Saat ini banyak para seller yang menawarkan produknya melalui live streaming, hal ini dianggap cara yang efektif bagi para seller karena bisa langsung berinteraksi antara penjual dan pembeli. Nah,untuk saat ini Tokopedia juga sudah menyediakan fitur live streaming yang bisa diakses oleh pengguna IOS maupun Android.
Cara Live di Tokopedia melalui Ponsel
Untuk live di Tokopedia tidak hanya menggunakan PC saja kamu juga bisa menggunakan ponsel untuk live streaming, untuk live kamu bisa langsung melalui aplikasinya atau Tokopedia Seller, dan ada juga beberapa prosedur atau cara yang harus kamu lakukan seperti:
- Pertama kamu harus mempersiapkan alat dan bahan yang akan kamu gunakan untuk live streaming seperti: handphone, mikrofon, tripod, dan lain sebagainya.
- Jika sudah mempersiapkan alat dan bahan Langkah selanjutnya yaitu download aplikasi Tokopedia atau bisa juga Tokopedia Seller.
- Kemudian akseskan dengan aplikasi Tokopedia dengan membuka aplikasi Tokopedia,klik ‘Feed’, lalu klik tanda ‘+’, selanjutnya langsung klik ‘Buat Live’.
- Lalu cari nama toko kamu di dalam tombol “Lainnya”.
- Kemudian untuk persiapan live streaming klik tombol “Yuk,Mulai” .
- Jika sudah klik “Mulai Persiapannya”, dan pastikan kamera menuju ke host.
- Pilihlah produk yang akan kamu tampilkan selama live sebanyak maksimal 15 produk.
- Sebelum memulai live, tentukan terlebih dahulu judul yang akan kamu gunakan saat live, dalam judul ini kamu bisa memperlihatkan diskon yang menarik sehingga bisa menarik perhatian penonton.
- Langkah terakhir yaitu klik “Lanjutkan” dan Kembali ke halaman utama dan klik “Mulai Live Streaming” untuk memulai live.
Cara Berbicara Saat Live Streaming
Live streaming saat ini memang kerap digunakan untuk menerapkan digital marketing. Nah,untuk kamu yang akan melakukan live streaming sebaiknya kamu memahami cara-cara berbicara saat live streaming agar live yang kamu lakukan bisa berjalan dengan lancar, karena biasanya banyak orang yang belum terbiasa berbicara secara langsung di depan kamera dan pasti akan merasa gugup, untuk menghindari hal-hal yang seperti itu mari simak pembahasan tentang cara berbicara saat live berikut.
Ada beberapa cara berbicara saat live yaitu:
1. Percaya diri
Langkah yang pertama yaitu kamu harus percaya terlebih dahulu, percaya bahwa kamu bisa agar tidak merasa gugup saat nanti live berlangsung.
2. Menyiapkan Teks
Agar kamu tidak lupa apa saja yang akan kamu bicarakan saat live kamu bisa menyiapkan teks yang berisi konsep atau poin poin penting saja.
3. Menguasai materi dan topik
Tentunya audiens saat melihat live streaming yang kamu lakukan tidak hanya sebatas melihat saja pastinya para penonton atau audiens juga memperhatikan apa yang kamu sampaikan. Jadi kamu harus bisa menguasai materi dan topik yang kamu sampaikan saat live streaming.
4. Terus berlatih berbicara
Mungkin saat pertama melakukan live streaming pasti akan merasa gugup. Tetapi agar kamu bisa lancar berbicara saat live kamu bisa sering berlatih berbicara terutama berbicara dengan orang banyak, Agar tidak merasa gugup saat melakukan live streaming selanjutnya.
Durasi live Tokopedia
Live streaming menjadi salah satu strategi pemasaran yang semakin populer dalam beberapa tahun terakhir, termasuk di platform e-commerce seperti Tokopedia. Melalui live streaming, penjual bisa berinteraksi secara langsung dengan calon pembeli dan memberikan informasi yang lebih detail mengenai produk yang dijual.
Namun, penting untuk diingat bahwa di platform Tokopedia, ada batasan waktu untuk live streaming, yaitu maksimal 30 menit. Artinya, jika live streaming sudah berlangsung selama 30 menit, maka akan otomatis berakhir.
Batasan waktu ini bertujuan untuk memastikan kualitas dan efektivitas dari live streaming, karena jika terlalu lama, bisa membuat calon pembeli menjadi bosan dan kehilangan minat. Dengan batasan waktu 30 menit, penjual juga diharapkan dapat menyampaikan informasi dengan jelas dan padat, sehingga bisa lebih mudah dipahami oleh calon pembeli.
Meskipun demikian, penjual dapat memanfaatkan batasan waktu ini dengan strategi yang tepat. Misalnya, dengan melakukan live streaming secara rutin, sehingga calon pembeli bisa mengikuti secara teratur dan mengetahui jadwal live streaming. Dalam setiap live streaming, penjual bisa fokus pada produk tertentu atau topik spesifik yang ingin disampaikan, sehingga informasi bisa disampaikan dengan lebih efektif dalam waktu 30 menit.
Dalam hal ini, kunci keberhasilan dari live streaming di Tokopedia bukan hanya pada durasi live streaming yang terbatas, tetapi juga pada konten yang disampaikan. Sebagai penjual, penting untuk mempersiapkan konten yang menarik, informatif, dan mudah dipahami oleh calon pembeli. Dengan begitu, live streaming bisa menjadi salah satu strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan produk di Tokopedia.
Digima menawarkan jasa branding untuk membangun citra perusahaan Anda agar lebih banyak dilirik audiens. Hubungi Admin Digima atau DM Instagram kami sekarang dan dapatkan layanan terbaiknya.
Penulis: Sania