Dalam menjalankan suatu bisnis banyak yang tidak menyadari bahwa nama dan logo merek sangat berpengaruh pada daya beli konsumen. Maka, jika anda mempunyai dasar branding yang solid, tentu itu akan sangat membantu anda saat ingin menetapkan brand awareness yang akan dibangun.
Meskipun masalahnya, apabila usaha anda merupakan salah satu usaha yang baru dan merek atau produknya belum begitu dikenal oleh banyak orang, maka anda perlu usaha dan ketelitian dalam menerapkan tips membangun brand awareness supaya produk anda semakin dikenal dari berbagai kalangan.
Kenapa sih perlu membangun brand awareness? Apakah penting bagi seorang pebisnis? Jika ingin mengetahui alasannya, anda dapat membaca mengenai pengertian brand awareness, cara meningkatkan brand awareness melalui media sosial, dan beberapa contoh brand awareness di bawah ini!
Apa Brand Awareness Itu?
Brand awareness atau yang sering disebut dengan kesadaran merek adalah kesanggupan para calon konsumen untuk dapat langsung mengenali dan mengingat suatu merek atau brand dengan hanya melihat sesuatu, baik itu dari warna, logo, image, atau lain sebagainya, yang menggambarkan identitas dari suatu produk.
Kesanggupan para konsumen untuk mengenali dan mengingat suatu merek atau brand ini sangat perlu diciptakan dan diteliti karena itu akan menjadi faktor utama yang menentukan perilaku para seorang konsumen saat mengambil keputusan ketika saat akan melakukan pembelian.
Cara Meningkatkan Brand Awareness Melalui Media Sosial
Untuk membangun brand awareness tentunya kita membutuhkan media sosial, mengapa media sosial? Karena para konsumen terbiasa mengakses media sosial setiap harinya dan kini di Indonesia pengguna media sosial sendiri sangatlah besar. Selain itu, meningkatkan brand awareness melalui media sosial tidak perlu membutuhkan biaya yang besar, lebih lagi bisa gratis. Akan tetapi, kamu juga harus tetap bijak dalam menggunakan media sosial.
Lantas selain mengoptimalkan media sosial bisnis, hal yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan brand awareness yaitu target audience. Sebab, tidak seterusnya mengenai bagaimana anda mempromosikan, namun kepada siapa anda mempromosikannya. Apabila target audience anda tidak merespons brand campaign anda, itu akan mengganggu brand awareness anda. Maka dari itu, perlu diketahui terlebih dahulu mengenai target audience bisnis anda.
Jika anda sudah memahami tentang bagaimana media sosial dan sudah menentukan target audience anda, berikut ini adalah beberapa cara media sosial untuk membangun brand awareness bisnis anda.
1. Gunakan platform media sosial yang akurat
Kini, media sosial terdiri dari beberapa jenis wadah digital, seperti Instagram, Facebook, ataupun Twitter. Dalam meningkatkan brand awareness anda tidak perlu memakai semua jenis platform media sosial.
Karena jika terlalu banyak menggunakan platform media sosial, akan membuat ketidakefektifan dalam sosial marketing yang anda lakukan, sehingga sulit untuk membangun brand awareness bisnis anda.
Dengan demikian, gunakanlah salah satu platform media sosial yang biasa digunakan oleh target konsumen anda.
Jika target konsumen anda mempunyai usia yang relatif muda, maka platform yang coco untuk digunakan adalah Instagram, Karena kebanyakan saat ini para anak muda lebih sring menggunakan Instagram.
Namun, jika target konsumen anda berasal dari kalangan professional, dan mempunyai usia yang relatif lebih tua, maka platform yang cocok untuk digunakan adalah Facebook atau Linkedln.
2. Sesuaikan konten dengan platform media sosial yang digunakan
Sesudah menentukan platform media sosial yang digunakan, kini saatnya anda membuat konten untuk membangun brand awareness produk atau jasa anda.
Tetapi, perlu diketahui bahwa setiap platform media sosial memakai jenis konten yang berbeda-beda.
Sehingga jangan sampai salah saat menggunakan jenis konten saat akan melakukan upload.
3. Gunakan influencer marketing
Influencer marketing merupakan sebuah strategi untuk memasarkan sebuah produk melalui seorang influencer.
Influencer marketing dapat membangun brand awareness bisnis anda. Karena influencer adalah mereka yang mempunyai banyak followers di media sosial dan mempunyai pengaruh kuat mengenai folowers mereka.
Dengan menggunakan para influencer, itu akan membuat para konsumen menggunakan produk anda karena biasanya apa yang dilakukan dan disampaikan oleh para influencer dapat mempengaruhi followers mereka untuk menggunakan atau membeli sebuah produk. Dan bukan hanya itu saja para influencer menciptakan konten-konten yang unik sehingga dapat menarik perhatian para konsumen anda.
4. Mengadakan giveaway
Para konsumen akan mudah tertarik dan mengenal sebuah produk yang sering mengadakan giveaway. Dengan mengadakan giveaway melalui media sosial akan mendorong para konsumen unruk menjadi pelanggan baru anda.
Jangan lupa berikan persyaratan dan hadiah yang menarik konsumen untuk mengikuti giveaway yang anda adakan.
Contoh Brand Awareness
Aqua
Aqua adalah salah satu contoh brand awareness yang cukup bagus. Untuk saat ini aqua menjadi pilihan utama masyarakat luas dalam memenuhi kebutuhan air minum yang bersih dan sehat. Meskipun saat ini banyak pesaing-pesaing air minum seperti aqua.
Burger King
Contoh berikutnya adalah Burger King. Burger King ini menggunakan berbagai macam promosi yang kreatif untuk meningkatkan brand awareness. Salah satunya adalah campaign unhappy meal, campaign ini digunakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran akan Kesehatan mental. Sangat menarik bukan?
Demikian pembahasan mengenai seputar brand awareness secara lengkap yang dapat kamu pelajari lebih lanjut untuk merintis sebuah bisnis. Membutuhkan riset yang lebih mendalam dan ide yang brilian untuk dapat menciptakan brand awareness yang selalu di ingat dihati masyarakat. Jadi, perhitungkan segala sesuatunya dengan teliti dan jangan pernah bingung untuk mencoba.
Bagi Anda yang tengah membutuhkan jasa konsultan digital marketing untuk bisnis Anda dapat menggunakan jasa dari Digima. Hubungi Admin atau DM Instagram kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang layanan.
Penulis: Sania