Bekerja di bidang content marketing kamu wajib mengetahui apa itu conversion rate optimization atau biasa disingkat CRO. Sayangnya masih banyak orang yang belum paham dengan apa itu CRO dan kenapa sangat penting untuk content marketing.
Pengertian Conversion Rate Optimization(CRO)
Conversion rate optimization ialah sebuah proses yang dilakukan untuk mengembangkan terjadinya konveksi untuk website. Dalam dunia digital marketing, conversion rate ini dikenal sebagai presentase pengunjung website yang menetap dan melakukan tindakan di halaman tersebut.
Kegiatan yang biasanya dilakukan ialah membaca artikel hingga habis, mendaftar akun baru, atau membeli produk dan jasa yang Anda tawarkan. Dalam kata lain, Anda bisa bilang bahwa pengunjung melakukan konversi.
Lalu kenapa conversion rate harus dioptimasi?
CRO penting karena bisa mengembangkan conversion rate di dalam website. Hal ini menunjukkan website milikmu didesain dengan baik dan menarik bagi target pasar yang dituju.
Ketika pengunjung melakukan konversi, maka otomatis perusahaan mendapatkan keuntungan.
Manfaat Conversion Rate Optimization(CRO)
Manfaat utama menjalankan CRO ialah mendapatkan keuntungan untuk perusahaan. Tapi, keuntungan yang didapatkan jauh lebih besar untuk kuantitatif saja.
Ketika Anda melakukan CRO, maka kualitas dari website berkembang. Mulai dari segi desain, user experience dan aspek lainnya. Kualitas website ini bisa menentukan apakah pengunjung nyaman dengan tampilannya, lalu memutuskan untuk mengeksplorasi website, sign up membentuk anggota, atau membeli produk yang ditawarkan.
Hal ini menunjukkan bahwa CRO bisa mengembangkan sales leads tanpa perlu mengeluarkan biaya yang terlalu besar. Mungkin masih banyak di antara kamu yang berpotensi untuk membentuk konsumen perusahaan. Sales lead tidak selalu langsung membeli jasa atau produk dari website.
Meski begitu, jika kualitas tetap terjaga, besar kemungkinan mereka akan percaya dengan apa yang ditawarkan di website. Lalu, memutuskan untuk melakukan pembelian dikunjungan selanjutnya.
Jika puas dengan produk yang dijual, maka mereka akan melakukan pembelian lagi di kemudian hari.
Untuk jangka pendek, perusahaan mendapatkan konsumen potensial dan keuntungan langsung dari hasil penjualan. Untuk jangka panjangnya, website bisa mempertahankan lead yang berkualitas dan loyal terhadap brand perusahaan.
Elemen Penting Menjalankan Conversion Rate Optimization(CRO)
Berikut ialah beberapa elemen yang harus dioptimalkan dalam sebuah website, agar conversion rate terus meningkat dan optimal.
Desain Lading Page
Semakin menarik desainnya, semakin besar kemungkinan pengunjung akan menetap atau melakukan konversi. Contohnya, Anda bisa membuat logo cart belanja di website dengan ukuran yang mudah dilihat, lalu menggunakan warna yang menarik perhatian. Pengunjung akan merasa lebih terbujuk untuk memasukkan produk ke dalam cart.
Penting untuk Anda bisa masuk dalam pikiran pengguna yang merupakan target pasarmu, lalu berpikir apa yang kira-kira mereka inginkan dan butuhkan.
Homepage
Homepage ialah wajah dari sebuah website yang akan dilihat pertama kali oleh pengunjung. Oleh karenanya, penting sekali membuat homepage semenarik dan senyaman mungkin, agar pengunjung tertrik untuk mengeksplor sisi lain dari website Anda.
Penulisan Konten
Buat isi konten semenarik mungkin, isi topik yang relevan dan memuat pengunjung selalu tertarik. Konten dengan penulisan yang menarik dan relevan bisa membuat pengunjung menetap di laman tersebut lalu konversi dengan cara sign up.
Call-To-Action (CTA)
Hal terakhir dan bentuk yang terpenting ialah CTA. Sebuah instruksi yang disertai dengan sebuah link, agar pengunjung melakukan konversi.
Mengoptimalkan conversion rate, Anda perlu mengetahui apa kata-kata yang mendorong pengunjung untuk melakukan klik. Disarankan untuk menggunakan kata-kata persuasif dan lebih mudah dimengerti.
Sekian blog diatas penjelasan tentang Pengertian dan Manfaat Corversion Rate Optimization (CRO). Semoga Anda sekarang jadi tahu kenapa conversion rate itu perlu dioptimalkan. Semoga membantu.