Perbedaan SEO On Page dan Off Page

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Bagi Anda yang merupakan pemilik website atau blogger, pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah Search Engine Optimization (SEO). SEO adalah cara yang digunakan untuk mengoptimalkan website agar mendapatkan ranking teratas di hasil pencarian google.

Semua pemilik website pastinya ingin peringkat websitenya berada di peringkat teratas halaman Google. Dengan berhasil mendapatkan peringakt teratas di Google, maka keuntungan lain yang akan didapat lainnya akan menyusul, mulai dari traffic website yang meningkat, branda awareness, dan meningkatkan jumlah penjualan.

Ada dua jenis SEO yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan peringkat website, yaitu SEO on page dan SEO off page. Nah, sebenarnya apa sih pengertian dan perbedaan dari kedua jenis SEO itu? Berikut penjelasannya!

Pengertian SEO On Page

SEO on page adalah cara yang digunakan untuk menaikan peringkat website dengan mengoptimalkan konten pada halaman website. Pada dasarnya SEO on page lebih berfokus untuk membuat konten agar lebih SEO-friendly. SEO jenis ini digunakan agar website Anda mampu mengalahkan kompetitor websitemu.

Dalam SEO on page, ada beberapa hal yang harus dioptimalkan, seperti berikut ini.

  • Meta description
  • URL title
  • Alt text untuk gambar
  • Tag title
  • Internal link
  • Kecepatan situs

Hal-hal tersebut harus dimaksimalkan dengan baik dan sesuai dengan syarat SEO yang berlaku. Misalnya,di dalam meta description harus ada keyword di dalamnya dan panjang teks tidak terlalu panjang.

Agar Anda lebih mudah untuk mengoptimalkannya, Anda bisa memasang plug-in, seperti Yost SEO pada website Anda. Yoast SEO akan membantu Anda mengoptimalkan SEO on page website Anda.

Pengertian SEO Off Page

Berbeda dengan SEO on page, SEO off page lebih berfokus mengoptimalkan website dari aspek eksternal. Cara mengoptimalkan website dari luar website adalah dengan melakukan link building atau backlink.

Link building adalah strategi yang digunakan untuk membangun backlink dengan mendapatkan link yang mengarah ke website Anda dari website lain. Sedangkan backlink adalah link yang diberikan dari website lain da mengarah ke website Anda. Pastikan website yang memberikan backlink adalah website dengan kualitas yang bagus dan memiliki niche yang serupa dengan website Anda.

Perbedaan SEO On Page dan Off Page

Perbedaan SEO on page dan off page dilihat berdasarkan tujaunnya adalah SEO on page bertujuam umtuk mengoptimalkan konten agar SEO-friendly dan terdeteksi oleh Google. Sedangkan tujuan SEO off page adalah membuat website memiliki kredibilitas tinggi di halaman google.

Selanjutnya, berdasarkan cara mengoptimalkannya. SEO on page dioptimalkan dengan menganalisis keseluruhan website, sedangkan SEO off page dioptimalkan dengan cara mempromosikan website.

Aspek yang dioptimalkan pada masing-masing jenis SEO tentu juga berbeda. Pada SEO on page, aspek yang dioptimalkan berada dalam halaman website. Aspek yang dioptimalkan adalah meta description, URL, internal link, gambar atau alt-text, judul SEO, hingga kecepatan halaman. Sedangkan pada SEO off page, aspek yang dioptimalkan adalah backlink, link building, domain authority, dan media sosial.

Sederhananya SEO on page dilakukan dengan membuat konten yang berkualitas sehingga dapat menyenangkan pembaca dan mendapatkan posisi di mesin pencari Google. Sementara, SEO off page diterapkan agar membantu website Anda memiliki kredibilitas tinggi sehingga mendapatkan kepercayaan dari Google untuk ditempatkan di ranking teratas.

Dari kedua jenis SEO ini, Anda harus mengoptimalkannya secara bersamaan. Anda tidak bisa hanya mengoptimalkan untuk salah satu jenis saja. Hal ini dilakukan agar website Anda dapat teroptimasi secara maksimal.