Tips Memilih Influencer Marketing yang Tepat untuk Pebisnis

Table of Contents

tips memilih influencer marketing

Influencer marketing adalah metode pemasaran yang sudah terbukti sukses pada saat ini. Tetapi Anda jangan sembarangan dalam memilih influencer yang nantinya akan Anda ajak bekerjasama dengan bisnismu.

Memilih seorang influencer yang tepat pun merupakan suatu hal yang sangat penting bagi pengusaha atau pebisnis saat ini. Sebelum lanjut ke cara atau tips memilih influencer marketing, alangkah lebih baiknya jika Anda mengetahui apa itu influencer terlebih dahulu. Dalam pembahasan kali ini kami juga akan membahas bagaimana pentingya influencer marketing bagi seorang pebisnis. Yuk, simak artikel berikut ini!

Apa yang Dimaksud Influencer?

Influencer adalah seseorang yang memiliki followers atau pengikut yang cukup banyak di akun media socialnya, seperti di Instagram, Twitter, Facebook, Youtube, Blog, dan lain sebagainya.

Namun, walaupun seorang influencer pada umumnya memiliki jutaan atau bahkan ribuan followers di akun media sosialnya. Tetapi mereka dapat disebut sebagai influencer jika mereka mempunyai pengaruh yang kuat terhadap pengikutnya.

Dari definisi di atas, dapat dibilang bahwa influencer adalah seseorang yang mampu memberikan pengaruh besar ke banyak orang atau pengikutnya agar orang tersebut melakukan sesuai tindakannya, contohnya seperti menggunakan suatu produk, menggunakan jasa dari perusahaan, pergi ke suatu tempat yang direkomendasikan influencer, dan lain sebagainya.

Memang benar, influencer diidentikkan dengan orang-orang yang populer seperti artis, youtuber, selebgram, dan lain sebagainya, karena memang yang mempunyai followers atau pengikut banyak itu biasanya orang-orang yang terkenal.

Cara Mencari Influencer yang Tepat

Berikut tips atau cara mencari influencer yang tepat bagi seorang pebisnis:

1. Identifikasi Relevansi Brand

Hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam memilih influencer adalah relevansinya dengan bisnismu. Tips memilih influencer marketing yang tepat adalah memilih influencer yang memang bergerak di bidang yang sama dengan bisnis Anda.

2. Ketahui Followersnya

Selanjutnya, dalam memilih influencer yang tepat adalah dengan mengetahui jumlah followersnya. Selain mengetahui dari jumlah followersnya, Anda juga harus memperhatikan orang-orang yang mem-follow influencer tersebut, karena dengan melihat jumlah followersnya saja itu sudah menjadi hal yang lumrah.

Selain itu, kita juga harus memperhatikan, apakah followersnya asli atau fiktif, karena jika followers tersebut fiktif, maka hal itu tidak akan berpengaruh terhadap strategi marketing Anda.

3. Engangement yang Tinggi

Dalam memilih influencer, alangkah lebih baiknya Anda jangan terkecoh terhadap jumlah followersnya saja, akan tetapi pilihlah influencer yang memiliki engangement yang tinggi, karena engangement menunjukkan apakah konten yang dibuat influencer itu benar=benar berpengaruh dan dapat meningkatkan minat audiens.

4. Ketahui Akun Media Sosial yang Dimiliki

Bagi seorang influencer sudah pastinya memiliki berbagai akun media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya. Maka dari itu, pilihlah influencer yang mempunyai pengaruh yang besar di media sosialnya serta sesuai dengan target pemasaranmu supaya bisa mengincar audiens-audiens yang cocok dengan bisnis Anda.

5. Ketahui Kualitas Konten-Konten yang Dibuat oleh Influencer

Pada tips ini, Anda bisa memperhatikan bagaimana kualitas video atau konten yang dibuatnya. Karena penting juga untuk mengetahui semua video atau konten-kontennya, hal tersebut akan menunjukkan profesionalnya dalam bekerja.

Nah, bagi Anda yang memiliki bisnis dan bingung bagaimana cara mencari influencer marketing yang tepat, poin-poin di atas dapat Anda terapkan dalam memilih influencer untuk bisnis Anda. Lalu, apa pentingnya influencer marketing? Apakah begitu sangat penting untuk pebisnis? Untuk lebih jelasnya, simak berikut ini.

Pentingnya Influencer Marketing

Selanjutnya, apakah pentingnya influncer marketing? Ya, seorang influencer sangat penting bagi seorang pengusaha atau pebisnis karena influencer adalah solusi pemasar untuk mempromosikan produk-produk mereka. Apalagi perkembangan teknologi internet saat ini telah membuat platform media sosial yang menjadikan audiens memiliki kebebasan untuk memilih konten yang mereka inginkan. Hal tersebut yang menjadikan brand terkendala dalam melakukan pemasaran.

Dengan demikian, penting bagi pebisnis untuk memiliki influencer marketing untuk memasarkan atau mempromosikan produk-produk mereka. Berikut beberapa manfaat jika Anda bekerjasama dengan influencer dalam bisnis Anda.

  1. Dapat meningkatkan brand awareness
  2. Membantu menjangkau target audiens Anda secara efektif
  3. Membangun kredibilitas kepercayaan audiens terhadap brand
  4. Membantu stategi content marketing
  5. Hemat waktu
  6. Hemat budget

Penutup

Dari pembahasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa influencer adalah seseorang yang bekerja sama sengan seorang pebisnis yang mampu mempromosikan brand melalui akun media sosialnya. Bagi seorang pebisnis juga jangan asal pilih dalam menentukan influencer bagi bisnis Anda. Untuk itu tips memilih influencer marketing di atas bisa Anda terapkan dalam memilih seorang influencer.

Sekarang, setelah mengetahui pentingnya influencer marketing untuk sebuah bisnis online, apakah kamu mau melakukannya? Serta influencer mana yang akan Anda gunakan? Bisa Anda pahami lagi terkait penjelasan di atas.

Apabila Anda mengalami kesulitan dalam memilih influencer atau membuat perencananaan konten Anda dapat berkonsultasi dengan Admin Digima untuk mendapatkan solusi terbaik.

Penulis: Ani