu ini.
Dilansir dari Google Ads Help, pemasaran ulang ialah strategi untuk tetap terhubung dengan orang-orang yang sebelumnya pernah berinteraksi dengan situs web, aplikasi, atau e-commerce. Secara sederhana, pemasaran membuat iklan khusus ditujukan kepada pengguna yang sebelumnya sempat berinteraksi dengan situs web nya.
Jadi, saat pengguna menelusuri kembali situs web lain, iklan tersebut akan muncul di hadapannya. Pasti Anda sering mengalami hal seperti ini. Sebagai contoh, Anda baru saja membuka situs web travel A.
Lalu, Anda kembali membuka-buka situs web lainnya diinternet. Tanpa terlupakan, iklan dari situs web travel A yang sudah Anda kunjungi sebelumnya hadir di layar handphone atau laptop Anda.
Nah, itulah yang Mula strategi pemasaran ulang yang diterapkan oleh pemasar untuk mendorong pengguna melakukan pembelian atau setidaknya meningkatkan kesadaran merek di mata Anda.
Alat yang biasanya digunakan untuk menerapkan strategi ini ialah Google AdWords.
Menurut Cyber Click, proses dari strategi ini secara sederhana dapat dibagi menjadi tiga tahapan:
- Pengguna mengunjungi situs web atau mengonsumsi kontenmu.
- Pengguna kemudian diberi tag dengan cookie dan ditambahkan ke dalam daftar pemasaran ulang
- Kemudian, Anda dapat meluncurkan iklan yang hanya ditampilkan kepada daftar pengguna yang telah dibuat.
Manfaat dari Remarketing atau Pemasaran Ulang
Setelah mengetahui pengertiannya, mungkin Anda semakin penasaran dengan strategi yang satu ini.
Pada dasarnya, manfaat dari pemasaran ulang ialah dapat meningkatkan penjualan bagi pebisnis atau usaha.
Selain itu, ada beberapa manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan jika menerapkan strategi pemasaran ulang:
1.Peningkatan jangkauan konsumen
Menurut Lyfe Marketing, sebanyak 70-96% pengguna tidak melakukan tindakan apa-apa dan langsung keluar saat mengunjungi situs web.
Melihat dari data tersebut, bahwa pemasaran ulang berperan penting dalam meningkatkan jangkauan konsumen.
2.Menjaga hubungan dengan konsumen
Secara tidak langsung, keuntungan lainnya dari pemasaran ulang ialah Anda dapat menjaga hubungan dengan konsumen Anda.
Bagaimana tidak, sering kali konsumen yang sempat berinteraksi dengan website-Anda dan meninggalkannya tupa terhadap nama brand-Anda.
3.Peningkatan relevansi iklan
Saat menggunakan pemasaran ulang, Anda dapat memasang iklan yang relevan dengan apa yang telah dibuka oleh konsumen Anda melalui situs web.
Sebagai contoh, pengguna membuka produk saat mengunjungi situs web Anda. Lalu, iklan yang akan muncul kepadanya ialah iklan mengenai produk tersebut.
Tips Memaksimalkan Pemasaran Ulang
1.Batasi frekuensi iklan
Jika ingin menyampaikan pesan yang bagus dan tepat kepada pengguna, sebaiknya batasi munculnya frekuensi iklan kepada pengguna. Sebab, apabila terlalu sering ada kemungkinan pengguna menganggapnya sebagai spam.
2.Lakukan analisis
Tips selanjutnya dalam memaksimalkan pemasaran ulang ialah sering melakukan analisis.
Jangan takut untuk terus bereksperimen terkait pengalaman pengguna. Gunakan tool analytics untuk menganalisis performa website-Anda.
Cari tahu, mana yang dapat dimaksimalkan dengan baik agar dapat menarik pengunjung dengan jumlah yang banyak.
Demikian penjelasan singkat mengenai pengertian dan strategi remarketing atau pemasaran ulang. Pada hakikatnya, pemasaran ulang ialah strategi pemasaran yang perlu diperhatikan dengan baik oleh para pemasar saat ini.