Tips Riset Hashtag di Instagram Agar Bisa Menjangkau Audiens Lebih Luas

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Apa yang akan Anda rasakan bila konten promosi Anda bisa menjangkau ratusan ribu orang tanpa perlu bayar iklan? Pastinya Anda akan merasa senang bukan? Itulah yang akan Anda rasakan bila Anda paham cara riset hashtag di Instagram dan tahu cara pengoptimalannya. Sayangnya masih banyak orang yang menyepelekan hashtag. Padahal pentingnya penggunaan hashtag sudah terbukti bisa meningkatkan daya sebar konten.

Penggunaan hashtag yang tepat akan membuat konten kita mudah ditemukan, meningkat engagement, dan mendatangkan follower baru. Bahkan, bila konten berisi produk yang Anda jual, kemungkinan akan meningkatkan angka penjualan.

Lantas, bagaimana cara riset hashtag di Instagram yang tepat? Sebelum masuk ke dalam inti pembahasan, ada baiknya kita kenali dulu tentang apa itu hashtag Instagram dan cara kerjanya. Simak penjelasan berikut ini.

Apa itu Hashtag Instagram?

Awalnya hashtag diciptakan oleh Twitter pada tahun 2007. Hashtag berfungsi untuk mengelompokkan konten di media sosial berdasarkan topiknya. Dengan menggunakan hashtag, orang-orang bisa menemukan konten sesuai minat atau yang mereka cari. Selain memudahkan orang-orang untuk mencari konten, penggunaan hashtag merupakan cara efektif untuk bisa menjangkau banyak orang dan mendapatkan banyak follower.

Cara Kerja Hashtag

Hashtag yang Anda sematkan pada sebuah konten akan disebarkan kepada seluruh pengguna Instagram yang memang berminat pada topik yang tercantum pada hashtag tersebut. Saat ini di Instagram terdapat fitur follow hashtag sehingga pengguna Instagram bisa mengikuti suatu topik dan mendapatkan konten sesuai minat. Oleh karena itu, dengan menggunakan hashtag maka konten kita akan berpeluang ditemukan oleh jutaan pengguna Instagram lainnya. Bahkan yang bukan follower sekalipun.

Selain itu, hashtag juga berfungsi sebagai kata kunci di mesin pencarian Instagram. Kotak pencarian yang terdapat dalam Instagram bisa digunakan untuk mencari pengguna, hashtag, dan lokasi. Oleh karena itu konten yang bisa dicari adalah konten yang mengandung hashtag melalui menu tag.

Tips Melakukan Riset Hashtag di Instagram

Setelah mengenal tentang hashtag dan cara kerjanya, selanjutnya akan dibahas mengenai cara riset hashtag di Instagram. Riset yang dilakukan dengan benar akan memudahkan konten kita ditemukan oleh pengguna Instagram lainnya. Berikut cara melakukan riset di Instagram.

1. Membuat Daftar Kata Kunci yang Sesuai

Sebelum mulai riset hashtag, Anda harus membuat daftar kata kunci yang berhubungan dengan konten atau bisnis Anda. Kata kunci bisa terdiri dari beberapa aspek berikut

  • Objek yang diposting
  • Produk yang ditawarkan
  • Lokasi bisnis Anda
  • Manfaat produk
  • Apa yang akan diketikkan orang untuk menemukan postingan Anda

3. Riset Hashtag Menggunakan Fitur Pencarian Instagram

Setelah daftar kunci yang Anda buat sudah dibuat. Selanjutnya Anda mencari tahu ketersediaan hashtag di Instagram. Anda bisa mengetahuinya melalui fitur pencarian Instagram. Caranya, masukkan kata kunci yang menurut Anda sesuai di kolom pencarian Instagram lalu pilih menu tag. Kemudian akan muncul setidaknya 10-20 hashtag yang mirip dan menarik. Anda bisa menggunakannya untuk dijadikan hashtag turunan.

4. Riset Hashtag yang Digunakan oleh Top Post

Apabila Anda mencari hashtag di kolom pencarian, hasil pencarian akan terbagi menjadi dua, yaitu recent dan top. Postingan yang muncul di bagian Top adalah postingan yang menurut Instagram menarik dan berkualitas. Nah dari postingan itulah Anda bisa mencari tahu hashtag berkualitas apa saja yang bisa digunakan.

5. Menggunakan Popularitas Hashtag

Hashtag yang relevan saja tidak cukup untuk membuat konten kita menjadi top post. Oleh karena itu Anda juga harus memperhatikan popularitas hashtag yang akan digunakan. Popularitas hashtag adalah banyaknya postingan yang menggunakan suatu hashtag. Anda bisa melihatnya dari angka jumlah post di setiap hashtag.

Semakin besar jumlahnya, maka semakin banyak postingan Instagram yang menggunakan hashtag tersebut. Namun Anda perlu ingat kalau menggunakan hashtag yang populer tidak serta merta membuat membuat postingan Anda dilihat banyak orang.

6. Menggunakan Hashtag Generator

Melakukan riset hashtag memang tidak terlalu sulit, tapi Anda harus meluangkan waktu untuk melakukannya. Bagi Anda yang  tidak punya waktu yang cukup untuk riset hashtag, Anda bisa menggunakan hashtag generator. Saat ini sudah banyak hashtag generator gratis yang bisa Anda temukan di internet.

Penggunaan hashtag pada media sosial Instagram sangat penting karena memperluas potensi konten Anda untuk dikenal oleh banyak orang. Semoga pembahasan mengenai tips riset hashtag di Instagram ini dapat membantu Anda untuk mencari hashtag yang tepat untuk postingan Anda.