Tips Membuat Konten Marketing Menarik

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Konten marketing merupakan salah satu strategi bisnis di era digital. Anda memerlukan rencana yang solid dan cerdas untuk tidak hanya membuat konten dan membagikannya di media sosial dan situs web, membuat konten Anda dibaca, tetapi juga menghasilkan pendapatan. Ingatlah juga bahwa pemasaran konten Anda harus selalu terkini, inovatif, dan kuat dalam proses produksi Anda.

Membuat pemasaran konten yang menarik memiliki implikasi jangka panjang. Jika Anda memiliki konten yang bermanfaat untuk audiens Anda, mereka akan menemukan solusi untuk masalah mereka. Akibatnya, beberapa dari mereka akan menjadi pelanggan Anda.

Jadi bagaimana Anda bisa membuat konten yang menarik? Berikut pengertian, dan tips membuat konten marketing menarik  yang mendukung produktivitas tenaga kerja online marketing Anda.

Pengertian konten marketing

konten marketing adalah strategi pemasaran untuk merencanakan, membuat, dan mendistribusikan konten untuk menarik audiens yang tepat dan mengubahnya menjadi pelanggan.

Tips membuat konten marketing

  • Buatlah konten yang berkualitas dan sesuai tren

Untuk membuat konten berkualitas, Anda perlu mengetahui apa yang sedang tren di mesin pencari Google. Untuk mengetahuinya, Anda bisa mencarinya di Google Trends. Kunjungi Trends.google.com untuk melihat apa yang sedang tren. Setelah Anda mengidentifikasi tren dalam topik yang sedang dibahas di komunitas Anda, langkah selanjutnya adalah memilih dan menyesuaikan tren yang tepat untuk bisnis Anda. Mulailah dengan menerapkan tren yang ada pada konten yang Anda buat.

  • Konten harus mendefinisikan audiens Anda

Jika Anda tidak tahu siapa audiens Anda, apa yang mereka butuhkan, dan di mana mereka biasanya berkumpul, Anda tidak dapat membuat konten yang benar-benar mendidik, menghibur, dan mengubah audiens Anda. Pastikan konten yang Anda buat harus dapat mendefinisikan audiens Anda. Pelajari tentang lokasi geografis, pekerjaan, pendapatan, dan karakteristik setiap pemirsa. Posisikan diri Anda sebagai audiens dan mulailah memahami motivasi mereka.

  • Repurpose konten Anda

Anda mungkin berpikir bahwa semua konten yang dibuat harus konten asli. Tentu saja ya, tetapi menggunakan kembali konten yang dibuat sebelumnya juga bisa menarik. Anda dapat menampilkan kembali informasi lama yang sebelumnya ditampilkan dengan cara yang berbeda, tetapi berisi informasi yang sama. Menggunakan kembali konten menghemat banyak waktu, tetapi hasilnya, tentu saja, adalah audiens yang lebih menarik.

  • Promosikan dan distribusikan konten

Menurut studi Altimeter 2014, 53% pemilik bisnis tahu bahwa mereka membutuhkan strategi konten, tetapi hanya 26% yang benar-benar menerapkannya. Tentu saja, tugas Anda bukan hanya membuat konten yang bagus. Setelah konten dibuat, langkah selanjutnya adalah mendistribusikannya. Konten dapat didistribusikan melalui media sosial, situs web, blog, dan saluran promosi lainnya. Distribusikan konten yang diproduksi secara teratur untuk menjangkau khalayak yang lebih luas.

  • Tetapkan tujuan

Ketika ditanya apa yang dapat diharapkan oleh semua pemilik bisnis dari konten marketing, 9 dari 10 pasti akan mengatakan “Tingkatkan penjualan”. Tapi tahukah Anda bahwa membuat konten pemasaran yang menarik harus dilakukan secara teratur dan bertahap sebelum akhirnya mencapai peningkatan penjualan? Mencoba membuat konten pemasaran Anda yang ada lebih menarik sejak awal hanya akan membuat lebih banyak audiens target Anda melihat bisnis Anda. Lebih banyak orang tahu apa yang Anda lakukan dan siapa Anda.

  • Tetapkan prinsip ATM

Prinsip ATM berarti Amati, Tiru, dan Modifikasi. Jika Anda kehabisan ide, tidak tahu konten apa yang akan dibuat, atau bosan dengan konten yang sama, ingatlah untuk menerapkan prinsip ATM. Keistimewaan “meniru” dalam hal ini adalah tidak benar-benar menjiplak ide orang lain. Itu alasan yang perlu dicontoh. Bagaimana seorang content creator bisa membuat konten keren seperti itu? Bagaimana mereka bisa membuat konten berdampak yang mendapat banyak komentar dan suka di media sosial? Trial and error dalam pembuatan konten adalah kejadian yang lumrah. Yuk, buat konten yang cocok untuk bisnis online Anda.

  • Konsistensi adalah kunci

Konten marketing sebenarnya bisa berupa hard selling maupun soft selling. Konsistensi adalah kunci ketika mencari konten yang tepat. Konsistensi memudahkan audiens Anda untuk mengetahui produk bisnis Anda. Konsistensi, di sisi lain, juga membawa ciri tersendiri.

Nah, inilah berbagai tips membuat konten marketing agar menarik . Ini adalah cara yang efektif untuk memperkenalkan produk Anda kepada lebih banyak orang. Hal ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan keuntungan dari peningkatan jumlah transaksi penjualan. Menarik, bukan?